optimasi backlink

1. Tulis konten yang dapat dibagikan

Pembuatan konten adalah strategi nomor satu untuk menghasilkan backlink. Masalahnya adalah 90% halaman web sama sekali tidak mendapatkan lalu lintas. Jika konten Anda tidak mendapatkan lalu lintas, tidak ada yang menautkannya kembali.

Itu sebabnya 75% pemasar mengatakan mereka menghasilkan konten yang khusus untuk tautan balik bersih.

Menurut Irina Nica, Senior Marketing Manager of Product Awareness HubSpot dan ahli backlink penduduk, tiga jenis konten terbaik untuk menarik backlink adalah:

  • Cerita yang didukung oleh data asli
  • Wawancara ahli dan potongan pemikiran-kepemimpinan
  • Panduan utama untuk topik khusus

optimasi backlink

Ambil perangkat lunak pengoptimalan rute Track-POD, misalnya.

Menawarkan perangkat lunak yang sangat khusus, Track-POD menjadikan dirinya otoritas subjek dengan membuat panduan utama yang menjelaskan berbagai aspek industri.

Panduan mereka membantu menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang topik seperti pengiriman jarak jauh, bukti pengiriman, dan perencanaan rute. Ini menjadikan mereka sumber backlink yang bagus untuk artikel lain yang membutuhkan bantuan untuk mendefinisikan topik ini tanpa mengacaukan artikel mereka sendiri dengan detail.

Dengan menggunakan taktik ini, Track-POD memiliki 17.346 backlink di 1.076 domain perujuk.

Dengan menawarkan data asli dan terkini, Buzzsprout memposisikan dirinya sebagai sumber ahli untuk situs web lain.

Karena itulah artikel ini sendiri memiliki 178 backlink dari 79 domain referral yang berbeda.

2. Bangun tautan yang rusak

Strategi yang sedikit licik, taktik backlink ini melemahkan pesaing Anda, mengisi sepatu usang mereka.

Meskipun ini adalah taktik backlink yang relatif kuno, itu masih digunakan oleh 53% pemasar.

Idenya adalah Anda menemukan tautan dalam sektor Anda yang tidak lagi berfungsi dan membuat konten pengganti untuk mengisi sumber daya yang rusak ini.

Idealnya, Anda menargetkan situs pesaing untuk menemukan tautan konten yang rusak di situs web mereka. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat pemeriksa tautan rusak seperti yang ditawarkan oleh Ahrefs.

Setelah Anda menemukan tautan yang rusak, Anda menjalankan URL ini melalui alat pemeriksaan tautan balik. Ahrefs juga memiliki alat pemeriksa backlink.

Pemeriksa backlink akan menunjukkan kepada Anda semua situs web yang menautkan kembali ke sumber daya yang rusak. Anda kemudian akan menulis artikel yang menggantikan konten tautan asli dan menghubungi semua situs tautan balik tersebut untuk menawarkan pengganti Anda.

Misalnya, bayangkan blog Preply tentang cara menangani surat profesional adalah tautan mati dan Anda ingin menggantinya dengan tautan Anda sendiri.

Anda akan menjalankan URL melalui Ahrefs Backlink Checker untuk mendapatkan daftar backlink.

Kemudian Anda akan menulis email ke masing-masing situs web ini untuk memperingatkan mereka tentang tautan yang rusak dan menyarankan mereka menggantinya dengan tautan ke artikel Anda tentang cara menulis surat profesional.

3. Tulis posting tamu

Posting tamu adalah strategi backlink yang sangat populer. Faktanya, 75% profesional SEO membangun backlink dengan posting tamu.

Hal tentang posting tamu adalah mereka tidak hanya membantu membuat tautan balik, mereka juga membangun persona Anda sebagai otoritas tepercaya pada subjek khusus.

Plus, Anda mendapatkan kesempatan untuk menyusup ke audiens baru dan menunjukkan kepada mereka nilai merek Anda.

Tidak hanya itu, tetapi karena pembuatan konten bisa sangat memakan waktu, seringkali jauh lebih mudah untuk meyakinkan sebuah situs web untuk menyertakan backlink Anda jika Anda menawarkan konten secara gratis.

Beginilah cara pendiri Simple Money Lyfe Drew Cheneler mendapatkan begitu banyak backlink ke blog keuangan pribadinya.

Cheneler menemukan blog dengan target pasar yang sama dalam ceruk yang sedikit berbeda, seperti majalah kewirausahaan.

Cheneler menyesuaikan kontennya untuk menggabungkan ceruknya sendiri — keuangan pribadi — dan ceruk yang dia tulis (dalam hal ini, bisnis kecil).

Perhatikan bagaimana ia mengintegrasikan tautan baliknya sendiri secara alami ke dalam teks untuk menunjukkan kepada pembaca di mana mereka dapat menemukan lebih banyak informasi tentang topik tersebut.

4. Dengarkan penyebutan merek

Jika Anda mendengarkan penyebutan merek atau produk Anda di internet, Anda dapat menemukan penyebutan merek yang tidak tertaut dan mengejarnya untuk mendapatkan tautan balik.

Ini adalah strategi umum — hampir setengah dari semua pemasar mengejar penyebutan merek untuk tautan balik.

Ini cukup sederhana untuk dilakukan jika Anda menggunakan alat yang tepat.

Dengan sesuatu seperti Buzzsumo dan Ahrefs Content Explorer, Anda dapat mencari nama merek Anda dan menemukan sebutan yang berasal dari sumber pihak ketiga.

Jika Anda mencari alat gratis untuk melakukan ini, coba Google Alerts. Ini akan melacak konten yang diterbitkan setiap hari dan mengingatkan Anda tentang konten apa pun yang menyebutkan frasa kunci tertentu, seperti nama merek atau produk Anda.

Hubungi situs web ini secara langsung untuk menanyakan apakah mereka akan menautkan kembali ke situs Anda.

Referensi :

https://www.salman.agency/kriteria-backlink-berkualitas/

https://zenmagazineafrica.com/seo/cara-mendapatkan-backlink/

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/