Olahraga Lempar Lembing

Olahraga Lempar Lembing

Olahraga Lempar Lembing

Definisi Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik, lempar lembing merupakan olahraga yang menggunakan alat bantu berupa lembing, yang kemudian dilempar sejauh mungkin dalam keadaan yang telah ditetapkan.

Lempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Menurut KBBI, melempar berarti ‘membuang’, sedangkan tombak berarti ‘tombak, tombak kayu dengan ujung logam runcing untuk latihan’.

 

Lempar Lembing Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, lemparan lembing berarti:

  • Lempar lembing adalah salah satu keterampilan melempar benda berbentuk lembing sejauh mungkin (Yudha M. Syaputra 2001: 67)
  • Adalah salah satu nomor awal dalam kelompok lempar di industri atletik. (Soenarjo Basoeki 2003: 89)

Dari pengetahuan kedua ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa lempar lembing merupakan salah satu nomor awal dalam industri atletik melempar benda berbentuk lembing sejauh mungkin.

Menurut Soenarjo Basoeki (2003: 92)
Tombak adalah sebuah benda yang terdiri dari 3 bagian, yaitu: 1) Tombak terbuat dari logam. 2) Badan tombak terbuat dari logam, kayu atau bambu. Tubuh tombak logam digunakan dalam kompetisi internasional dan nasional. 3) Lingkaran pegangan tombak diputar di sekitar bagian tengah tombak.

Dalam perlombaan lempar lembing nasional maupun internasional, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan oleh para atlet. Salah satunya adalah teknik memegang tombak; berikut adalah penjelasan tentang teknik memegang tombak.

 

Teknik Cara Lempar Lembing

Menurut Soenarjo Basoeki 2003: 92 cara memegang tombak dengan cara rebah di atas jari dibagi menjadi 3 jenis pegangan: 1) Cara Amerika. 2) cara Finlandia. 3) cara Tang.

Cara Amerika. Untuk melakukan ini, letakkan ibu jari dan jari telunjuk Anda bersama-sama di belakang lingkaran (pegangan) dan jari-jari lainnya pada tombak.

Cara Amerika Soenarjo Basoeki 2003: 97
gaya Finlandia. Hal ini dilakukan agar sambungan ibu jari dan ibu jari tengah bertemu di belakang gagang (luka), sedangkan jari telunjuk lurus ke belakang di bawah tombak.

Pencarian jalan Finlandia Soenarjo Basoeki 2003: 97
Seperti penjepit atau tang. Untuk tujuan ini, telunjuk dan jari tengah menjepit tombak tepat di belakang gagang.

Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com