Mengenal Permainan Lompat Tali

Permainan lompat tali merupakan permainan legendaris dari masa ke masa yang tidak pernah terkikis oleh perkembangan zaman. Mungkin, baru akhir-akhir ini permainan lompat tali sedikit ditinggalkan karena kemajuan teknologi yang semakin merajalela. Namun, tak dapat dipungkiri, bahwa permainan yang satu ini memiliki sejarah yang menyenangkan bagi para pemainnya dahulu kala.

Alat yang Digunakan Permainan Lompat Tali

Permainan lompat tali sendiri belum diketahui dengan jelas bagaimana dan dari mana asal usulnya. Bagi kamu yang pernah memainkan permainan ini bersama teman-teman pasti tahu betapa menyenangkannya bermain lompat tali ini. Permainan lompat tali sendiri menggunakan sebuah alat yang juga menjadi nama permainan tersebut, yaitu sebuah tali.

Pada umumnya, tali yang dipakai dalam permainan lompat tali menggunakan berbagai macam jenis tali yang ada. Seperti contohnya tali karet, tali ikat rambut, dan lain sebagainya. Kemudian, tali-tali yang terkumpul tersebut akan digabungkan dengan simpul yang akan membuat satu tali berikatan dengan tali lainnya. Biasanya tidak ada aturan baku seberapa panjang karet yang akan dibentuk. Karena hal tersebut tergantung pada selera pembuatnya.

Cara Bermain Permainan Lompat Tali

Dalam penerapannya, permainan lompat tali bisa dimainkan oleh berapapun jumlah orangnya. Baik hanya satu, dua atau banyak orang. Karena  sistem permainannya akan berbeda tergantung jumlah pemain. Jika individu, ujung tali karet akan dipegang oleh kedua tangan dan diayunkan melewati atas kepala dan bawah kaki. Sama seperti namanya, permainan ini mewajibkan pemainnya untuk melompat.

Jika dilakukan lebih dari dua orang, maka dua orang akan ditugaskan menjadi pemegang ujung tali. Sementara pemain yang lainnya akan mulai bermain lompat tali dengan berbagai macam gaya. Permainan lompat tali merupakan permainan mudah dan biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan ketika pulang sekolah.

Tak hanya sekadar sebagai hiburan belaka, ternyata permainan lompat tali juga memiliki manfaat seperti menambah tinggi badan secara tidak sengaja, melatih ketangkasan, melatih kecepatan, dan tentunya menambah rasa solidaritas antar sesame teman. Bagaimana, apakah kamu juga pernah memainkan permainan yang satu ini?