Penyebab Stroke, Gejala dan Pencegahannya

Penyebab Stroke, Gejala dan Pencegahannya

Stroke adalah penyakit yang cukup banyak menjadi momok semua kalangan masyarakat. Pasalnya penyakit ini selalu datang tiba-tiba. Ada banyak penyebab stroke dan gejalanya agar kamu bisa lebih waspada dan bisa terhindar dari penyakit tersebut. Umumnya setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda namun penyebab dan cara pencegahannya hampir sama. Bagi kamu yang penasaran berikut ini informasinya.

Inilah Penyebab Stroke, Gejala Serta Cara Mencegahnya

1. Penyebab stroke

Stroke merupakan penyakit yang timbul karena kurangnya pasokan darah yang mengalir ke otak yang disebabkan beberapa faktor seperti pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah. Bahaya kurangnya pasokan darah bisa mematikan sel otak sehingga tubuh mati dan tidak dapat digerakkan.

Selain penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah, penyebab stroke sangat beragam seperti efek samping dari obat untuk mengencerkan darah, darah tinggi bahkan hipertensi. Stroke juga bisa disebabkan karena kolesterol, peningkatan gula darah bahkan obesitas.

2. Gejala yang timbul ketika terkena stroke

Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda karena penyebab stroke yang beragam jenisnya. Namun yang paling umum ketika stroke mulai menyerang yaitu sebagai berikut:

  • Kesemutan

Pada beberapa keadaan tertentu stroke datang dengan gejala kesemutan. Perlahan-lahan badan akan kesemutan hingga akhirnya menjadi mati rasa dan badan tidak dapat digerakkan.

  • Lengan tidak bisa digerakkan

Hampir sama dengan sebelumnya, pada bagian lengan baik kedua maupun salah satunya sulit untuk digerakkan. Gejala stroke satu ini paling banyak dialami karena sangat mudah dikenali.

  • Menurunnya satu bagian wajah

Gejala menurunnya salah satu bagian wajah ini biasanya dialami jika stroke sudah cukup parah. Beberapa bagian seperti mulut, dagu, pipi, mata dan dahi juga ikut menurun sehingga membuat penderitanya kesulitan berbicara.

  • Mengalami kendala saat berbicara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akibat penurunan beberapa bagian wajah membuat penderita stroke kesulitan bicara. Apabila stroke sangat parah bahkan sekadar berbicara sangat susah karena sel yang menghubungkan ke otak melambat.

3. Cara yang tepat mencegah stroke

  • Hidup sehat

Untuk mencegah datanya stroke, kamu bisa mengatur gaya hidup sehat mulai saat ini. Bisa diawali dengan mengatur pola makan dengan menghindari makanan yang tidak sehat, mencoba rutin untuk berolahraga serta menghindari alkohol maupun rokok.

  • Mempunyai jaminan

Yang dimaksud dengan jaminan di sini yaitu asuransi. Sudahkah kamu memiliki asuransi? Jika belum sudah saatnya sekarang kamu memiliki asuransi kesehatan keluarga dari Super You yang bernama Super Strong Protection. Produk tersebut ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis serta asuransi jiwa dengan premi mulai Rp 28.500/ bulan.

Setelah mengetahui penyebab stroke beserta gejalanya, alangkah baiknya kamu mencegahnya dengan mencoba untuk hidup sehat. Selain itu, memiliki asuransi kesehatan juga menjadi sebuah keharusan agar ketika berada di situasi mendesak kamu punya solusi.