SEOQUAKE, Tools SEO Terbaik, Wajib Coba!

SEOQUAKE – Pengaturan situs web adalah hal penting yang harus dilakukan bagi siapa saja yang sedang mengembangkan website. Masalah yang mungkin terjadi dalam suatu web bisa menjadi penghambat laju situs, sehingga situs sulit sekali dikunjungi traffic.

Solusinya dengan menggunakan dua metode baik SEO maupun SEM. SEO pada jasa SEO adalah teknik yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis internet marketing karena terbukti efektif meningkatkan organic traffic sehingga konversi penjualan produk ikut meningkat.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun sangat minim. Agar pekerjaan kita dalam membuat konten web ber-SEO bisa efisien dengan memanfaatkan skill para ahli SEO, kita perlu bantuan tools dalam proses optimasi maupun riset keyword. Banyak pilihan tools yang sudah popular, salah satunya tools ini.

SEOQUAKE: Definisi

Tool SEOquake adalah plugin ekstensions yang bisa ditambahkan pada browser Opera, Google Chrome dan Mozilla Firefox. SEOQUAKE bisa menganalisis dari proses pencarian SERP menggunakan plugin serta menampilkan semua matriks SEO dengan laporan yang dikeluarkan oleh tool ini.

SEOquake

SEOquake merupakan anak cabang dari situs web SEMRush yang merupakan Marketing toolkit untuk pemasaran digital yang professional. SEMRush didirikan pada tanggal 3 Agustus 2008 di Boston, Amerika Serikat yang termasuk jenis situs intelijen yang kompetitif.

Fungsi SEOQUAKE

Kembali pada fungsi SEOquake, tool ini dapat membantu kita untuk mengetahui page rank, alexa rank, share google plus, twitter, like facebok dan lain-lain. Berbeda dengan induk websitenya SEMRush yang berbayar, SEOquake dapat ditemukan secara gratis melalui fitur add-ons yang ada di browser yang kita gunakan. misalnya kita menggunakan browser Google Chrome.

SEOquake bersifat front-end sehingga dapat kita kunjungi bersamaan dengan browser yang kita gunakan. setelah mengetahui apa itu SEOquake, kita perlu mencoba penggunaanya. Jika kita belum memiliki ekstensinya, kita bisa langsung download. Kita mencoba ambil contoh untuk pengguna browser Google Chrome.

Cara Aplikasikan SEOQUAKE

Cara memasang SEOquake menggunakan browser google chrome :

  1. Buka chrome web store melalui link berikut http://chrome.google.com/webstore/
  2. Cari SEOquake di kolom pencarian
  3. Akan muncul tampilan pop up SEOquake Extensions Chrome
  4. Klik Add to Chrome
  5. Tunggu hingga proses instalasi add-ons terpasang
  6. Jika sudah selesai, SEOquake siap digunakan

Cara penginstalan menggunakan browser lain hampir sama dan sangat mudah untuk dilakukan. Selanjutnya adalah cara menggunakan tool ini. Setelah proses penginstalan telah selesai, icon SEOquake akan muncul di samping kanan dashboard browser.

Dengan mengaktifkan sistem SEOquake, lalu kita langsung melakukan pencarian dengan memasukkan keyword, maka akan muncul tampilan parameter Alexa rank, Google rank dan Yahoo! Index di bawah judul laman web serta terdapat penomoran rangking berdasarkan keyword yang paling relevan.

Kita juga bisa mengatur apa saja yang perlu ditampilkan atau tidak dalam hasil parameter. Misal kita hanya membutuhkan informasi parameter dari Google rank maka akan kita enable dengan men-checklist, berarti untuk alexa rank dan Yahoo! Index kita disable saja karena tidak diperlukan. Selain itu, SEOquake menyediakan tools yang sangat berguna seperti SEO Audit, Keyword Density report, analisis Internal dan Ekstenal Link, dan sosial metriks lainnya.

Fitur pada SEOQUAKE

Dalam tools SEOquake, kita bisa menikmati fitur-fitur yang telah disediakan mulai dari SEObar, SEO Dashboard, SERP Overlay, Vast Data, Keyword Analysis, Print and Export.

Kegunaan masing-masing fitur:

  1. SEObar, disini kita bisa meriset SEO secara instan untuk laman web apapun yang sedang dijelajah. SEObar dapat menganalisis semua parameter yang ditampilkan SEOquake, sesuai dengan laman dengan spesifikasi tertentu.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kita bisa langsung menerima parameter untuk setiap halaman yang kita buka. SEObar ini interaktif, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kita perlukan atau bisa juga dinonaktifkan. Fitur ini berguna untuk mempercepat dalam menganalisis halaman yang akan kita riset.

  1. SEO Dashboard, fitur ini digunakan untuk yang menginginkan menu yang lengkap. Dengan satu klik akan membuka lightbox yang ringkas namun informatif dengan iktisar SEO yang singkat, termasuk detail Halaman, Domain, dan Backlink.
  2. SERP Overlay, Tampilan SERP dalam SEOquake akan muncul pada deretan bilah di bawah setiap hasil laman SERP. Hal ini memungkinkan kita untuk menyortir dan mengekspor hasil pencarian kita dalam format CSV atau Excel.
  3. Vast Data, disini kita bisa temui data tampilan SEMRush, Alexa rank, Google rank dan Yahoo Index, dimana kita bisa beralih diantara beberapa pilihan sumber dan jenis data termasuk elemen media sosial seperti twitter dan like pada facebook.
  4. Keyword analysis, fitur ini berguna melakukan analisis kata kunci dengan menerima laporan seluruh keyword yang kita cari di laman web secara rinci. Selain itu, kita bisa memvisualisasikan data ke dalam cloud kata kunci dan mempersempit pencarian dengan menggunakan filter yang canggih.
  5. Print and Export, setelah mennggunakan tools SEOquake, hasil analisis bisa dengan mudah diekspor dan disimpan dengan format .csv , kemudian kita bisa dengan mudah mencetaknya.

Fitur diatas bisa kita temukan pada menu-menu yang tersedia di tampilan layar SEOquake. Manfaat lain dari SEOquake adalah kita bisa melakukan audit SEO dengan alat diagnosa SEOquake.

Fitur Page Analysis: Site Coding pada SEOQUAKE

Pada fitur page analysis, kita bisa menganalisis pengkodean laman web dengan membahas beberapa area termasuk jika kita memiliki karakter yang cukup pada URL kita, tag judul, deskripsi, dan keyword yang telah diformat dengan benar bersamaan dengan heading HTML dan ALT.

Fitur ini tidak hanya ditemukan untuk tampilan desktop saja, namun bisa digunakan dalam perangkat mobile. Dalam situs layar desktop, sites compliance akan memerikasa situs web tertentu seperti keberadaan peta situs XML, file robot .txt, deklarasi bahasa, spesifikasi doctype, serta implementasi pengkodean bahasa, microformat dan bahkan favicon gambar-gambar.

Laporan diagnosis laman juga dapat bekerja bersama dengan laporan keyword density. Terletak di bawah tab density, laporan akan menampilakn semua keyword yang dimasukkan di halaman tertentu. Hal ini diurutkan berdasarkan keyword yang berulang dalam urutan yang menurun dan keyword yang paling sering disebutkan akan muncul di daftar pertama.

Fitur Perbandingan Domain/ URL

Selanjutnya ada fitur membandingkan URL/domain bisa menjadi bahan untuk kita pelajari lebih lanjut mengenai URL para pesaing. Kita bisa menemukan informasi yang diinginkan hanya dengan satu klik. Setelah kita mengklik untuk memproses URL yang akan kita bandingkan, akan muncul URL yang terdaftar bersama semua parameter di setiap domain berdasarkan preferensi yang kita masukkan.

Berkaitan dengan strategi digital marketing yang kita kembangkan, penggunaan tools ini sangat penting untuk dimanfaatkan. SEOquake memiliki kemampuan yang tidak terbatas dari informasi yang akan kita temukan.

Dari analisis SERP hingga proses diagnosis laman web, SEOquake bisa memberikan data yang akurat dan relevan. Dari data ini, kita bisa gunakan strategi yang efektif dan efisien untuk bisnis yang kita kembangkan ke depannya.

Categories SEO