Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan. Hewan sebagai salah satunya makhluk hidup yang bisa berdampingan dengan manusia. Ada beberapa macam hewan yang bisa setia ke pemiliknya sepanjang umur mereka, diantaranya ialah kucing. Menurut …

Cara mengatasi kucing tidak mau makan
Cara mengatasi kucing tidak mau makan
Cara mengatasi kucing tidak mau makan

Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan. Hewan sebagai salah satunya makhluk hidup yang bisa berdampingan dengan manusia. Ada beberapa macam hewan yang bisa setia ke pemiliknya sepanjang umur mereka, diantaranya ialah kucing.

Menurut survey pemilikan kucing di jakarta saja nyaris capai 30.000 owner, ini belom terhitung komunitas kucing liar yang berada di jalan.

Kucing sebagai salah satunya hewan mamalia yang memiliki karakter lucu dan bisa mempunyai kesetiaan yang tinggi bila bisa dirawat secara baik.

Dalam menjaga satu ekor kucing sendiri, sudah pasti dibutuhkan banyak pengetahuan supaya kucing bisa selalu sehat. Sudah pasti, ini sendiri tidak terlepas dari permasalahan makanan yang diberi.

Kunci dari hewan yang sehat ialah mereka mau makan dengan lahap dan minum dengan teratur. Akan tetapi bagaimana bila kucing tiba-tiba tidak mau makan? Ada banyak penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang perlu dipahami, di mana pemicunya banyak dan cara mengatasi harus bisa disamakan dengan diagnosis kenapa kucing tidak mau makan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Sebagai seorang pemilik satu ekor kucing, Anda tidak perlu memberikan makan atau ajak kucing bermain. Tapi juga perlu memerhatikan perilaku kucing yang bisa memberikan jika ada permasalahan pada tubuh mereka.

Sudah pasti hal pertama kali yang harus dimengerti ialah mengenai rutinitas makan kucing. Jika kucing berlagak dengan tidak mau makan kemungkinan jadi kecemasan yang besar untuk Anda. Kucing bila tidak makan dalam satu hari akan membuat metabolisme badannya terusik. Oleh karena itu, penting agar bisa memerhatikan persoalan kucing bila tidak mau makan ini.

Karena itu daripada itu penting agar bisa mengenal penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan dengan benar dan baik. Berikut ialah penyebab dan cara menanganinya :

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Ada banyak penyebab kenapa kucing tidak mau makan, berikut ini ialah beberapa pemicunya :

Macam Makanan

Makanan yang Anda beri menjadi salah satunya penyebab kucing tidak ingin makan.

Ini sendiri karena kucing berasa jemu dengan makanan yang serupa. Ya, kucing sama dengan manusia, di mana mereka dapat jemu dengan makanan yang itu melulu.

Karena itu penting diingat tipe makanan yang dicintai oleh kucing supaya Anda sebagai owner bisa memberi menu makanan lain.

Gairah Makan

Kembali lagi sama dengan manusia, kadang kucing juga bisa kehilangan gairah makan.

Bukan lantaran penyakit namun dapat karena kekurangan vitamin yang masuk di pada tubuh mereka.

Sebagai pencinta kucing juga Anda harus memerhatikan semua kandungan vitamin yang masuk di pada tubuh kucing agar membuat kucing masih lahap makan.

Sakit Mulut

Sakit mulut pada kucing sendiri bukan hal yang tidak kemungkinan terjadi. Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan karena sakit mulut ini sendiri harus memperoleh perhatian extra.

Ini sendiri karena kucing yang merasakannya akan kehilangan gairah makan dan akan sakit di saat kunyah atau menelan.

Untuk ketahuinya apa kucing alami sakit mulut, Anda bisa buka mulut kucing dan menghirup bau mulut mereka. Bila ada cedera dan mulut kucing berasa berbau bisa ditegaskan kucing alami sakit mulut.

Mekanisme Pencernaan Alami Bermasalah

Sama seperti yang sudah disebut jika kucing mempunyai mekanisme pencernaan yang paling peka hingga kerap kali alami masalah. Di saat kucing alami permasalahan pencernaan ini, kucing akan kehilangan gairah makan.

Penyebab mereka tidak mau makan karena permasalahan pencernaan ini sendiri harus bisa jadi perhatian dengan cermat.

Karena banyak pemicunya yang membuat pencernaan kucing alami masalah, seperti makanan yang tidak pas, ada benda asing yang masuk di dalam mekanisme pencernaan, ada parasit seperti cacing dan bakteri yang lain.

Malas

Ada saatnya satu ekor kucing sendiri akan rasakan malas yang umum terjadi, khususnya tipe ras kucing persia. Ini sendiri bukanlah hal yang penting dicemaskan terlalu berlebih, cukup ajak kucing melakukan aktivitas seperti bermain dan pancing dengan makanan kegemarannya. ( baca : 7 rutinitas jelek kucing)

Stress

Kucing sebagai salah satunya hewan yang bakal benar-benar gampang stress. Stress ini disebabkan karena banyak karena, mulai dari pengubahan lingkungan sampai kurang perhatian.

Ini sendiri bisa memacu kucing akan berhenti untuk makan. Oleh karena itu selalu lihat seluruh keperluan kucing Anda.

Periode Birahi

Di saat periode birahi kucing akan alami permasalahan kehilangan gairah makan. Ini sendiri sebagai proses yang paling lumrah, karena di saat birahi kucing makin lebih konsentrasi untuk cari pasangan dan kawin.

Apabila kucing tidak bisa salurkan birahinya ini karena itu kucing akan tertekan dan tidak ingin makan sama sekalipun.

Pengubahan Cuaca

Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang setelah itu karena pengubahan cuaca.

Kucing sendiri benar-benar menyenangi keadaan cuaca yang hangat, hingga pada cuaca yang panas kucing akan cenderung pilih untuk tidur dan pada cuaca dingin akan cenderung pilih minum susu yang hangat daripada pilih untuk makan. Sebagai seorang pemilik upayakan temperatur ruang Anda berasa hangat dan kering.

Sakit

Sakit pada kucing sendiri tidak selalu sakit mulut atau permasalahan pencernaan saja. Ada banyak penyakit yang lain bisa serang kucing kecintaan Anda.

Beberapa ciri kucing sakit sendiri selalu disertai dengan muntah-muntah dan kehilangan gairah makan. Pemicunya karena sakit ini sendiri harus pas dan sesuai diagnosis yang diberi.

Banyak tipe penyakit yang bisa serang kucing, salah satunya ialah infeksi pada pankreas, kanker, pengubahan lingkungan pada bakteri usus, virus, dan ada banyak kembali.

Sama seperti yang dijumpai penyebab kucing tidak mau makan sendiri menjadi salah satunya tanda jika kucing sedang terserang penyakit yang serius. Oleh karena itu perlu Anda kenali beberapa penyaki beresiko yang bisa serang kucing kesayanganmu:

FPV (Feline Panleukopenia Virus): FPV sendiri sebagai salah satunya virus yang seringkali serang kucing, di mana virus ini sendiri bisa menyebar lewat benda apa saja yang terserang kotoran, urin dan liur dari kucing yang telah terinveksi. Kucing yang terserang virus ini sebelumnya akan terserang demam, tidak mau makan dan lemas sepanjang 1-2 hari. Kemudian kucing akan alami muntah dan pup darah bila virus telah menebar semuanya. Penyakit ini sebagai salah satunya penyebab paling tinggi kematian pada kucing, sedang pada anak kucing tidak akan teridentifikasi dan mengakibatkan kematian tiba-tiba.

FCV (Feline Calici Virus): Virus ini sendiri akan serang aliran pernapasan, mulut, mekanisme pencernaan, otot dan tulang. Tanda-tanda yang bakal kelihatan pada kucing ialah raibnya gairah makan, mata berair, hidung berlendir, cedera atau sariawan pada lidah atau bibir, kesusahan bernapas dan persendian pada kucing akan alami infeksi dan sakit. Pada kasus yang berat kucing akan alami pneumonia, hepatitis, dan pendarahan. Virus ini sendiri segera dapat menyebar melalui lendir mata dan hidung, mengisap virus dari bersin dari kucing yang terkena, pemakaian mangkok makan dan litterbox bersama, dan kontaminasi lingkungan dari kucing yang telah terkena.

Chlmydophilosis: Virus ini sendiri disebabkan karena bakteri Chlamydiasis felis yang umumnya serang anak kucing yang berumur 5 sampai 12 minggu. Tanda-tanda yang bakal kelihatan ialah kucing akan demam, bersin, hidung berair, kehilangan gairah makan, dan mata akan alami infeksi. Bila virus ini tidak diobati secepat-cepatnya. Karena itu dalam kurun waktu dua bulan virus ini akan menyebar lewat lendir dan bisa membuat penyakit akan semakin kronis. Penyembuhan sendiri akan memerlukan waktu yang paling lama seputar 2-3 minggu apabila mata kucing telah meradang kronis, karena itu harus ambil perlakuan operasi pengangkatan mata.

FIP (Feline Infectious Peritonitis): Penyakit ini disebabkan karena virus Feline coronavirus (FCoV). Penyebaran virus ini sendiri bisa lewat liur atau plasenta anak dari induknya. Kegarangan virus ini sendiri bergantung dari ketahanan tubuh dari kucing yang terkena> Bila badan kucing pada kondisi kurang kuat bisa mengakibatkan kematian.

FIV (Feline Immunodefisiensi Virus): Virus ini sendiri benar-benar lamban untuk menebar dalam tubuh kucing. Hal ini benar-benar serupa pada virus HIV pada manusia. Di mana virus ini akan merusak mekanisme ketahanan tubuh pada kucing dan mengakibatkan kucing akan diserang bermacam tipe penyakit, yang lain bisa mengakibatkan kematian.

FR (Feline Rhinotracheitis): Virus ini sendiri akan serang mekanisme pernafasan pada kucing. Hal ini bisa mengakibatkan kematian jika ketahanan tubuh kucing benar-benar kurang kuat. Tanda-tanda yang bisa disaksikan ialah selalu bersin-bersin. Keluarnya lendir bening atau hijau pada hidung kucing, demam, mata selalu keluarkan kotoran, tidak bisa membaui, radang mata yang membuat kucing seringkali pejamkan mata mereka, lemas dan keguguran.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Adapun cara untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan ini, di mana cara ini benar-benar gampang dilaksanakan di dalam rumah. Berikut ialah langkahnya:

Makanan Yang Bervariatif

Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang pertama dengan memberi makanan yang bervariatif.

Sama seperti yang di jumpai jika kucing dapat jemu dengan makanan yang cuman satu jenis saja. Upayakan untuk memberi makanan yang lain dan masih dalam kandungan nutrisi yang pas untuk kucing Anda.

Dekatkan Makanan Ke Hidung Kucing

Hal yang seterusnya agar bisa membuat kucing mau makan dengan dekatkan makanan ke dalam hidung kucing. Dengan cara ini sendiri akan membuat kucing membaui makanan yang di rasa nikmat. Dan bisa mengonsumsi makanan yang Anda beri dengan lahap.

Memberi Vitamin Tambahan

Jika kucing kelihatan benar-benar tidak gairah makan, Anda bisa memberi vitamin tambahan yang bisa menambahkan gairah makan kucing kecintaan Anda. Beri vitamin yang bisa Anda beli ke petshop paling dekat.

Cek Up Dokter Hewan

Penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang paling akhir dengan bawa kucing ke dokter hewan. Supaya memperoleh diagnosis yang tepat. Dengan bawa ke dokter hewan karena itu Anda akan ketahui permasalahan apa yang dirasakan oleh kucing kecintaan Anda.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang dapat tim brendankeeley.com sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk cat lovers. Terima kasih