Persiapan Penting saat Menghitung Biaya Persalinan

Biaya persalinan normal di klinik tidak sama dengan biasa persalinan ketika memilih melahirkan di RSUD yang bisa menggunakan jaminan kesehatan seperti BPJS. Tapi secara umum banyak sekali yang memberikan testimoni bahwa melahirkan di klinik lebih …

Persiapan Penting saat Menghitung Biaya Persalinan

Persiapan Penting saat Menghitung Biaya PersalinanBiaya persalinan normal di klinik tidak sama dengan biasa persalinan ketika memilih melahirkan di RSUD yang bisa menggunakan jaminan kesehatan seperti BPJS. Tapi secara umum banyak sekali yang memberikan testimoni bahwa melahirkan di klinik lebih di perhatikan di bandingkan di RSUD.

Jika berkaca dari orang-orang yang melakukan persalinan di klinik, yang menjadi keluhan utama adalah biaya persalinan normal di klinik yang bisa di bilang fantastis. Meskipun banyak ahli terkhususnya di bidang kesehatan dan keuangan yang menyangkal bahwa biaya persalinan tersebut tidaklah mahal.

Terlepas dari mahal atau tidaknya biaya persalinan tersebut ada beberapa hal yang harus di persiapkan jika memutuskan untuk melahirkan di klinik.

  1. Persiapkan biaya untuk bersalinan

Biaya bersalin memang seharusnya di persiapkan jauh-jauh hari bahkan kalau perlu biaya tersebut sudah mulai di sediakan sebelum anda mengandung.

Salah satu solusi paling gampang mempersiapkan biaya persalinan adalah dengan membuang tambungan tersendiri secara terpisah khusus untuk biaya bersalin di klinik ataupun di RSUD.

Perlu di ingat bahwa biaya bersalin juga di pengaruhi dari kelas yang di ambil, karena pada umumnya rumah sakit ataupun klinik menyediakan kelas tersendiri sesuai dengan kesanggupan kita membayar biaya persalinan tersebut. Belum lagi jika terdapat obat tambahan atau ketika ibu dan bayi mengalami masalah gawat darurat yang membutuhkan penanganan cepat.

  1. Biaya yang di keluarkan selama bersalin

Biaya yang di keluarkan saat bersalin tidak hanya biaya obat, biaya klinik dll Tapi juga harus memilikirkan biaya makan, biaya transportasi dll yang keliatannya sepele tapi ketika di hitung ternyata lumayan menguras uang di dompet.

  1. Survei klinik bersalin

Memang benar bahwa tujuan kita melakukan persalinan di klinik adalah supaya bisa melahirkan secara normal. Tapi kita juga harus menyiapkan kemungkinan terburuk apabila harus melakukan operasi caesar karena alasan tertentu. Jadi pastikan klinik selain melayani bersalin normal tapi juga melayani bersalin secara caesar agar sebagai pasien bisa di layani dengan cepat tidak harus di rujuk kesana kemari.

Jika melihat dari orang-orang yang bersalin secara caesar di klinik mereka menghabiskan biaya yang bervariasi mulai dari 15-30juta.

  1. Kebutuhan dan perlengkapan bayi

Melahirkan tidak melulu soal biaya melahirkan, tapi juga harus menyiapkan biaya untuk membeli baju bayi, popok, bedong, bedak dll Barang-barang ini memang terlihat kecil, tapi berdasarkan pengalaman pribadi uang yang di habiskan bisa 500ribu hingga jutaan tergantung dari kualitas barang yang di pilih.

  1. Dana kepepet saat darurat

Setelah menyiapkan dana untuk empat point di atas, pastikan untuk menyiapkan dana darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Angka ini tidak bisa di prediksi, ada baiknya siapkan sebanyak dan semampu anda menabung.

Satu hal yang bisa bisa di gunakan untuk mereka yang memiliki BPJS Mandiri bukan dari pemerintah, bisa menggunakan kartu BPJS untuk melakukan persalinan di Klinik. Karena ada beberapa klinik yang bersedia melayani persalinan dengan kartu BPJS, oleh sebab itu anda harus meluangkan waktu untuk melakukan survei klinik yang support akan BPJS.