Pertunangan atau pernikahan identik dengan cincin dan perhiasan. Banyak sekali orang yang menjadikan cincin berlian solitaire sebagai simbol pengikatnya. Selain bentuknya yang cantik, berlian juga merupakan batu permata dengan harga fantastis.

Model Cincin Berlian Solitare Yang Cocok Untuk Pernikahan

Mungkin kamu ingin membeli berlian sebagai permata di cincin kamu. Perlu diketahui ada beberapa setting yang bisa kamu gunakan.

Macam-Macam Jenis Cincin Berlian Berdasarkan Settingnya

Apa saja macam dari jenis setting cincin berlian tersebut?

1. Setting Prong

Yang pertama ada prong, salah satu penahan berlian yang melekat di permukaan cincin. Tujuannya bukan hanya menjaga berlian pada tempatnya tetapi menonjolkan sisi keindahan berlian. 

Menggunakan empat penahan disekeliling berlian. Ukurannya yang kecil tetapi cukup kuat untuk bisa menopang berlian. Prong setting ini cukup sering digunakan untuk menahan berlian disebuah perhiasan, baik cincin, anting-anting ataupun kalung.

2. Setting Cathedral

Enam buah prong menjadi ciri khas tersendiri dari setting cathedral ini. Bentuknya yang dibuat menyerupai pilar gereja katedral. Sehingga diberi nama cathedral, sangat cantik sebagai logo kesetian.

Desain setting ini membuat berlian menjadi lebih menonjol dan tinggi dari permukaan cincin. Hal ini bisa membuat berlian menjadi lebih bisa mencuri perhatian banyak orang. Sangat cantik sekali jika digunakan sebgai cincin pernikahan.

3. Setting Bezel

Berbentuk lingkarang metal yang mengelilingi berlian menjadi ciri khas bezel setting ini. Bentuk yang melingkar ini, bertujuan untuk melindungi berlian dari goncangan ataupun benturan.

Kamu yang berkegiatan aktif, lebih baik menggunakan model cincin berlian terbaru ini. Akan lebih aman, sehingga berlian kamu terhindar dari goresan yang bisa membuatnya menjadi rusak.

4. Setting Tension

Setting ini bisa dibilang berbentuk unik. Berbentuk seolah-olah berlian sedang ditekan di dua ujungnya. Berlian yang ada di tengah seolah sedang ditekan atau diapit. Ini menjadikannya sangat unik sekali.

Setting seperti ini sangat indah sekali dikenakan sebagai cincin perkawinan.

5. Setting Pave Diamond

Salah satu setting cincin yang sangat cantik sekali. Kamu bisa membuat kombinasi antara cincin solitaire emas kuning. Warna yang berbeda tentu akan menjadikan cincin kamu menjadi sangat menarik sekali.

Logam emas kuning ditambah mata berlian yang jernih akan menjadi satu perpaduan yang cantik. Ditambah setting seperti ini membuat berlian terlihat lebih cemerlang secara keseluruhan. Kemudian berlian juga bisa terlihat lebih besar dibanding aslinya.

6. Setting Channel

Setting memiliki bentuk deretan berlian yang seperti ditanam di logam, membuat permukaannya jadi lebih setara. Seperti cincin listring yang akan sangat cantik sekali digunakan dengan model setting seperti ini.

Karena posisi berlian yang bebas dari benturan ataupun gesekan. Menjadikan model setting ini cukup aman kamu unakan sebagai cincin pernikahan.

Memilih cincin berlian solitaire untuk pernikahan tentu bukan perkara mudah. Pilih setting seperti apa yang akan nyaman untuk kamu gunakan sehari-hari, dan meminimalisir benturan serta gesekan.