Rekreasi Kulineran : 9 Tempat Makan Legendaris Bali yang Harus Didatangi

Traveling dan rekreasi kulineran menjadi satu ‘paket’ yang tidak dapat dipisah. Nach, untuk kamu yang ingin berlibur ke Pulau Dewata, lihat dahulu yok sembilan referensi tempat makan legendaris Bali yang harus didatangi di bawah ini.

1. Warung Nasi Bali Men Weti (Halal)

Warung Nasi Bali Men Weti sebagai salah satunya tempat makan legendaris Bali yang telah membuka semenjak tahun 1970. Berada di Jalan Segara Ayu, Sanur, tempat ini selalu dicari pelancong lokal dan asing.

Konsumen setia benar-benar menyenangi nasi campur ciri khas Weti karena rasa pedasnya yang unik. Kamu dapat makan pada tempat atau dibuntel karena warung ini tidak begitu luas.

Walau Men Weti telah wafat April 2017 lalu, warung ini masih tetap dilanjutkan oleh anaknya yang namanya I Nyoman Sukadana alias Men Ramai.

Menu favorite di warung makan Bali ini ialah telur rebus, jukut urap, kulit ayam goreng, suwiran ayam, kacang goreng, dan sambal. Ditanggung maknyus!

Alamat: Jalan Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Denpasar Team., Kota Denpasar, Bali 80233
Membuka: 08.00-15.00
Harga: ±Rp40.000 untuk dua orang (kontan only)

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (Halal)

Di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, kamu dapat mendapati nasi campur Bali yang begitu enak. Ada banyak cabang yang dapat kamu kunjungi, misalkan di Dusun Kedewatan Ubud, Gianyar, sampai Jalan Tukad Badung No. 11 Renon, Denpasar.

Tempat makan legendaris di Bali ini pas sekali didatangi berdua bersama pasangan, masalahnya tempatnya nyaman sekali. Janganlah lupa singgah ke beragam tujuan hits di Bali.

Tempat ini cuman tawarkan satu menu nasi ayam yang dipisah jadi dua penyuguhan, yakni digabung dan dibagi. Isi nasi ayamnya ialah ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, dan kulit ayam goreng.

Alamat: Jalan Raya Kedawetan No. 18, Ubud, Bali
Membuka: 08.00-18.00
Harga: ±Rp150.000 untuk dua orang

baca juga  Test nyali kamu di Piknik Pulau Bira kep Seribu

3. Teba Kafe Jimbaran (Halal)

Ingin makan nikmat sekalian menyaksikan panorama cantik ciri khas Bali? Datangi saja Teba Kafe Jimbaran. Masakan dari tempat makan legendaris ini populer karena bumbu seafood-nya yang paling sedap.

Lokasinya yang ada di pinggir pantai cantik Bali menambahkan nilai plus dari restaurant ini. Tidaklah aneh bila pengunjungnya selalu ramai.

Menunya umumnya dihidangkan dengan dipanggang, dimulai dari tusuk sate cumi, udang, kerang, lobster, sampai ikan yang dihidangkan dengan cita-rasa pedas dari sambal khusus. Beberapa menu itu diperlengkapi dengan nasi, sayur, dan lahapan. Oke dech dasarnya!

Alamat: Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay, Jimbaran, South Kuta, Jimbaran, Bali 80361
Membuka: 08.00-23.00
Harga: ±Rp300.000 untuk dua orang

4. Warung Mak Beng (Halal)

Warung Mak Beng sebagai salah satunya rekreasi kulineran paling favorit dan legendaris di Bali. Warung makan yang telah berdiri semenjak tahun 1940-an ini selalu penuh oleh pengunjung dan jadi berlangganan sejumlah artis terkenal.

Bila di warung makan umumnya jual banyak menu, tetapi di Warung Mak Beng hanya ada satu menu yang dipasarkan, yakni ikan goreng + sayur sup kepala ikan + sambal + nasi.

Walau berkesan simpel, tetapi sup ikan di warung Mak Beng ini begitu enak dan sering menjadi opsi masyarakat lokal Bali atau pelancong.

Tenang, warung makan ini terhitung dalam tempat rekreasi kulineran halal dan tawarkan cita-rasa makanan ciri khas Bali yang tidak dapat diketemukan pada tempat lain.

Alamat: Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227
Membuka: 08.00-21.00
Harga: ±Rp200.000 untuk dua orang

5. Warung Wardani (Halal)

Nasi campur sebagai salah satunya makanan ciri khas Bali yang harus kamu coba saat bertandang ke Pulau Dewata. Nasi campur diWarung Wardani halal dan nikmat hingga jadi favorite warga lokal dan wisatawan asing. Aktris ibukota banyak juga yang makan di sini.

Warung makan ini kelihatan simpel tanpa AC dan semua lauknya ditempatkan dalam almari kaca. Menu yang ada berbagai macam, seperti dendeng sapi, sate sapi, sate lilit, udang goreng tepung, ayam suwir, telur bumbu bali, oseng kacang panjang, sambal matah, dan sambal merah. Kamu bebas pilih gabungan menu untuk nasi campur yang diminta.

Alamat: Jalan Yudistira No. 2, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232
Membuka: 08.00-16.00 WITA
Harga: ±Rp150.000 untuk dua orang

5. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Berlibur ke Bali tidak akan komplet bila tidak coba salah satunya icon rekreasi kulineran Bali ini. Apa lagi jika bukan ayam betutu punya Ayam Betutu Men Tempeh.

Selainnya ayam, bumbu betutu kerap dipakai untuk memproses bebek, lho. Rasanya yang pedas dipadukan dengan bumbu rempah ciri khas Bali tentu buat kamu mabok kepayang. Rasa Ayam Betutu Men Tempeh main nikmat karena diperlengkapi dengan sambal matah dan sayur plecing.

Sebagai info, Men Tempeh adalah figur sebagai srikandi kulineran Pulau Dewata yang bernama sejajar dengan pelopor kulineran lain, seperti Bu Agung Oka (babi guling Ubud) dan Made Mash (Made’s Warung).

Usaha kulineran ayam betutu di wilayah Gilimanuk ini telah ada semenjak tahun 1976. Legendaris sekali!

Alamat: Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252
Membuka: 07.00-21.30
Harga: ±Rp180.000 untuk dua orang

7. Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua (Non Halal)

Rekreasi kulineran Bali dikenal juga dengan babi gulingnya. Salah satunya babi guling yang populer dan legendaris di Bali ialah Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua.

Satu jatah babi guling Pak Dobiel terbagi dalam nasi putih, babi guling yang telah dipotong kecil-kecil, lawar, krupuk, dan sop babi.

Babi guling di warung ini memakai bumbu komplet (base genep) dan dipanggang di atas api sedang sepanjang 2 jam sampai kuning kecokelatan. Rasanya tidak perlu ditanyakan, ena sekali!

Warung ini selalu ramai oleh warga lokal karena rasa babi guling Pak Dobiel masih seperti masakan asli Bali. Tidaklah aneh bila tempat makan legendaris Bali ini selalu ramai konsumen.

Alamat: Jalan Srikandi No. 9, Nusa Dua, Benoa, Badung, Kabupaten Badung, Bali
Membuka: 10.00-16.00
Harga: ±Rp120.000 untuk dua orang

8. Sate Plecing Arjuna (Non Halal)

Sate plecing sebagai makanan ciri khas Bali yang jangan dilewati. Sate plecing sebagai sate babi bumbu manis yang dikasih sambal plecing hingga hasilkan cita-rasa yang membuat suka.

Tempat makan sate plecing terpopuler dan legendaris di Bali ialah Sate Plecing Arjuna. Tempat ini menyuguhkan menu sate plecing (babi dan sapi), sate sumsum, soto sapi, dan bakso sapi.

Walau tidak demikian luas dan tidak ada tempat parkirnya, lokasi yang dibangun semenjak 1990 ini tidak pernah sepi. Harus singgah dasarnya!

Alamat: Jalan Arjuna No. 47, Denpasar Utara, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar baca wisata pulau bidadari jakarta
Membuka: 09.00-16.30
Harga: ±Rp70.000 untuk dua orang

9. Sate Babi Bawah Pohon (Non Halal)

Banyak pelancong menjelaskan belum berlibur ke Bali namanya bila belum mencicip Sate Babi Bawah Pohon yang populer ini. Dahulunya, warung makan legendaris Bali ini cuman berbentuk tenda simpel yang berada di Parkir Gelora Tri Sakti Legian, Kuta.

Tetapi, sekarang lokasi Sate Babi Bawah Pohon Bali telah berpindah ke Jalan Campuhan I. Pengunjung yang tiba sampai ikhlas berbaris untuk mencicip sate babi dan menu yang lain yang populer sedap.

Hal yang khusus dari Sate Babi Bawah Pohon ialah dagingnya yang empuk. Rasanya renyah dan bumbunya demikian berasa sampai ke daging. Satu jatah sate babi terbagi dalam 10 tusuk sate yang dapat dikombinasi dengan nasi atau lontong, bergantung hasrat.

Alamat: Jalan Campuhan I – Dewi Sri No.I, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Membuka: 08.00-21.00
Harga: ±Rp160.000 untuk dua orang

Tertarik coba kulineran legendaris ciri khas Bali di atas? Yok, berlibur ke Bali bersama daftartour.com. Ditanggung nyaman dan tidak pakai repot. daftartour.com, the SMART way to travel!