Teknik Dasar Sepak Bola: Dribbling dan Penjelasannya

Teknik Dasar Sepak BolaBisa dikatakan jika sepak bola menjadi salah satu olahraga favorite semua kalangan. Bahkan, banyak anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi pemain sepak bola. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, maka pemahaman tentang teknik dasar sepak bola menjadi hal yang paling awal untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

Ya, untuk menjadi pemain sepak bola profesional, maka ada cukup banyak teknik dasar bermain sepak bola yang harus dipahami. Teknik dasar ini nantinya akan berpengaruh pada bagaimana seseorang memainkan perannya di dalam permainan sepak bola dan memenangkan pertandingan yang digelar.

Apa Itu Teknik Dasar Sepak Bola?

Secara singkat, teknik dasar dalam sepak bola adalah kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh para pemain sepak bola. Kemampuan dasar ini tentu sangat penting karena akan menentukan bagaimana skill yang akan dimiliki oleh pemain sepak bola tersebut.

Tentu, umumnya, teknik dasar akan dijadikan bahan latihan secara terus menerus. Dengan penguasaan teknik dasar yang baik dan cenderung bertambah, maka kemampuan individu pemain sepak bola juga akan ikut meningkat dan nantinya ia akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menjalankan instruksi dari pelatih.

Teknik Dribbling Sebagai Salah Satu Teknik Paling Penting

Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak teknik dasar dalam sepak bola yang harus diketahui dan dikuasai. Sebagaimana disinggung di awal, penguasaan teknik dasar ini akan berdampak pada skill yang dimiliki oleh pemain sepak bola tersebut.

Nah, salah satu teknik dasar sepak bolayang paling penting adalah dribbling atau menggiring bola. Teknik ini sebaiknya dikuasai terlebih dahulu sebelum berlatih teknik dasar lainnya. Hal ini dikarenakan dengan penguasaan dribbling yang bagus, setiap pemain sepak bola akan memiliki kemampuan yang maksimal untuk mengontrol laju bola ke gawang lawan.

Berkaitan dengan teknik dribbling, ada beberapa jenis dribbling yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Speed dribbling dan closed dribbling

Speed dribbling adalah menggiring bola dengan kecepatan tinggi. Teknik ini dilakukan dengan membuang bola ke depan lalu dikejar kemudian digiring lagi. Sementara closed dribbling adalah mengontrol bola dengan saksama. Umumnya, teknik ini dilakukan ketika pemain sedang diimpit oleh lawan.

  • Dribbling dengan punggung kaki

Menggiring bola dengan punggung kaki menjadi teknik dribbling yang dilakukan, terutama untuk kontrol bola yang lebih maksimal dengan kecepatan lari yang lebih tinggi. Untuk melakukan dribbling dengan teknik ini, ada beberapa tahapan untuk dilakukan, yaitu:

  • Pandangan mata lurus ke depan
  • Taruh bola di bagian ujung kaki
  • Dorong bola dengan punggung kaki
  • Lakukan beberapa kali dan hentikan bola dengan telapak kaki

Nah, sekilas, Anda bisa melakukan dribbling dengan teknik tersebut. Tentu, selain dua jenis dribbling tadi, masih ada beberapa jenis dribbling lain yang cukup penting untuk disimak. Anda bisa membuka laman daftarpustaka.org untuk mengetahui informasi lengkap perihal sepak bola dan teknik yang harus dikuasai.