Redmi Note 8 Pro Anda Bootloop? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Bootloop adalah masalah yang banyak dihindari para pengguna smartphone. Rasanya sangat menjengkelkan jika smartphone yang digunakan mengalami bootloop. Kondisi ini bisa terjadi pada semua smartphone. Bootloop merupakan kondisi di mana Anda tidak bisa masuk ke …

main image

Bootloop adalah masalah yang banyak dihindari para pengguna smartphone. Rasanya sangat menjengkelkan jika smartphone yang digunakan mengalami bootloop. Kondisi ini bisa terjadi pada semua smartphone. Bootloop merupakan kondisi di mana Anda tidak bisa masuk ke sistem Android seperti biasanya. Cara penanganannya pun beragam. Redmi Note 8 Pro pun sangat rentan mengalami bootloop. Jika penggunaan smartphone tidak sehat, maka kemungkinan bootloop sangat besar. Dan salah satu penyebabnya adalah akibat aktivitas flashing melalui bootloader mode atau recovery mode. Jika Redmi anda mengalaminya, berikut ini adalah solusinya sesuai masalahnya.

  1. Penyebab Bootloop

Bootloop bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sangat mudah untuk merusak smartphone, tetapi sulit untuk membuatnya kembali ke seperti semula. Adapun hal paling umum pada saat mengalami smartphone bootloop adalah di antaranya flashing paket yang rusak, flashing paket yang tidak cocok atau tidak kompatibel, metode flashing yang salah dan tidak sesuai, dan kombinasi dari ketiga aktivitas sebelumnya. Maka jika Anda ingin melakukan flashing, pastikan menggunakan paket flashing yang aman dan stabil. Versi yang digunakan pun perlu yang terbaru. Selain itu, metode yang digunakan pun harus yang terpercaya dan akurat.

  1. Bootloop Status 1

Jika Redmi anda mengalami masalah seperti bootloader terkunci, TWRP terinstal, dapat melakukan booting ke TWRP recovery dan tidak dapat booting ke sistem, maka ini bisa disebabkan karena proses flashing yang salah. Maka solusi atas masalah ini adalah Anda perlu melakukan pengunduhan Magisk dan DM-Verity Disabler versi terbaru. Gunakan kedua paket tersebut pada proses akhir flashing. Langkah yang perlu dilakukan adalah flashing ROM terlebih dahulu, Magisk, kemudian DM-Verity Disabler.

  1. Bootloop Status 2

Jika Redmi Anda mengalami masalah seperti bootloader terkunci, dengan atau tanpa custom recovery terinstal, dapat melakukan booting di bootloader atau mode fastboot dan tidak bisa booting ke sistem, maka ini dikarenakan banyak faktor. Adapun solusinya adalah re-install MIUI ROM pada Redmi Note 8 Pro anda. Singkatnya, Anda perlu mengunduh MIUI ROM versi stable terbaru. Kemudian install melalui ADB atau Fastboot. Caranya terbilang rumit. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

– Unduh dan Instal ADB Fastboot Drivers pada komputer anda

– Unduh Android Platform Tools, dan ekstrak paket ke komputer anda.

– Unduh versi stable terbaru dari MIUI Fastboot ROM untuk Redmi Note 8 Pro. Carilah spesifikasi build yang sesuai dengan smartphone anda.

– Ekstrak MIUI Fastboot ROM pada Redmi Note 8 Pro anda. Anda bisa menggunakan WinZip atau WinRAR.

– Lakukan Reboot ke Fastboot mode. Caranya dengan menekan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan. Jika smartphone menyala, maka matikan dahulu.

– Hubungkan Redmi Note 8 Pro ke komputer. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan pilihan kabel charging default.

– Ketikkan perintah:

fastboot flash system system.img

fastboot flash vendor vendor.img

fastboot flash cut cust.img

fastboot flash recovery recovery.img

– Lakukan reboot di TWRP dengan menggunakan perintah Fastboot Reboot.

– Smartphone anda akan reboot ke sistem MIUI.

Nah, demikian itu adalah serba-serbi terkait bootloop. Keadaan ini bisa terjadi pada semua smartphone, termasuk Redmi Note 8 Pro. Maka telitilah ketika hendak melakukan flashing atau kustom ROM. Dengan pembahasan ini, semoga anda bisa mengatasi masalah bootloop Redmi Note 8 Pro dengan solusi-solusi di atas.