Stroberi Buah super Yang kaya manfaat

Stroberi Buah super Untuk menjaga kesehatan Rambut dan Tubuh – Stroberi (Fragaria ananassa) adalah buah beri paling populer di dunia. Diyakini berasal dari Prancis, buah beri ini tidak hanya enak tapi juga enak. Mereka kaya vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bermanfaat untuk jantung dan gula darah Anda.

Buah beri ini juga merupakan sumber vitamin C dan mineral yang sangat baik seperti kalium dan mangan. Stroberi berwarna merah cerah, manis, dan berair, serta dapat digunakan dalam jeli, makanan penutup, dan selai.

Teruslah membaca untuk mengetahui semua cara yang baik untuk kesehatan Anda.

Antioksidan dan polifenol dalam buah beri ini mendukung kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis kanker.

Begitu juga dengan vitamin C yang dikandung buah beri ini, yang juga berkontribusi pada kesehatan kulit dan rambut. Serat buah beri ini penuh dengan bantuan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Stroberi Buah super

1. Melindungi Hati

Banyaknya antioksidan dan polifenol dalam stroberi menjadikannya makanan yang ideal untuk melindungi jantung Anda dari penyakit.

Stroberi mengandung antosianin (antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merahnya), yang melindungi lapisan sistem peredaran darah, sehingga melindungi arteri dari penumpukan plak dan mengatur tekanan darah.

Menurut Dr. Suzanne Steinbaum, ahli jantung di Lenox Hill Hospital, New York City, wanita yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah beri (terutama stroberi) setiap minggu telah mengurangi risiko serangan jantung hingga sepertiganya.

2. Dapat Mengatur Kadar Gula Darah

Stroberi juga mengandung asam ellagic, dan ini, bersama dengan antioksidan, membantu memperlambat pencernaan makanan bertepung.

Ini mengontrol kenaikan kadar gula darah setelah makan bertepung. Ini juga membantu individu dengan diabetes tipe-2 menjaga kadar gula darah mereka tetap terkendali.

Stroberi juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti stroberi tidak menyebabkan lonjakan gula tajam saat dimakan oleh penderita diabetes. Serat pada stroberi juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

3. Dapat Membantu Melawan Kanker

Stroberi adalah sumber vitamin C dan serat yang sangat baik, keduanya telah terbukti melindungi dari kanker kerongkongan dan usus besar.

Sifat antikanker stroberi, menurut American Institute for Cancer Research, dapat dikaitkan dengan adanya asam ellagic – fitokimia yang dapat mencegah kanker pada kulit, paru-paru, kandung kemih, dan payudara.

Asam ellagic bertindak sebagai agen antikanker dalam beberapa cara – bertindak sebagai antioksidan, memperlambat produksi sel kanker, dan membantu tubuh menghancurkan beberapa jenis karsinogen.

4. Dapat Meningkatkan Imunitas

Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Faktanya, satu porsi stroberi mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Vitamin C telah ditemukan untuk memicu antibodi peningkat kekebalan, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss, ditemukan bahwa suplementasi vitamin C telah meningkatkan berbagai komponen sistem kekebalan. Stroberi Buah super

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dokter Afrika Selatan, suplementasi vitamin C meningkatkan konsentrasi imunoglobulin, yang merupakan antibodi dan komponen kunci dari sistem kekebalan. Stroberi juga dikenal dapat melawan alergi dan asma.

5. Dapat Mengatur Tekanan Darah

Seperti yang telah disebutkan, stroberi mengandung antosianin, yang merupakan antioksidan kuat yang mengendurkan lapisan pembuluh darah dan membukanya, sehingga menurunkan tekanan darah. Stroberi juga kaya kalium, nutrisi yang membantu mengontrol tekanan darah.

Baca juga : Berburu Tanaman Liar Yang Bisa Dijadikan Obat.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Penghargaan diberikan kepada antioksidan, sekali lagi. Stroberi, dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga mengubah cara neuron di otak berkomunikasi satu sama lain.

Ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan kesehatan otak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Harvard di Brigham and Women’s Hospital telah mengungkapkan bahwa asupan stroberi dapat menunda penurunan memori pada wanita yang lebih tua dari waktu ke waktu. Stroberi Buah super

Manfaat ini bisa dikaitkan dengan adanya flavonoid dalam stroberi. Juga, ditemukan bahwa peningkatan asupan antosianidin membantu memperlambat penurunan memori.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tufts University dan University of Maryland Baltimore County, mayoritas penyakit otak (termasuk Alzheimer dan Parkinson) disebabkan karena

untuk peningkatan jumlah protein beracun tertentu. Tetapi konsumsi stroberi terbukti meningkatkan mekanisme pemeliharaan alami otak (juga disebut autophagy), sehingga mengurangi akumulasi protein ini.

7. Dapat Memerangi Peradangan

Stroberi mengandung quercetin, dan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, asupan quercetin, bersama dengan olahraga teratur, dapat mengurangi pembentukan plak aterosklerotik.

Stroberi juga kaya vitamin C, yang berperan besar dalam mencegah peradangan. Vitamin ini juga berperan dalam meredakan gejala radang sendi dan asam urat. Telah ditemukan bahwa kadar protein C-reaktif (atau CRP) yang tinggi dapat menandakan peningkatan tingkat peradangan dalam tubuh.

Menurut peneliti dari Harvard School of Public Health, wanita yang mengonsumsi 16 atau lebih stroberi setiap minggu 14 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peningkatan kadar protein ini.

8. Dapat Melawan Kolesterol

Stroberi diketahui mengandung pektin, yaitu sejenis serat larut yang menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian di New Orleans, beberapa jenis serat larut, termasuk pektin, telah terbukti menurunkan kadar LDL. Sesuai analisis yang dilakukan bersama oleh para ilmuwan Italia dan Spanyol, konsumsi 500 gram stroberi secara teratur selama sebulan mengalami penurunan kadar LDL.

Studi Kanada lainnya menunjukkan keampuhan stroberi dalam mengurangi kerusakan oksidatif dan kolesterol jahat.

9. Dapat Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Stroberi mengandung antioksidan yang dapat mencegah katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya.

10. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Asam ellagic dan antioksidan adalah yang memainkan peran utama dalam membuat stroberi ideal untuk menurunkan berat badan. Peradangan kronis adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan karena menghambat hormon yang membuat Anda kurus. Stroberi Buah super

Strawberry, menjadi makanan anti-inflamasi yang luar biasa, mengembalikan fungsi hormon penurun berat badan. Selain itu, antosianin, antioksidan utama, meningkatkan produksi hormon yang disebut adiponektin dalam tubuh.

Hormon ini meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan Anda. Mungkin juga menyebabkan pembakaran lemak.

11. Dapat Mendukung Kehamilan yang Sehat

Stroberi adalah sumber folat yang kaya. Anda mendapatkan sekitar 40 mikrogram folat dari satu cangkir stroberi mentah. Ini sekitar 10% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Menurut penelitian, folat penting selama kehamilan karena dapat mencegah cacat tabung saraf. Ini juga penting untuk kesehatan ibu.

12. Menjaga Gigi Tetap Sehat

Stroberi mengandung asam malat, yang berfungsi sebagai astringent dan menghilangkan perubahan warna gigi.

Artinya Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk memutihkan gigi Anda. Anda cukup menghancurkan stroberi menjadi bubur dan campur dengan soda kue sampai Anda mendapatkan campuran yang halus.

Dengan menggunakan sikat gigi yang lembut, oleskan campuran tersebut pada gigi Anda. Biarkan selama 5 menit, sikat dengan pasta gigi, dan bilas. Namun, jangan berlebihan karena asam dalam buah dapat merusak enamel Anda.

13. Mungkin Memiliki Sifat Anti-Penuaan

Antioksidan yang kuat perlu diberi penghargaan, sekali lagi! Ini melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan menghentikan tanda-tanda penuaan (keriput, kulit kendur, garis-garis halus, dll.)

Mereka juga merupakan sumber likopen, antioksidan yang berperan penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Antosianin yang ada dalam stroberi melindungi kulit dari stres oksidatif, sehingga memperlambat penuaan. Stroberi Buah super

14. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah beri biasanya mengandung asam alfa-hidroksi, yang merupakan zat penting yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan kulit dalam prosesnya.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Hahnemann University School of Medicine, Pennsylvania, perawatan dengan asam alfa-hidroksi telah ditemukan untuk membalikkan tanda-tanda penuaan.

Buah stroberi juga mengandung asam salisilat dan asam ellagic, yang dikenal untuk mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam.

Asam salisilat juga dikenal untuk menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan mengencangkan pori-pori kulit untuk mencegah munculnya jerawat lebih lanjut.

Stroberi juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membersihkan kulit dan menjaganya tetap sehat.

Buah beri juga memiliki manfaat lain untuk kulit – buah ini memperbaiki warna kulit, mengencangkan dan menenangkan kulit yang teriritasi, serta menawarkan perlindungan dari radiasi UV.

Anda cukup mencampurkan pasta stroberi dengan sedikit madu dan mengoleskannya ke wajah Anda setiap pagi. Biarkan masker selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Anda juga bisa mengganti madu dengan air mawar.

Atau bahkan tambahkan susu ke dalam resepnya. Semua bahan ini bekerja secara ajaib dalam meningkatkan kesehatan kulit.

15. Dapat Mencegah Rambut Rontok

Seperti yang telah dibahas, stroberi adalah sumber vitamin C yang bagus – nutrisi yang mendorong penyerapan zat besi dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Juga ditemukan bahwa kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan ujung bercabang. Vitaminnya juga bisa mengobati ketombe.

Juga dipercaya bahwa silika dalam stroberi dapat memperlambat kebotakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Anda bisa menyiapkan masker rambut strawberry yang bisa membantu Anda mengatasi masalah rambut Anda. Campur pasta stroberi (2 buah) dengan minyak kelapa murni dan madu (masing-masing 1 sendok makan).

Oleskan ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 20 menit, setelah itu Anda bisa mencuci rambut dengan air dingin. Ini harus dilakukan pada kulit kepala yang bersih, biasanya di pagi hari setelah mandi.

Masker ini juga mencegah pertumbuhan jamur kulit kepala – magnesium dalam buah beri mengatasi masalah ini.

16. Semoga Bermanfaat Bagi Pria

Antioksidan dalam stroberi bermanfaat bagi jantung dan arteri Anda – keduanya meningkatkan sirkulasi, yang sangat penting untuk kehidupan seks yang sehat. Vitamin C dalam buah beri juga menghasilkan jumlah sperma yang lebih tinggi pada pria.

Itu dengan daftar panjang manfaatnya. Luar biasa, bukan? Tapi, bagaimana Anda bisa menggunakan buah beri ini dalam masakan Anda? Nah, kami punya jawabannya.

Baca juga : Jenis jenis macam buah beri

Apa Profil Gizi Stroberi?

VITAMIN

  • AMOUNT% DV
    Vitamin A 1 µg 0%
    Vitamin C 58,8 mg 65%
    Vitamin D 0 µg ~
    Vitamin E 0,29 mg 2%
    Vitamin K 2,2 µg 2%
    Vitamin B1 (Tiamin) 0,02 mg 2%
    Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02 mg 2%
    Vitamin B3 (Niacin) 0,39 mg 2%
    Vitamin B5 (asam Panthothenic) 0,13 mg 3%
    Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,05 mg 4%
    Vitamin B12 0 µg ~
    Folat 24 µg 6%
    Kolin 5,7 mg 1%

MINERAL

  • AMOUNT% DV
    Kalsium 16 mg 2%
    Besi 0,41 mg 5%
    Magnesium 13 mg 3%
    Fosfor 24 mg 3%
    Kalium 153 mg 3%
    Natrium 1 mg 0%
    Seng 0,14 mg 1%
    Tembaga 0,05 mg 5%
    Mangan 0,39 mg 17%
    Selenium 0,4 µg 1%
    Sumber: USDA

Satu cangkir stroberi segar (152 gram) mengandung 49 kalori dan 7 gram gula. Stroberi tidak mengandung lemak, dan satu cangkir mengandung 3 gram serat.

Nutrisi lain dalam stroberi meliputi:

  • 1 gram protein (2% dari nilai harian)
    4 miligram vitamin C (149% dari nilai harian)
    6 miligram mangan (29% dari nilai harian)
    5 mikrogram folat (9% dari nilai harian)
    233 miligram kalium (7% dari nilai harian)
    8 miligram magnesium (5% dari nilai harian)
    3 mikrogram vitamin K (4% dari nilai harian)

Ada banyak nutrisi lain dalam stroberi yang menawarkan manfaat luar biasa. Tapi bagaimana Anda bisa memasukkan buah beri ini ke dalam makanan Anda? Nah, kami punya jawabannya.

Adakah Tips Untuk Memasukkan Stroberi Dalam Diet Anda?
Stroberi paling sering digunakan dalam makanan penutup dan es krim. Ekstraknya juga digunakan sebagai pengawet dalam berbagai produk.

Karena rasanya yang manis dan berair, buah ini juga bisa dimakan utuh seperti buah-buahan lainnya. Hari ini, mereka menjadi bagian dari berbagai resep.

Diberikan di bawah ini adalah beberapa tip untuk menikmati buah yang lezat ini.

Anda cukup memakan stroberi mentah. Sebelum melakukannya, cuci dengan air mengalir dan seka dengan handuk kertas sampai benar-benar kering. Pegang batang stroberi, ambil beberapa gigitan.

Bahkan bijinya bisa dimakan. Irisan stroberi dapat ditambahkan ke dalam campuran salad hijau agar lebih enak. Stroberi Buah super

Strawberry mousse adalah salah satu favorit kami. Rasanya cukup enak dan bisa dimakan begitu saja atau disajikan sebagai topping di atas makanan penutup lainnya.
Irisan stroberi, blueberry utuh, dan yogurt tawar dapat diatur berlapis-lapis dalam gelas anggur untuk membuat hidangan penutup parfait.

Stroberi bisa dicampur dengan jus jeruk untuk membuat saus coulis yang sempurna. Buah ini juga bisa ditambahkan ke sarapan shake agar lebih bersemangat dan bergizi.

Pai stroberi dapat dibuat dengan menumpuk seluruh buah di atas lapisan isian krim.
Stroberi tidak hanya cocok untuk hidangan penutup – stroberi juga dapat digunakan sebagai hidangan utama.

Salad ayam dan stroberi adalah contoh sempurna yang menggabungkan rasa stroberi manis, vinaigrette tajam, ayam, dan keju biru yang kaya rasa menakjubkan.
Pizza juga bisa diberi topping stroberi. Anda bisa melapisi pizza favorit Anda dengan irisan stroberi bersama dengan keju lembut atau sayuran hijau dan pistachio.

Salsa alpukat stroberi adalah hidangan yang sangat manis dan gurih yang dapat disajikan dengan ayam panggang atau ikan tumis atau dimakan sebagai camilan dengan keripik tortilla panggang.

Stroberi juga bisa menambah rasa pada teh Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan teh dan secangkir stroberi ke dalam air mendidih. Tutup dan diamkan selama 5 menit. Saring teh dan tambahkan es batu dan gula. Minuman menyegarkan ini bisa diberi hiasan stroberi dan disajikan dingin.

Bukan itu saja. Di bagian berikut, kami memiliki beberapa resep stroberi yang lezat!

1. Smoothie Stroberi

  • 8 buah stroberi kupas
    ½ cangkir susu skim
    ½ cangkir yogurt tawar
    1 sendok teh madu
    2 sendok teh ekstrak vanili
    6 es batu yang dihancurkan

Cara mengolah

  • Dalam blender, tambahkan semua bahan (kecuali es) dan haluskan sampai Anda mendapatkan campuran yang halus.
  • Masukkan es dan aduk lagi.
    Tuang ke dalam gelas dan sajikan.
    Dia

Ada lima cara lain untuk menyiapkan smoothie stroberi yang lezat ini. Video ini akan memandu Anda.

2. Selai Strawberry

Bahan 

  • 2 pon stroberi kupas segar
    4 cangkir gula putih
    ¼ cangkir jus lemon

Cara mengolah

  • Hancurkan semua stroberi hingga Anda memiliki 4 cangkir stroberi tumbuk.
    Ambil panci besar, dan campur stroberi tumbuk, gula, dan jus lemon. Aduk dengan api kecil sampai gula larut.
    Naikkan api dan didihkan campuran. Terus aduk.
    Pindahkan campuran ke toples steril panas, sisakan sekitar satu inci ruang kepala. Segel. Proses toples di bak air.
    Mendinginkan.

Resepnya pasti akan menjadi hit di rumah Anda. Dan begitu juga fakta menarik tentang stroberi ini.

Apa Efek Samping Stroberi?

Masalah Dengan Kehamilan dan Menyusui
Meskipun mengonsumsi buah dalam jumlah normal aman selama kehamilan dan menyusui, belum cukup penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apa yang akan terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan. Pertahankan jumlah makanan normal.

Gangguan Pendarahan

Stroberi dapat memperpanjang waktu pendarahan dan bahkan meningkatkan risiko memar pada individu yang rentan. Gunakan dengan hati-hati jika Anda mengalami gangguan pendarahan.

Juga, berhati-hatilah jika Anda sedang menjalani operasi karena stroberi dapat memperlambat pembekuan darah. Hindari penggunaan setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan. Ingatlah bahwa penelitian terbatas di bidang ini.

Kesimpulan

Stroberi enak, rendah kalori, dan kaya akan vitamin dan mineral. Buah beri ini bisa menambah rasa manis pada makanan sehat.

Mereka mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat membantu mengurangi tekanan darah, penyakit kardiovaskular, kolesterol, dan stres oksidatif.

Namun, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan asupan buah ini.

healty99.com