Panduan Berlibur ke Labuan Bajo yang Murah Semarak

Berlibur ke Labuan Bajo  ya Siapa sich yang tidak paham Labuan Bajo? Sepertinya seluruh orang khususnya beberapa pelancong tahu mengenai Labuan Bajo. Sebuah wilayah di Flores, Nusa Tenggara Timur ini banyak memiliki kekhasan dan keelokan. Bahkan juga, keelokannya telah go-international. Tidak perlu bingung bila kelak tiba ke Labuan Bajo, kemungkinan ada sebagian orang bule yang ikut dalam tur Labuan Bajo. Mode tur yang diselenggarakan di Labuan Bajo biasanya ialah Sailing Tur dengan melingkari tempat rekreasi Labuan Bajo minimal tiga hari 2 malam.

Tempat rekreasi di Nusa Tenggara Timur yang bisa dikunjungi saat Sailing Tur diantaranya Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil, Pulau Serayu, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pulau Sabolo, Pantai Percaya diri, Pulau Binongko, Air Terjun Cunca Rami, Air Terjun Cunca Wulang, dan ada banyak kembali. Liburan ke Labuan Bajo tidak harus keluarkan uang yang banyak. Baca panduan berlibur ke Labuan Bajo yang murah dan meriah di bawah ini.

1. Tentukan Waktu Berlibur Saat Low Season

Supaya memperoleh ticket pesawat dan hotel yang murah karena itu saat yang pas ialah low season. Kapan itu low season? Persisnya Januari satu minggu sesudah liburan tahun baru. Pada periode ini biasanya beberapa orang telah repot dengan tugas di kantor dan anak-anak mulai kembali bersekolah atau ke universitas.

Dengan begitu, keinginan ticket turun hingga biaya maskapal dan harga hotel alami rekonsilasi. Beberapa pelancong umumnya tahu mengenai langkah ini karena mereka telah ingat saat-saat yang cocok untuk berlibur karena sedikit orang yang liburan. Minimal orang yang liburan membuat beberapa tempat rekreasi lebih sepi hingga aktivitas rekreasi makin membahagiakan.

baca : 6 Tempat Kongkow di Alam Sutera Terunggul

2. Berlibur Minimal Tiga Orang

Turut open trip atau sharing biaya bujet saat traveling khususnya ke Labuan Bajo akan mengirit pengeluaran. Terkecuali ticket pesawat, semua ongkos seperti makan, sewa pemondokan dan rental mobil dapat jadi lebih murah karena ada mekanisme patungan (sharing biaya). Bila ingin turut open trip supaya tidak ribet karena itu seharusnya mengajak pasangan atau rekan minimal dua orang hingga barisan trip jadi 3 orang.

3 orang ialah ukuran yang bagus untuk liburan ke satu tempat karena sewa pemondokan terutamanya hotel dapat pesan 1 kamar saja dan ditempati oleh 3 orang. Keuntungan yang hendak didapat saat pergi bertiga diantaranya ongkos kapal yang hendak dicarter saat di Labuan Bajo dapat dipisah jadi tiga orang, ongkos bermalam di dalam 1 kamar dapat dipisah jadi tiga orang, sampai ongkos makan jadi lebih murah bila 1 jatah menu dipisah bertiga. Tetapi, saat liburan secara ramai-ramai bisa juga tambah murah dan hebat karena ongkos kapal untuk sailing dan mobil untuk land tur dipisah oleh beberapa orang sudah pasti  lebih murah.

3. Tentukan Penerbangan Transit di Bali atau Lombok

Harga ticket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo dapat capai juta-an untuk sekali penerbangan. Pasti harga itu relatif mahal untuk Anda. Disamping itu, maskapal ke Labuan Bajo juga terbatas, hingga Anda tidak mempunyai beberapa pilihan untuk masalah direct flight Jakarta ke Labuan Bajo. Untuk tekan bujet, Anda perlu pilih penerbangan dari Jakarta ke Bali atau Lombok.

baca : Rekreasi Kulineran : 9 Tempat Makan Legendaris Bali yang Harus Didatangi

Rerata harga ticket pesawat PP dari Jakarta ke Bali atau Lombok lebih murah bila dibanding dengan langsung ke Labuan Bajo sekali penerbangan. Apa lagi jika Anda berlibur pada low season seperti pada bulan Januari, ditanggung Anda dapat memperoleh biaya paling rendah ticket pesawat.

4. Teruskan Perjalanan Lewat Laut

Opsi jalur penerbangan ke Bali dapat diteruskan dengan perjalanan ke Labuan Bajo lewat laut. Triknya ialah naik kapal PELNI yang diawali dari Dermaga Benoa (Bali) ke Labuan Bajo (Flores). Jalur murah dan meriah sudah pasti tempuh waktu perjalanan yang semakin lama sekitaran 25 jam (full day). Perjalanan dari Bali ke Labuan Bajo tak perlu transit hingga beberapa pelancong dapat rileks sepanjang perjalanan.

Bonusnya ialah panorama sunset paling indah di Indonesia dan sunrise yang langka. Bila perjalanan diawali dari laut Lombok karena itu jalur yang dilakukan bermula dari Mataram ke Sumbawa. Kemudian, diteruskan dengan perjalanan darat dari dermaga Poto Tano ke arah Bima. Dari Bima diteruskan dengan perjalanan laut ke arah Flores dengan naik kapal Feri.

5. Sewa Motor Saat di Labuan Bajo

Sewa motor untuk berkeliling-keliling Labuan Bajo sudah pasti tambah murah dibanding sewa mobil. Ini dapat dilaksanakan bila melancong sendiri atau berdua saja. Jumlahnya tempat persewaan motor pasti memudahkan untuk pilih, tapi Anda harus sanggup menawar agar memperoleh harga yang murah.

6. Sewa Kapal Langsung dari Pemilik Kapal

Berlibur di Labuan Bajo yang sama dengan pulau dan pantai pasti harus sewa kapal untuk sailing. Langkah yang perlu dilaksanakan ialah sewa kapal untuk berkunjung pulau arah langsung ke pemilik kapal. Penawaran dari agen tur harus diperhitungkan karena harga tentu tambah mahal dibanding sewa kapal langsung ke pemiliknya. Pakai kekuatan perundingan supaya memperoleh harga paling rendah. Ingat-ingatlah, harga murah atau mahal ditetapkan dari jumlahnya pulau yang hendak didatangi.

baca juga :  liburan murah ke pulau kelapa resort jakarta

7. Sewa Hostel atau Pemondokan Murah Yang lain

Hostel atau dormitory ialah opsi yang pas untuk berlibur murah. Ada beberapa hostel di Labuan Bajo dengan biaya bervariatif yang dapat diputuskan. Harga dimulai dari Rp 100ribu per kamar ada hingga Anda harus pandai untuk memeriksa harga pemondokan saat sebelum setuju. Ada juga type dormitory yang ditempati oleh sebagian orang pada sebuah kamar hingga harga lebih murah. Dormitory atau type share ini ditujukan untuk backpackers.

Itu panduan berlibur ke Labuan Bajo yang murah dan meriah. Siapa saja dapat melancong jauh asal ingin bernego dan eksekusi langsung ke lokasi rekreasi. Janganlah lupa datangi juga tempat rekreasi di Ende Flores dan tempat rekreasi di Kupang yang tidak kalah menariknya. Kuncinya ialah tidak menggunakan jasa agen tur bila ingin liburan dengan murah. Bahagia traveling!