Sungai didefinisikan sebagai saluran air alami besar yang mengalir di saluran ke laut, danau, atau sungai lain. Titik awal sungai disebut hulu. Titik akhir sungai di mana tanah rata dan air kehilangan kecepatannya disebut mulut atau deltanya. Ada 3 fase dari tahap sungai-muda, panggung dewasa, dan panggung lama. Berbagai struktur yang dibentuk oleh sungai termasuk lubang, lembah berbentuk v, air terjun, berkelok-kelok, danau ox-bow, dataran berbentuk kipas, dataran banjir, tanggul, delta, gletser, cirques, lembah berbentuk u, lembah gantung, fjord, moraine, dll. Hingga saat ini ada 76 sungai yang ditemukan di dunia. Ada 9 jenis sungai di dunia:

  1. Sungai Ephemeral
  2. Sungai Episodik
  3. Sungai Eksotis
  4. Sungai Intermiten
  5. Sungai Matang
  6. Sungai Tua
  7. Sungai Periodik
  8. Sungai Permanen
  9. Sungai Muda

Sungai terpanjang di dunia

Sungai terpanjang di dunia – sungai Nil

memiliki 2 anak sungai utama – Nil Putih yang merupakan sumber sungai dan berasal dari sungai Kagera di hulu danau di Burundi, Afrika Tengah, dan Nil Biru. Panjangnya 6.695 Km dan mengalir ke laut Mediterania. Nil melintasi negara-negara Uganda, Ethiopia, Sudan, Burundi, dan Mesir. Ini memiliki debit sekitar 3,1 juta liter per detik. Ini adalah surga bagi satwa liar, 300 jenis burung yang berbeda, dan untuk budidaya berbagai tanaman di tepiannya. 25 bendungan hidro-listrik telah dibangun di seberang sungai selama 50 tahun terakhir.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Amazon

Sungai terbesar kedua di dunia – sungai Amazon memiliki 1100 anak sungai dan mencakup 40% dari Amerika Selatan – Ekuador, Bolivia, Kolombia, Venezuela, Brasil. Sumbernya adalah sungai Peru di pegunungan Andes yang tinggi. Panjangnya 6.575 Km dan mengalir ke samudra Atlantik. Ini memiliki debit sekitar 209 juta liter per detik. 20% dari air tawar yang memasuki lautan berasal dari sini. Tidak ada jembatan yang dibangun di seberang sungai Amazon, namun, anak sungai Amazon memiliki 412 bendungan yang dibangun di atasnya.

Yangtze

Sungai terbesar ketiga di dunia – sungai Yangtze memiliki 8 anak sungai utama dan lebih dari 700 anak sungai kecil yang mencakup 20% dari Cina – melintasi 9 provinsi republik rakyat. Sumbernya adalah sungai Wulan Mulun dari Pegunungan Tanggula dekat provinsi Qinghai selatan di Daerah Otonomi Tibet. Panjangnya 6.300 Km dan mengalir ke Laut Cina Timur dekat Shanghai. Telah terjadi pembangunan 50.000 bendungan di seberang sungai. ‘Three Gorges Dam’ di Sungai Yangtze adalah Bendungan Hidro-listrik terbesar di dunia. Ini memiliki lebih dari 50 jembatan dan merupakan sungai tersibuk di dunia dengan kapal pesiar, feri dan tongkang transportasi yang melintasi sungai.

Mississippi

Sungai terbesar keempat di dunia – sungai Mississippi memiliki 250 anak sungai, meliputi 10 negara bagian Amerika Serikat. Sumbernya adalah Danau Itasca di Minnesota utara. Panjangnya 3.778 Km dan mengalir ke Teluk Meksiko. Ada sistem 29 kunci dan bendungan di seberang sungai. Sungai ini menampung 360 spesies ikan, 326 spesies burung, 145 spesies amfibi, dan 50 spesies mamalia di dalam tepiannya.

Yenisei-Angara-Selenga-Ider

Sungai terbesar kelima di dunia – berasal dari hulu Sungai Selenga dekat Mongolia barat dekat dengan pegunungan Khangai. Panjangnya 3.487 Km dan mengalir ke Teluk Yenisei setelah melewati Rusia dan Mongolia. Bagian tengah sistem sungai dikendalikan oleh serangkaian bendungan hidro-listrik besar. Bendungan dibangun untuk memasok industri utama Rusia.

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

Kuning

Sungai terbesar keenam di dunia – sungai Kuning memiliki sekitar 30 anak sungai besar. Ini berasal dari Pegunungan Bayan Har, pegunungan Bayankala dekat provinsi Qinghai, dan melewati 9 provinsi di Cina. Ini memiliki panjang 5464 Kms dan mengalir ke laut Bohai dekat provinsi Shandong. 20 bendungan telah dibangun di sungai dan 18 bendungan lainnya akan dipasang pada tahun 2030. Ini disebut Sungai Kuning karena sejumlah besar sedimen longgar mengubah air yang berwarna. Ini mendapat hampir 45% dari airnya dari gletser dan mata air bawah tanah yang luas di Dataran Tinggi Tibet.

Sungai terbesar ketujuh di dunia – berasal dari Pegunungan Altai Asia yang berisi sungai Biya dan sungai Katun.

 Ini melewati Rusia, Kazakhstan, Cina, Mongolia. Panjangnya adalah 5410 Kms dan mengalir ke Teluk Ob di samudra Arktik. Saat ini ada 6 bendungan di sungai Irtysh dengan beberapa lagi sedang dibangun. Gabungan Ob-Irtysh begitu panjang sehingga tanah yang dikeringkannya menggabungkan banyak ekosistem yang berbeda termasuk gurun, padang rumput beriklim sedang, hutan taiga, dan tundra berawa.

Río De La Plata- Paraná-Río Grande

Sungai terbesar kedelapan di dunia – berasal dari Paranaíba -Grande dan melewati Brasil, Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay. Panjangnya adalah 4880 Km dan saluran air di Rio de la Plata dari Samudra Atlantik. Ini adalah sungai terluas di dunia, dengan lebar maksimum 220 Km.

Amur – Argun – Kherlen

Sungai terbesar kesepuluh di dunia – memiliki 15 anak sungai utama dan berasal dari Reka Argun, sungai Onon, sungai Shilka, dan Sungai Kherlen. Ini melintasi Rusia, Cina, dan Mongolia. Panjangnya 4444 Km dan mengalir ke laut Okhotsk. Ada sekitar 123 spesies ikan dari 23 keluarga yang mendiami Amur. Ini berasal dari Pegunungan Baikal di Dataran Tinggi Siberia Tengah dan melewati Rusia. Panjangnya 4400 Km dan mengalir ke laut Laptev. Ada bendungan di Sungai Viluy – yang merupakan salah satu anak sungai utama Lena. Sungai ini adalah rumah bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan tetapi hanya untuk beberapa bulan dalam setahun ketika tetap bebas es. Ini adalah salah satu sumber air tawar terbersih di Bumi. Ini memiliki DAS terbesar kesembilan di dunia.

Maxkenzie– Slave-Peace–Finlay

Ini berasal dari Danau Thutade di Interior Utara BC dan melewati Kanada. Panjangnya adalah 4241 Kms dan mengalir ke laut Beaufort. 54 spesies ikan ditemukan di sungai. Burung yang bermigrasi menghabiskan bulan-bulan musim panas di sepanjang sungai. Delta sungai adalah rumah bagi populasi muskrat yang berkembang yang telah lama mempertahankan industri pemanenan bulu.

Niger

Ini berasal dari Dataran Tinggi Guinea tenggara Guinea dan melewati Nigeria, Mali, Niger, Aljazair, Guinea, Kamerun, Burkina Faso, Pantai Gading, Benin, Chad. Panjangnya adalah 4200 Kms dan mengalir ke Teluk Guinea. Ini memiliki 3 bendungan besar dan bendungan keempat sedang dibangun. Sungai Niger banjir setiap tahun dari September hingga Mei. Sungai ini memiliki tiga puluh enam keluarga ikan air tawar dan hampir 250 spesies, 20 di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di Bumi kecuali Niger.

By skyweb