Perhatikan Perbedaan Robusta Dan Arabica Dari Beragam Segi

Perhatikan Perbedaan Robusta Dan Arabica Dari Beragam Segi

Kopi adalah bahan produk minuman yang tidak langka, namun umum di masyarakat dalam menemani aktivitas yang cukup padat. Bagi pecinta kopi tentunya tidak asing dengan kata robusta dan arabica. Kedua kopi ini memiliki ciri khas yang berbeda. Maka Anda perlu mengetahui beda robusta dan arabica.

Perbedaan Kandungan Kopi

Sebenarnys, kopi di dunia ini ada banyak sekali, tetapi yang paling terkenl adalah kopi robusta (Coffea canephora) dan arabica (Coffea arabica). Perbedaan jenis antara keduanya menyebabkan rasa kedua kopi ini memiliki perbedaan yang sama-sama khas.

Asal Kedua Kopi

Kopi arabica adalah jenis kopi yang ditemukan di Ethiopia pertama kali. Kopi jenis ini banyak ditanam di ketinggian antara 610-1830 meter di atas permukaan air laut. Sementara kopi robusta banyak di tanam di daerah dengan ketinggian yang lebih rendah. Negara pengekspor kopi robusta di dunia ini adalah Indonesia, Brasil, dan Vietnam.

Harga Kedua Kopi

Membicarakan harga kedua kopi, ada perbedaan mendasar yang cukup signifikan. Sebesar 70 %, pasar kopi di dunia banyak didominasi oleh kopi arabica. Bahkan harga kopi arabica cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kopi robusta. Hal yang menyebabkan adalah pada kopi arabica perawatan tidak seperti kopi robusta yang lebih sederhana. Tanaman kopi arabica lebih rumit karena pertumbuhan kopi harus berada di lingkungan berudara sejuk, tetapi jika suhu terlalu dingin akan mati. Sementara kopi robusta cenderung tumbuh di wilayah bercuaca panas dan juga lebih murah karena tidak mudah terkena penyakit, berbeda dengan kopi arabica yang rentan terkena penyakit.

Di samping itu, kopi robusta lebih banyak diolah dalam bentuk kopi instan. Dari segi hasil produksi kopi, robusta lebih banyak dibandingkan arabica yakni perhektar bisa mencapai 2300 sampai 4000 kg. Berbeda dengan arabica yang perhektarnya hanya sekitar 1500 sampai 3000 kg.

Lokasi Penanaman

Perbedaan yang cukup mendasar lagi adalah lokasi penanaman kopi yang berbeda. Kopi arabica umumnya bisa ditanam di atas tanah dengan ketinggian 700 sampai 1700 kaki di atas permukaan air laut atau lebih dikenal dengan daerah pegunungan. Biasanya suhu udara diantara 16 sampai 20 derajat Celcius. Berbeda pula dengan kopi robusta yang tumbuh di wilayah berketinggian di bawah 700 m di atas permukaan air laut. Bahkan suhu udaranya juga berbeda.

Nestle menghadirkan Espresso intenso yang berisi paduan kopi robusta dan arabica yang sangat kuat. Cita rasa yang nikmat oleh crema yang lembut dipadukan dengan cita rasa rempah dan buah dalam waktu bersamaan.

Demiikian tentang beda robusta dan arabica dari beragam segi penilaian. Semuanya akan nikmat dengan dipadukan pula perasaan Anda selama menyeruputnya. Tentukan cita rasa yang berbeda itu mulai dari sekarang yang sesuai dengan suasana hati Anda.