Pelatihan pengasuhan positif anak usia dini sesuai bersama dengan tahapan perkembangannya udah berhasil dijalankan oleh tim pengabdian penduduk dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) terhadap hari Sabtu dan Minggu, tanggal 8-9 Mei 2021 bertempat di TPA Melati Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Malang Jalan Surakarta No. 7C Kota Malang.

Kegiatan pelatihan ini sendiri merupakan sebuah wujud implementasi tidak benar satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian penduduk di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM).

Ibu Rezka Arina Rahma, S.Pd., M.Pd. selaku ketua tim pengabdian menuturkan bahwa kesibukan pelatihan pengasuhan positif anak usia dini sesuai bersama dengan tahapan perkembangannya ini diikuti oleh orang tua dan pengasuh TPA Melati DWP UM bersama dengan obyek untuk menaikkan kemampuan pengasuhan anak dan menaikkan keterampilan komunikasi bersama dengan anak usia dini bagi orang tua maupun pengasuh di TPA trust nannies bali  Melati agar anak sanggup berkembang sesuai bersama dengan tahapan perkembangan yang dimilikinya. Kegiatan pelatihan ini dijalankan secara offline dalam dua hari berturut-turut bersama dengan gunakan protokol kesehatan yang ketat.

Materi-materi yang diberikan sepanjang pelatihan terjadi disampaikan oleh Ibu Rosyidamayani Twinsari Maningtyas, S.Psi,. M.Pd. yang udah memiliki pengalaman di bidang pengasuhan anak usia dini. Kegiatan pelatihan ini termasuk gunakan pendekatan sharing plus care dimana orang tua dan pengasuh TPA Melati DWP UM tidak hanya hanya mendengarkan materi saja tetapi termasuk diajak untuk  share atau sharing dan bertukar pengalaman seputar pengasuhan anak usia dini dan bagaimana langkah mengerti anak terhadap tiap tiap tahapan perkembangannya.

Selain share, pelatihan ini termasuk menerapkan care yaitu trip dan trik komunikasi yang baik dan benar kepada anak usia dini serta tehnik disiplin yang sesuai bersama dengan keinginan dan menyenangkan untuk anak usia dini, gara-gara bersama dengan laksanakan hal-hal tersebut kami sanggup merawat hak-hak yang mesti didapatkan oleh anak.

Diharapkan bersama dengan terdapatnya pelatihan pengasuhan positif anak usia dini sesuai bersama dengan tahapan perkembangannya jadi sebuah pengetahuan baru yang lebih berfaedah bagi orang tua dan pengasuh TPA lebih-lebih TPA Melati Dharma Wanita Persatuan UM.

 

By toha