Perbaikan atap rumah atau renovasi bagian atas rumah, tentu saja harus dilakukan dengan baik agar awet. Karena jika atap rumah mengalami kerusakan, tentu akan mengganggu penghuninya terutama jika hujan akan mengalami kebocoran. Saat ini akan sangat baik jika Anda menggunakan atap rumah yang lama dengan menggantinya memakai baja ringan.

Ada banyak kelebihan dari penggunaan baja ringan untuk atap rumah, karena lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Tetapi untuk perbaikan dengan baja ringan Anda harus mengetahui beberapa tips berikut ini.

1. Ketinggian Material

Yang pertama Anda wajib menghitung terlebih dahulu ketinggian material. Karena perbedaan pada ketinggian rangka akan dipengaruhi bagaimana nanti komponen atapnya. Ketika sebelumnya menggunakan rangka kayu maka tersusun antara kuda-kuda, kaso, gorsing dan reng. Sementara untuk penggunaan baja ringan reng akan langsung menumpuk pada kuda-kuda. Jadi otomatis posisi baja ringan akan lebih rendah. Maka dari itu Anda wajib mengukur ketinggian atap agar nantinya atap lebih kuat.

2. Posisi Atap Dinaikkan Dan Diturunkan

Langkah kedua yaitu dengan membuat perubahan posisi ketinggian atap. Atap harus ditinggikan terlebih dahulu minimal 18 cm supaya posisinya seimbang. Namun ini hanya terjadi pada atap yang sebelumnya menggunakan bahan kayu lalu diganti dengan baja ringan.

Setelah menaikkan atap sekarang giliran posisi atap diturunkan. Ketika atap diturunkan akan membuat lubang angin akan tertutup dan sirkulasi udara jadi tidak baik. Untuk atap yang diturunkan, maka anda bisa melakukan peninggian atap dengan memasang bata lalu ditambah balok ikat baru. Dengan begini, tidak akan ada masalah sirkulasi udara yang memburuk pada rumah anda.

3. Biaya Tambahan

Anda mungkin saja akan dikenakan biaya tambahan karena peninggian atap membutuhkan teknik khusus dan agak rumit. Jadi anda perlu membayar jasa untuk pelaksanaan peninggian atap. Biasanya atap anda akan diakali dengan menggunakan sistem stek agar memudahkan pemasangannya.

Pelaksanaan sistem penambahan tinggi atap ini cukup berbahaya  tapi penambahan penyangga baja ringan dapat menggantikan posisi dinding dan ring balok yang harusnya ditinggikan.

4. Tumpuan Pada Beban

 Karena stek cukup berbahaya sebab tumpuan beban digunakan pada batang penyangga, jadi tidak langsung ke ring blok. Nah resiko yang terjadi adalah apabila atap mengalami pergerakan maka punya potensi atap akan menjadi rubuh. Untuk itu perlu ketelitian dalam perbaikan atap rumah dan harus dilakukan oleh profesional.

Itu tadi beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemasangan atau perbaikan atap rumah. Setelah peninggian atap selesai, barulah akan dilakukan pemasangan rangka baja ringan. Proses pemasangan baja ringan biasanya hampir sama dengan proses pemasangan atap rumah yang baru.

Jika anda sedang mencari jasa untuk pemasangan atap yang mengerti struktur bangunan apakah bisa memilih dari jasa profesional yaitu Sejasa.com. Bahkan jika ingin melakukan renovasi rumah besar-besaran atau ringan saja, bisa tetap bisa mencarinya di Sejasa.com. Platform layanan pencarian jasa ini akan membantu anda untuk menemukan jasa-jasa terbaik yang bisa menjawab semua solusi masalah anda. Tidak hanya jasa bangunan saja, tapi juga Anda bisa menemukan jasa service. Anda yang ingin perawatan tubuh dengan home service juga bisa memilih Sejasa.com. Karena di platform ini terdapat pilihan jasa pijat, jasa salon yang semuanya bisa dipanggil ke rumah dan bisa memilih yang dekat dengan lokasi Anda. Kunjungi Sejasa.com baik melalui website maupun aplikasi.