Tips Desain Situs Web SEO untuk 2021

webdesign service

Dengan lebih dari 1,5 miliar situs web langsung di dunia, semakin penting bahwa situs web Anda memiliki SEO yang sangat baik. Dengan begitu banyaknya persaingan online, Anda perlu memastikan bahwa orang-orang dapat menemukan situs web Anda dengan cepat, dan peringkatnya bagus di penelusuran Google.

Tetapi mesin pencari terus berubah, seperti kebiasaan online orang-orang. Jadi, bagaimana Anda memastikan situs web Anda dioptimalkan sepenuhnya untuk tahun depan?

Hanya dengan memiliki strategi desain situs web SEO yang jelas, Anda akan memastikan bahwa situs Anda semakin kuat tahun ini.

Memasukkan SEO ke dalam semua aspek situs web Anda mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan. Namun, jika Anda mengikuti tujuh tip desain situs web kami untuk tahun 2019, Anda dapat tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

1. Pastikan Situs Anda Ramah Seluler

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda mendesain situs web .

Tata letak dan tampilan situs Anda sangat penting. Dengan banyaknya pengguna yang hanya menghabiskan beberapa detik di halaman arahan pertama, tayangan pertama dapat membuat perbedaan besar.

Pada tahun 2018 sekitar 60% penggunaan internet dilakukan di perangkat seluler. Ini adalah angka yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir dan tampaknya akan terus meningkat pada tahun 2019. Oleh karena itu, jika konten Anda tidak dirancang untuk seluler, Anda akan dirugikan, dan itu dapat merusak peringkat SEO Anda.

Pengguna internet seluler lima kali lebih mungkin meninggalkan situs web jika tidak dirancang untuk ukuran layar mereka. Jika demikian, rasio pentalan Anda akan meningkat. Mendorong pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda bagus untuk Google analytics Anda, dan bagus untuk bisnis Anda.

Banyak platform desain web seperti WordPress memungkinkan Anda untuk melihat situs web Anda seperti yang akan muncul di berbagai ukuran layar. Google juga memiliki tes ramah seluler yang berguna , untuk membantu Anda memeriksa pengoptimalan seluler situs Anda.

2. Dapatkan Cuplikan

Google selalu mengubah dan memperbarui caranya menampilkan halaman hasil mesin pencari (SERPs). Salah satu tren terbarunya adalah penggunaan “cuplikan” unggulan.

Cuplikan adalah kutipan paragraf dari situs web unggulan, yang ditampilkan di bagian atas SERP di atas hasil reguler.  Dengan bantuan Konsultan SEO Indonesia.

Seringkali cuplikan ditampilkan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang telah diketik pengguna di mesin pencari. Cuplikan akan memberikan jawaban atas pertanyaan, mengurangi jumlah klik yang harus dilakukan pengguna.

Cuplikan ini pada dasarnya adalah posisi teratas untuk hasil pencarian. Agar situs Anda terdaftar sebagai cuplikan pilihan, situs Anda harus berada di halaman pertama hasil Google.

Pikirkan tentang pertanyaan mana yang akan dimasukkan pengguna ke Google yang dapat memunculkan situs Anda. Pastikan Anda memiliki konten yang menjawab pertanyaan secara langsung dan memprioritaskan kata kunci tersebut.

Luangkan waktu untuk melihat situs web mana yang secara teratur masuk dalam cuplikan di industri Anda. Apakah ada pelajaran yang bisa Anda pelajari dari mereka?

Mungkin perlu waktu bagi situs web Anda untuk mendapatkan tempat di posisi teratas, tetapi itu adalah tujuan yang bagus dan Anda dapat memperlakukannya sebagai tujuan strategi SEO.

3. Pahami SEO Video

Fitur baru Google lainnya adalah pengenalan carousel video.

Sebelumnya, hasil pencarian video ditampilkan sebagai tiga thumbnail di bagian atas SERP. Untuk selanjutnya, Google akan menggantinya dengan carousel dari lebih banyak video yang dapat digulir pengguna untuk melihat kutipannya.

Artinya, jauh lebih banyak hasil video yang bisa mendapatkan tempat di posisi teratas.

Video YouTube memiliki peringkat lebih tinggi daripada konten video lainnya di pencarian Google. Dikombinasikan dengan format carousel baru, Anda harus berpikir untuk menggunakan SEO YouTube.

Membuat video YouTube dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Anda, dan menjangkau pemirsa baru.

Pikirkan tentang konten video apa yang sesuai untuk situs Anda, dan akan menjawab pertanyaan pengguna. Video Petunjuk Praktis sering kali sangat populer dan memiliki peluang bagus untuk masuk korsel.

Pastikan Anda menggunakan kata kunci dalam judul video dan deskripsi, sehingga bot Google dapat menemukan Anda.

4. Optimasi Pada Halaman

Pengoptimalan pada halaman biasanya adalah apa yang dirujuk orang ketika mereka berbicara tentang SEO. Ini adalah strategi yang digunakan pemilik situs web untuk memastikan konten mereka lebih mungkin diambil oleh mesin telusur.
Pengoptimalan pada halaman adalah inti dari desain situs web SEO Anda. Tanpa pengoptimalan pada halaman, situs Anda tidak akan berperingkat tinggi, jadi penting untuk melakukannya dengan benar.

Saat Anda mendesain situs web, pikirkan tentang pengalaman pengguna. Bagaimana pengguna akan menavigasi situs web juga bagaimana mesin pencari menjelajahinya. Jika sulit dinavigasi bagi pengguna, itu juga tidak akan berhasil dengan mesin pencari.

Optimasi SEO Onpage menjadi sangat mudah dengan Jasa Pembuatan Website terbaik yang banyak ditawarkan.

5. Optimasi Off-Page

Optimasi off-halaman adalah pemasaran dan promosi situs web Anda melalui pembuatan tautan dan penyebutan di media sosial. Ini meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs web Anda, mendatangkan lebih banyak lalu lintas, dan meningkatkan peringkat SEO Anda.

Ada beberapa cara untuk memulai pembuatan tautan untuk meningkatkan pengoptimalan di luar halaman. Anda dapat memposting tamu di blog lain, membuat situs Anda terdaftar di direktori dan halaman produk.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menghubungi penulis situs web dan blog yang relevan dan berwibawa serta mengatur pertukaran tautan. Ini akan memiliki efek pukulan ganda mendatangkan lalu lintas ke situs Anda dan meningkatkan otoritas Anda dalam industri.

Saat membangun tautan, penting bahwa Anda selalu menggunakan teks tautan kaya kata kunci untuk tautan. Ini akan meningkatkan kemungkinan mesin pencari memilih tautan.

6. Optimalkan Untuk Pencarian Suara

Saat Anda menyusun strategi desain situs web SEO Anda, Anda harus tetap mengikuti tren online.

Pada tahun 2020, diperkirakan 50% dari semua pencarian adalah pencarian suara. Ini karena meningkatnya popularitas asisten digital yang mendukung pencarian suara seperti Siri dan Alexa. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan Anda dioptimalkan untuk pencarian suara pada tahun 2020.

Salah satu hal utama yang harus diingat saat mengoptimalkan pencarian suara adalah pengguna suara mengutarakan berbagai hal secara berbeda dari pencari teks. Jadi, saat Anda mengoptimalkan situs Anda untuk menjawab pertanyaan pengguna, pikirkan tentang frasa tersebut.

Misalnya, pencari teks dapat mengetik “film George Clooney”, sedangkan pencari suara akan mengatakan “film apa yang dibintangi oleh George Clooney?”. Jadi saat Anda menulis konten Anda, sertakan beberapa gaya percakapan ini dalam konten Anda. Gunakan pertanyaan sebagai pengait dalam posting blog Anda, sehingga pencarian suara akan menemukannya.

Pengguna suara juga lebih cenderung mengajukan pertanyaan lanjutan yang berasal dari istilah pencarian awal. Menyertakan halaman seperti daftar FAQ akan membantu pengoptimalan Anda dalam hal ini.

7. Jaga Konten Anda Segar

Mesin pencari tidak menyukai konten basi.

Sebuah website yang sudah lama tidak diupdate tidak akan memiliki ranking SEO yang bagus. Situs web yang lama juga cenderung memiliki rasio pentalan tinggi, karena pengguna dimatikan oleh situs yang tidak terlihat segar.

Secara umum, merupakan praktik yang baik untuk terus memperbarui situs Anda. Memeriksa setiap halaman secara teratur juga akan membantu Anda mengetahui hal-hal seperti tautan rusak. Tetapi kesegaran situs web Anda sangat penting dalam hal SEO.

Anda mungkin berpikir bahwa beberapa halaman di situs Anda selalu hijau dan tidak perlu diperbarui. Misalnya detail kontak atau jaminan layanan pelanggan. Namun, meskipun belum ada perubahan faktual yang perlu diperbarui, menyegarkan laman saja akan meningkatkan SEO Anda.

Jika Anda memiliki blog di situs Anda, jangan pernah meninggalkannya terlalu lama di antara postingan. Pengguna yang membuka situs Anda dan melihat postingan blog terakhir ditulis enam bulan lalu akan secara otomatis menganggap situs Anda kurang kredibel.

Menulis posting blog baru juga memberi Anda kesempatan untuk menggunakan lebih banyak kata kunci dan tautan serta konten media. Semuanya akan membantu meningkatkan SEO Anda.

Anda juga dapat melihat kembali entri blog lama dan memperbarui tautan ke hal-hal seperti statistik atau artikel berita. Menulis pembaruan untuk posting blog juga dapat memberi Anda kesempatan untuk memasukkan tautan internal ke posting lama.