Tinjauan Pengelasan Ultrasonik

  Pengelasan Ultrasonik adalah proses di mana getaran frekuensi tinggi dari ultrasound diterapkan pada bagian yang akan dilas. Potongan diletakkan di bawah tekanan dan disatukan sampai mereka menciptakan apa yang dikenal sebagai lasan solid state. …

 

Pengelasan Ultrasonik adalah proses di mana getaran frekuensi tinggi dari ultrasound diterapkan pada bagian yang akan dilas. Potongan diletakkan di bawah tekanan dan disatukan sampai mereka menciptakan apa yang dikenal sebagai lasan solid state. Biasanya perlu ada frekuensi antara 20 dan 40kHz agar ini berfungsi. Jenis pengelasan ini digunakan untuk plastik dan untuk menyambung dua bahan yang berbeda.

Dengan menggunakan getaran ultrasonik tidak perlu baut, paku, solder atau perekat untuk menyatukan bahan. Dengan menggunakan getaran ini pada termoplastik, pelelehan terjadi pada plastik karena menarik energi getaran, yang ditarik melintasi sambungan yang perlu dilas. Pada logam, pengelasan ultrasonik terjadi ketika material diambil melalui pengelasan gesekan.

Getaran dari mesin las ultrasonik dihasilkan oleh sonotrode las (tanduk) dan melunakkan bahan termoplastik di sepanjang garis sambungan. Peralatan yang digunakan akan menentukan seberapa kuat las dan ini akan tergantung pada bagaimana peralatan dirancang, bahan yang akan dilas dan sifat-sifatnya serta bagaimana sambungan dirancang.

Waktu yang dibutuhkan pengelasan ultrasonik terjadi sangat singkat dan untuk produksi massal jenis pengelasan ini bekerja sangat efektif. Pengelasan jenis ini akan digunakan dalam industri otomotif untuk hal-hal ringan yang perlu dilakukan dan dalam memproduksi produk elektronik seperti casing di ponsel.

Pengelasan ultrasonik digunakan untuk mengelas plastik keras dan plastik lunak dan beberapa logam. Saat ini mesin bahkan dapat membuat jenis plastik semi kristal. Ada penelitian dan pengujian yang dilakukan untuk melihat bagaimana proses ini bekerja karena tidak semua orang memahami kekuatan dari proses ini. Mereka mempelajari bidang-bidang seperti bagaimana parameter proses dari sesuatu yang akan dilas berhubungan dengan kualitas lasan.

Prosesnya perlu jasa las Jogja dipelajari karena ada lebih banyak permintaan untuk berbagai jenis plastik dan untuk barang elektronik yang paling baik dibuat dengan proses ini. Dalam banyak hal itu masih merupakan bidang yang berkembang.

Pengelasan ultrasonik terdiri dari beberapa komponen. Beberapa komponen tersebut adalah:

Dibutuhkan mesin press yang dapat menahan dua bagian berbeda yang akan diberi tekanan.

Landasan untuk menempatkan bagian-bagian pada tempatnya untuk menerima getaran frekuensi tinggi yang diperlukan untuk memukul bagian-bagian itu.

Sesuatu yang disebut tumpukan ultrasonik yang memiliki konverter yang menahan klakson yang perlu disetel ke frekuensi tertentu.

Generator ultrasonik elektronik yang dapat mengirimkan sinyal AC daya lebih tinggi yang dapat menyamai frekuensi yang sesuai dengan resonansi tumpukan.

Sebuah pengontrol yang dapat mengontrol gerakan yang akan dibuat oleh pers dan bagaimana ia memberikan energi ultrasonik.

Pengelasan ultrasonik dapat ditemukan di banyak area berbeda di luar elektronik dan industri otomotif. Proses ini juga digunakan di bidang kelistrikan, dengan komputer, dengan kedirgantaraan dan dengan industri pengepakan dan medis.