Tempat-tempat yang Dikunjungi saat Umroh

Saat ibadah umroh terdapat tempat-tempat yang selalu menjadi tujuan. Makkah dan Madinah merupakan dua kota utama yang menjadi tujuan jamaah umroh. Di kedua kota ini, banyak destinasi bersejarah yang biasanya dikunjungi jemaah. 

 

Dikutip dari buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah oleh Kementerian kepercayaan, tempat-tempat yang disarankan untuk dikunjungi di antaranya adalah masjid-masjid yang pernah disinggahi dan dijadikan tempat shalat Nabi Muhammad SAW. 

 

Makkah

Makkah merupakan kota tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Di Makkah pula ayat pertama Al-Quran diturunkan. Keberadaan Kota Makkah tidak bisa terlepas dari kisah Nabi Ibrahim AS yang menempatkan keluarganya di sana setelah hijrah dari Palestina. Atas perintah Allah SWT, Nabi Ibrahim membangun Kabah.

 

Berikut 5 destinasi bersejarah yang biasanya dikunjungi jemaah saat berada di Makkah:

 

1. Masjidil Haram dan Kabah

Masjidil Haram adalah tempat jemaah haji maupun umroh berkumpul untuk melakukan thawaf, sa’i, shalat, dan i’tikaf. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Masjidil Haram dibangun kembali oleh Khalifah Umar bin Khattab pada 17 Hijriah. 

 

2. Gua Hira di Jabal Nur

Jabal Nur berlokasi sekitar 6 kilometer sebelah utara Masjidil Haram. Di puncak Jabal Nur terdapat Gua Hira. Gua Hira merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, Surat Al Alaq ayat 1-5.

 

3. Tempat Kelahiran Nabi SAW

Kini tempat kelahiran Nabi SAW telah berubah menjadi perpustakaan yang terletak di sebelah timur halaman timur Masjidil Haram. Awalnya, rumah kelahiran Nabi itu diberikan kepada putra Abu Thalib, Aqil. Kemudian, tempat ini juga sempat beralih kepemilikan dan dibangun menjadi masjid, hingga dipugar menjadi perpustakaan pada 1950 oleh Syaikh Abbas Qaththan dengan uang pribadinya.

 

4. Jabal Rahmah

Menurut riwayat, setelah berpisah cukup lama, Nabi Adam AS dan Siti Hawa saling mencari dan akhirnya bertemu di puncak Jabal Rahmah, yang berada di Arafah. Di puncak Jabal Rahmah ada sebuah tugu. Tugu tersebut merupakan monumen untuk mengingatkan umat muslim akan peristiwa tersebut.

 

5. Masjid Hudaibiyah

Masjid Hudaibiyah terletak di wilayah Hudaibiyah, yang berlokasi sekitar 25 kilometer dari Masjidil Haram. Kini, wilayah Hudaibiyah dikenal dengan nama daerah Al-Syumaisi. Di daerah Hudaibiyah pernah terjadi perdamaian antara Rasulullah dengan orang-orang kafir Makkah yang terkenal dengan Perdamaian Hudaibiyah.

 

Madinah

Nabi Muhammad SAW menjadikan Madinah sebagai tanah haram atau Tanah Suci setelah Makkah. Salah satu kelebihan kota Madinah yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW adalah kota ini akan menentramkan hati siapa pun yang mengunjunginya. 

 

“Sesungguhnya iman akan berkumpul di Madinah sebagaimana berkumpulnya ular ke sarangnya” (HR. Bukhari).

 

untuk informasi mengenai paket umroh bisa langsung untuk kunjungi laman arofahmina.co.id