menabung beli rumah

Membeli rumah tidak sama seperti anda membeli pakaian di Mall. Anda tidak perlu berfikir panjang dan mengeluarkan uang untuk membeli pakaian.

Tapi tidak untuk rumah, kita harus menyiapkannya dengan baik.

Nah, kami dari salah satu Konsultan IMB dan Konsultan SLF, ingin berbagi dengan teman-teman sekalian untuk merencanakan tabungan untuk membeli rumah pertama.

Tetapkan Anggaran anda

Karena membeli rumah bukanlah hal yang sepele yang bisa diputuskan dalam hitungan menit, maka kita harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik.

Salah satu bagian yang perlu kita pikirkan adalah budget beli rumah yang kita inginkan.

Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan penghasilan anda hari ini. Kami sarankan untuk tidak memaksakan membeli rumah yang diluar kemampuan anda.

Karena ini justru akan membuat hidup anda terbebani serta tidak nyaman dalam menjalani hidup.

Misalnya, jika anda sanggup membeli rumah dengan harga 500 juta, mulailah menabung untuk itu. Kira-kira berapa lama anda harus menabungnya. Baik untuk membayar DP maupun bulanan jika anda memutuskan untuk kredit.

Misalnya, harga rumah anda 500 juta, kemudian DP yang harus dibayarkan sebanyak 150 juta. Setelah di hitung anad harus bayar 7 juta sebulan. Maka setidaknya anda butuh uang sebanyak 150 juta ditambah setahun angsuran.

Ini gunanya agar tidak terlalu tertekan jika terjadi sesuatu yang diluar kemampuan kita. Seperti sakit, ditimpa musibah dan lain sebagainya. Kita masih punya cadangan angsuran selama 1 tahun penuh.

Inilah yang selalu kami sarankan untuk yang ingin membeli rumah pertama kali.

Lunasi hutang sebelum mengajukan kredit

Aturan umum adalah bahwa biaya perumahan Anda tidak boleh melebihi sepertiga dari total pendapatan Anda. Namun, jika Anda memiliki hutang lain, seperti pinjaman mobil, pinjaman pelajar, atau kartu kredit, mereka dapat dengan mudah membatasi jumlah uang yang dapat Anda masukkan ke hipotek.

Pertimbangkan untuk melunasi sebagian utang Anda terlebih dahulu, yang tidak hanya akan membantu meringankan sebagian tekanan keuangan tetapi juga membantu Anda mengamankan tingkat hipotek yang lebih baik.

Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi untuk membayar hutang untuk menabung, setelah hutang tersebut dilunasi, Anda dapat memiliki ratusan juta untuk bisa ditabung lebih cepat.

Bayar KPR masa depan anda

Selama hampir satu tahun sebelum kami membeli rumah, kami mulai hidup seolah-olah kami sudah membayar hipotek baru itu. Ini berarti bahwa selain sewa Anda, masukkan selisih antara sewa Anda dan asumsi pembayaran hipotek di masa depan ke dalam rekening tabungan Anda dan perlakukan seperti tagihan bulanan lainnya.

Kebiasaan ini akan membuat Anda terbiasa dengan gagasan membayar hipotek yang lebih besar dan sisi bonusnya adalah Anda juga akan menabung untuk rumah Anda.

Tabung terlebih dahulu

Banyak orang menunggu hingga akhir bulan untuk melihat berapa banyak uang yang tersisa sebelum memasukkan uang ke rekening tabungan. Ini adalah cara terburuk mutlak untuk melakukannya karena sebagian besar waktu, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak punya uang tersisa.

Jika Anda ingin serius menabung, Anda perlu menghitung berapa banyak uang yang bisa Anda masukkan ke dalam tabungan terlebih dahulu. Mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri, tetapi begitu Anda mulai menyisihkan uang, Anda mulai beradaptasi dengannya.

Jika Anda tergoda untuk masuk ke rekening tabungan Anda, simpan rekening tabungan Anda di bank yang berbeda dari rekening giro Anda.

Kami sebenarnya menggunakan bank online untuk rekening tabungan kami — hanya untuk meredakan sebagian dari godaan itu — dan banyak dari mereka memiliki tingkat bunga yang lebih baik daripada bank konvensional.

Kurangi pengeluaran

Jika Anda mencoba mencari cara dan di mana untuk menghemat uang jika Anda sudah merasa hidup dari gaji ke gaji, mulailah dengan mengurangi pengeluaran Anda sebesar 10% secara keseluruhan.

Itu berarti jika anggaran belanjaan Anda adalah $500 per bulan, coba kurangi menjadi $50 dengan total anggaran $450. Itu bukan perbedaan besar, tetapi uang akan bertambah ketika Anda menerapkan teknik ini untuk semua pengeluaran Anda. Dan segera Anda akan memiliki cukup uang yang disimpan untuk uang muka itu.

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/