Penyebab Anak Susah Tidur serta Gelisah di Malam Hari

Susah tidur adalah salah satu soal yang acapkali ditemui oleh orang dewasa. Akan tetapi, tahukah Anda jika soal ini bisa juga menghantam anak-anak? Kasus anak susah tidur terkadang sukar diterka. Dikarenakan, bisa saja situasi ini disebabkan karena penyebab yang tidak jelas. Dalam suatu hari, kemungkinan anak susah tidur sebab asyik bermain, sementara di hari yang lain mereka susah tidur lantaran ketakutan.

Situasi ini tentu jangan didiamkan. Tidur adalah kebutuhan yang perlu untuk perkembangan anak, jadi sudah pasti penting disanggupi. Buat menanggulanginya, silahkan kita pahami lebih dahulu penyebab-penyebab umum anak susah tidur.

Penyebab anak susah tidur

Anak umur 6-12 tahun butuh sekitaran 10-11 jam tidur tiap malam, sementara remaja butuh kurang lebih 9 jam tidur tiap malam. Bila kebutuhan itu tak tercukupi, karena itu perkembangan mereka dapat terusik.

Tersebut sejumlah penyebab anak susah tidur dan gelisah di malam hari yang bisa mengganggu perkembangan mereka:

1. Ketakutan
Berasa ketakutan waktu masuk jam tidur jadi salah satu penyebab khusus anak susah tidur. Waktu akan tidur, beberapa anak terasa takut dapat kegelapan atau mungkin tidak sukai sendirian.

Bahkan juga dalam fantasinya, mereka bisa dengar beberapa suara menakutkan yang makin membuat takut serta susah tertidur. , bersamaan pertambahan umur, ketakutan ini rata-rata akan memudar.

2. Terlambat tidur
Terlambat tidur karena main hp, melihat TV, atau bermain permainan bisa mengakibatkan anak susah tidur. Kian terlambat anak tidur, jadi waktu tidurnya jadi lebih larut. Soal ini bisa jadi rutinitas maka dari itu anak tidak bisa tidur lebih dini.

3. Mimpi buruk
Mimpi buruk dapat saja penyebab anak tidur gelisah di malam hari. Mimpi buruk di anak bisa lebih banyak muncul lantaran anak melihat film, acara TV, atau membaca narasi yang mencekam, atau punya kandungan kekerasan saat sebelum tidur.

Anak yang kerap mimpi buruk, atau takut merasakan mimpi buruk, juga dapat kepelikan untuk tidur. Perihal ini kerap kali membuat anak terus terlindungi karena takut mengenyam mimpi buruk bila dia tertidur.

4. Berasa tidak nyaman

anak susah tidur 2

Kalau anak berasa tak nyaman sebab kamar terlampau panas, sangat dingin, sumpek, maupun ramai, jadi ini bisa bikin mereka susah untuk tidur.

Membentuk kondisi kamar yang nyaman penting untuk menolong anak tidur dengan pulas. Diluar itu, rasa lapar yang mengganggu bisa pula membikin anak susah tidur.

5. Khawatir dan stres
Penyebab anak gelisah serta susah tidur malam mungkin saja berawal dari rasa khawatir serta stres berkaitan beragam perihal. Menjadi contoh stres karena “dibebani” pekerjaan sekolah yang banyak, persoalan dengan kawan, dimarahin orang tua atau guru, dsb.

Diluar itu, kebanyakan pekerjaan bisa pula bikin anak stres hingga banyak pemikiran dan susah tidur.

6. Ada peralihan besar
Pengubahan besar dalam kehidupan atau kebiasaan rutin harian anak bisa sebabkan problem tidur pada anak. Perpisahan, kematian, sakit, atau berpindah ke kota baru bisa pengaruhi potensi anak untuk tidur. Waktu-waktu sukar pada peralihan ini bisa membikin anak susah tidur.

7. Konsumsi cafein
Konsumsi soda atau minuman tambah energi bisa menimbulkan anak susah tidur. Beberapa macam minuman bersoda, dan sejumlah besar minuman tambah energi dan gula tinggi punya kandungan cafein yang bisa mengganggu tidur.

8. Efek samping obat-obatan tertentu
Anak susah tidur bisa pula dipicu efek samping dari obat-obatan khusus yang dimakannya, seperti obat yang dipakai buat ADHD, antidepresan, kortikosteroid, dan antikonvulsan. Obat-obatan itu dapat menimbulkan insomnia pada anak.

Disamping itu, ada sekian banyak penyakit yang bisa sebabkan anak susah tidur. Sejumlah salah satunya yaitu:

– Sleep apnea (masalah tidur di mana pernafasan terganggu)
– Asma yang membikin batuk-batuk
– Eksim yang sebabkan gatal-gatal
– Autisme, keterbelakangan mental, serta sindrom Asperger.