distributor alat safety

Ada ribuan kecelakaan pada industri konstruksi bangunan.  Itu sebabnya keselamatan lokasi konstruksi harus menjadi prioritas utama setiap tim konstruksi.

Sama seperti industri lainnya, konstruksi memiliki bahayanya sendiri. Tanpa peralatan keselamatan konstruksi yang tepat, kehidupan pekerja konstruksi dapat terancam.

Memiliki protokol keselamatan adalah suatu keharusan bagi perusahaan konstruksi. Berikut adalah daftar peralatan keselamatan konstruksi yang harus dapat diakses oleh setiap pekerja konstruksi:

1.Pelindung Kepala (Helm/Topi)

Orang-orang yang mengunjungi lokasi konstruksi sering berpikir bahwa mereka dapat pergi tanpa mengenakan helm konstruksi. Karena mereka tidak benar-benar bekerja, mereka tidak harus memakai pelindung kepala, kan? Salah.

Proyek yang melibatkan ketinggian selalu menimbulkan ancaman benda jatuh. Setiap pekerja atau pengunjung yang tidak memiliki topi keras dapat menderita cedera kepala serius akibat benda jatuh.

Helm Konstruksi memiliki bahan khusus untuk melindungi kepala. Mereka terbuat dari polietilen densitas tinggi, dan terkadang dilengkapi dengan fitur peredam bising, pelindung wajah, dan bahkan radio.

  1. Perlindungan Kaki

Jatuh merupakan 14% dari kematian di tempat kerja pada tahun 2016. Sayangnya, banyak jatuh yang fatal terjadi karena tersandung atau terpeleset. Perancah atau tangga yang tidak aman dapat membuat situasi menjadi lebih berbahaya.

Alas kaki yang tepat adalah salah satu produk keamanan yang paling penting dalam mencegah jatuh. Pekerja konstruksi harus memakai sepatu yang anti slip dan tahan terhadap tusukan.

Sepatu bot berujung baja juga berguna untuk melindungi kaki pekerja. Benda yang jatuh selalu berisiko melukai kaki pekerja, mengakibatkan patah tulang dan ketidakmampuan untuk berjalan.

  1. Sarung Tangan

Sayatan, luka bakar, dan tusukan adalah cedera tangan yang paling umum di antara pekerja konstruksi. Dengan peralatan keselamatan konstruksi yang tepat, pekerja tidak perlu dikirim ke ruang gawat darurat dengan cedera tangan yang melemahkan.

Mayoritas pekerja yang mengalami cedera tangan tidak memakai sarung tangan atau tidak memakai jenis sarung tangan yang benar. Pekerja harus mengenakan sarung tangan setiap kali mereka berurusan dengan benda tajam, menangani bahan kimia, atau mengalami cuaca ekstrem.

Sepasang sarung tangan sederhana tidak cocok. Sarung tangan kelas komersial dengan cengkeraman yang kuat dapat menjaga keselamatan pekerja.

  1. Selimut Api

Kemungkinan kebakaran ada di lokasi konstruksi, terutama jika pekerjaan melibatkan peralatan listrik. Kebakaran dapat dimulai dari kabel, kabel, atau pipa listrik yang rusak.

Memiliki bahan pengaman untuk kebakaran konstruksi dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalkan kerusakan akibat kebakaran. Selimut api yang terbuat dari bahan tahan api dapat membantu. Ketika selimut api ditempatkan di atas api, selimut itu memotong suplai oksigen api dan berhasil memadamkannya.

Dalam keadaan darurat, itu dapat dilemparkan ke atas api untuk mencegahnya terbakar dengan cepat ketika alat pemadam kebakaran tidak ada.

  1. Peralatan Visibilitas

distributor alat safetyKetika kru konstruksi bekerja di jembatan atau jalan, sangat penting bagi mereka untuk memakai peralatan visibilitas. Pakaian reflektif dan warna cerah yang dikenakan oleh pekerja memungkinkan pengemudi untuk dengan mudah melihatnya dari kejauhan.

Pekerja yang tidak memakai jaket reflektif, rompi, celana panjang, atau jumpsuits meningkatkan kemungkinan tertabrak mobil atau menyebabkan kecelakaan mobil.

  1. Kendaraan dengan Fitur Keamanan

Sebelum menuju ke zona konstruksi, semua kendaraan harus diuji untuk memastikan fitur keselamatannya berfungsi. Banyak pekerja konstruksi terluka atau terbunuh oleh kendaraan yang tidak berfungsi dan peralatan konstruksi.

Beberapa item yang harus dimiliki semua kendaraan termasuk klakson yang keras, alarm cadangan, kaca pengaman bening, kaca spion yang berfungsi, sabuk pengaman yang berfungsi, lampu depan yang terang, dan lampu rem, serta wiper kaca depan yang tepat.

  1. Pelindung Mata

Kacamata pengaman , atau pelindung wajah, diperlukan saat bekerja di lokasi konstruksi. Cedera pada mata atau wajah biasanya disebabkan oleh benda yang menembus mata. Pengelasan, pemotongan, penggunaan paku, dan pekerjaan beton menempatkan pekerja pada risiko yang lebih tinggi untuk cedera mata atau wajah.

Pekerjaan yang melibatkan asap, pekerjaan utilitas, dan bahan kimia beracun juga dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan. Sangat penting bagi perusahaan konstruksi untuk memastikan bahwa setiap karyawan memakai kacamata pengaman saat berhadapan dengan benda terbang, gas, asam, logam cair, dan bahaya lainnya.

  1. Barikade dan Tanda

Mungkin tampak jelas untuk menempatkan barikade atau tanda di dekat lokasi konstruksi, tetapi terkadang diabaikan. Memiliki tanda-tanda yang terlihat dapat mengingatkan pengemudi dari zona konstruksi. Ini mencegah pengemudi melaju kencang melalui area kerja atau secara tidak sengaja mengemudi melalui zona konstruksi.

Signage yang tepat tidak hanya meningkatkan keselamatan pengendara, tetapi juga mencegah cedera atau kematian pekerja konstruksi.

Menariknya, kita bisa mendapatkan peralatan tersebut melalui distributor alat safety, bahkan kadang malah di sediakan langsung oleh perusahaan pemilik proyek konstruksi tersebut.

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/