Indonesia ialah negara yang berkepulauan hingga kaya keelokan alamnya, mulai dari gunung sampai pantainya. Dari ujung sabang sampai merauke tidak terbatas bila ingin berhitung mengenai daya tarik alam Indonesia.

Dan pantai masih sebagai salah satunya tujuan favorite untuk pelancong lokal atau internasional saat bertandang ke Indonesia. Ada beberapa pantai cantik di Indonesia yang menjadi bahan referensi pelancong untuk menyempatkan waktu luang mereka.

Selainnya Bali, ada beberapa beberapa pantai yang penting di explore keelokan lautnya di Indonesia ini, salah satunya ialah beberapa pantai yang berada di Pulau Jawa. Pantai Selatan ialah rekreasi favorite di pesisir Pulau Jawa, tetapi keelokan Pantai Utara tidak perlu di ragukan kembali.

Salah satunya tujuan rekreasi pantai utara ialah Pantai Tanjung Pakis yang berada di Karawang, Jawa Barat. Silakan baca pembahasan komplet mengenai pantai inis berikut ini.

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis ialah sebuah pantai yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, persisnya berada di Dusun Tanjung Pakis. Letak pantai ini dapat disebut benar-benar jauh dari pusat perkotaan, memiliki jarak sekitaran 70 km dari pusat Kabupaten Karawang.

Mempunyai panjang sekitaran 7 km yang mencakup Block Bungin, Karangjaya, Pakis 1 dengan luas sekitaran 350 hektar. Secara geografis pantai ini terletak benar-benar dekat dari Jakarta, pada tepian di antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Pantai yang berdekatan dengan Kabupaten Bekasi ini berada di pedalaman Karawang hingga sedikit susah dicapai karena akses ke arah pantai ini belum terbuka seperti tempat wisata yang siap didatangi pelancong.

Meskipun tidak setenar beberapa wisata pantai seperti Ancol dan Pantai Anyer namun banyak warga Karawang dan sekelilingnya habiskan akhir minggu di Pantai Tanjung Pakis ini. Pantai ini benar-benar pas untuk isi berlibur Anda, apa lagi saat liburan panjang atau liburan nasional.

Karena kurangnya transportasi umum ke arah ke arah tempat ini dan akses jalan ke arah pantai benar-benar hancur dan berlubang, dianjurkan untuk memakai kendaraan individu bila Anda ingin bertandang ke Pantai Tanjung Pakis.

Harga Ticket Masuk Pantai Tanjung Pakis

Harga ticket yang di gunakan saat masuk pantai ini termasuk lumayan murah yaitu Rp 5000 per-orang. Dan ongkos yang di gunakan untuk parkir kendaraan motor ialah Rp 5000, dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

Dan jam operasional pantai ini ialah dibuka start pukul 07.00 waktu di tempat, yang berlakudi hari biasa atau hari liburan, dan di tutup pada jam 19.00.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Tanjung Pakis

Alamat Pantai Tanjung Pakis ada di Dusun Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Lajur yang termudah Anda menempuh ialah lewat kota Bekasi yaitu dari Kabupaten Bekasi mengambil jalan ke arah Mushola At-Taqwa.

Perjalanan diteruskan dengan ambil arah lempeng sampai ke Babelan. Dari Babelan cari panduan arah yang bawa Anda ke Pantai Tanjung Pakis.

Tetapi awalnya Anda harus melalui jalan tepian di antara Kabupaten Bekasi dan Karawang, temukanlah sungai besar yang mempunyai jembatan besi di tengah-tengahnya di mana warga di tempat mengatakan Muara Gembong.

Sesudah di Muara Gembong, Anda harus memakai rakit atau perahu dan minta masyarakat di tempat untuk menolong Anda seberang ke Pantai Tanjung Pakis Karawang.

Anda cukup bayar sejumlah Rp 2000 agar bisa seberang ke Pantai Tanjung Pakis. Untuk Anda yang ingin bertandang ke pantai Tanjung Pakis berharap bawa kendaraan sendiri atau sewa dengan keluarga atau rekan-rekan.

Karena tidak ada transportasi umum yang terhubung lajur ke Pantai Tanjung Pakis. Walau bagaimanapun pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang semangat habiskan akhir minggu untuk berlibur.

Object Rekreasi Pantai Tanjung Pakis

Masyarakat di tempat mengatakan bernama Pantai Tanjung Pakis karena lokasinya ada di sebuah tanjung (dataran yang menjuru ke laut). Panjang pantainya sendiri sama seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu sekitaran 7 km di mana pas sekali untuk tempat berjoging di tepi pantai.

Pantai yang ini sekarang ini betul-betul dijaga dan diproteksi masalah kebersihannya, walau sebenarnya dalam sekian tahun belakang Pantai Tanjung Pakis memperoleh penilaian jelek dari warganet.

Tetapi saat ini sudah berbeda lebih bagus karena warga mengetahui jika Pantai Tanjung Pakis sebagai teritori rekreasi terbaik yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Tempat ini bahkan juga pernah trending karena sebagai lokasi kecelakaan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang di tahun 2018 lalu. Beberapa warga di tempat menyebutkan jika bahwa lokasi jatuhnya pesawat Lion Air pada kedalaman 30 sampai 35 mtr..

1. Nikmati Panorama Alam

Tempat wisata Pantai Tanjung Pakis mempunyai bentangan pasir putih 1/2 coklat dengan garis pantai yang paling luas. Di pantai ini mempunyai ombak yang tidak besar, disertai angin yang bertiup benar-benar kuat bahkan juga dengan keadaan alam yang ceria sekalinya.

Dengan ombak ciri khas pantai utara Pulau Jawa, air yang terhempas ke pinggir pantai tidak terlampau bersih hingga bersatu pasir dan lumpur.

Kita bisa bermain air dan pasir dipantai ini bahkan berenang dengan karakter ombak yang yang tenang hingga condong aman untuk Anda yang ingin coba berenang di sini.

Apabila untung ketika bermain pasir karena itu Anda segera dapat mendapati kerang atau bahkan juga umang-umang yang terpasah di pinggir pantai.

2. Fasilitas Outbond

Pengurus sediakan pelabuhan kayu fasilitas outbound untuk anak-anak, di mana sang kecil selainnya bermain air bisa juga latih motorik mereka di pantai ini.

3. Perahu Karet atau Banana Boat

Bahkan juga di pantai ini disiapkan sarana air Perahu karet atau Banana Boat untuk Anda yang suka lakukan olahraga ekstrim dan memicu adrenalin. Nimati serunya melaju di atas air di atas perahu pisang yang diambil oleh perahu motor di tengah-tengah lautan Pantai Tanjung Pakis.

4. Naik Perahu

Janganlah lupa untuk berkeliling-keliling lebih jauh nikmati pemandangan laut Pantai Tanjung Pakis dengan manfaatkan perahu yang di sewakan oleh nelayan di tempat. Telusuri pantai dengan ombaknya yang tenang dengan panorama alamnya yang cantik.

5. Kulineran Seafood

Beragam warung penjual makanan berjejer memanjang tawarkan beragam makanan hasil laut ke pengunjung. Dimulai dari tipe ikan, kepiting, udang bahkan juga cumi di pasarkan pedagang yang di buat jadi kulineran yang siap makan

6. Hunting Photo

Janganlah lupa untuk bawa kelengkapan photo uuntuk mendokumentasikan beberapa momen terbaik di pantai Tanjung Pakis. Saat yang pas sudah pasti saat senja hari di mana Anda dapat manfaatkan peristiwa jingganya langit dan birunya air laut dengan ombak yang tenang.

7. Bermian ATV

Jika lelah jalan kaki, karena itu Anda bisa berkeliling-keliling telusuri pinggiran pantai dengan memakai ATV yang di sewakan di sejauh Pantai Tanjung Pakis ini.

Sarana Pantai Tanjung Pakis

Sarana yang disediakan di Pantai Tanjung Pakis cukup mencukupi di mana kita dapat parkir tidak jauh dari pantai. Ada toilet, masjid, jagat hiburan dan beberapa warung makan di tempat yang sediakan berbagai macam menu laut saat Anda berasa lapar.

Masyarakat sekitaran bahkan juga manfaatkan lawatan pelancong dengan buka pemondokan-penginapan simpel yang dapat dipakai beberapa pelancong yang ingin bermalam di pantai.

Ongkosnyapun dari yang paling murah yaitu sekitaran Rp 100.000 sampai Rp 700.000 per kamarnya. Demikian pembahasan berkenaan keelokan rekreasi Pantai Tanjung Pakis yang berada di pantai utara Jawa seperti pantai Tanjung Kait yang populer.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus Jogja milik Genjos Holiday. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.

Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi Anda yang sekarang ini mencari rekomendasi rekreasi untuk Anda liburan diakhir minggu kelak. Janganlah lupa untuk menyiapkan semua sesuatunya supaya berlibur Anda berasa lebih terkesan.