Menyesuaikan Diri Dengan Musim Dingin Korea dan Jepang

Kalian pernah gak sih ngebayangin gimana tinggal di korea dan jepang saat winter atau musim dingin tiba??? Tentunya kita sudah banyak mendengar tentang cuaca extrem di negeri gingseng dan negeri sakura yang dapat mencapai suhu minus wah pasti dingin sekali bukan, kadang kita yang tinggal di Indonesia saja dengan suhu 15 derajat celcius sudah sangat tersiksa ya, apa lagi jika kita hidup di korea maupun jepang saat musim dingin.

 

Nah disini kamu bakal nemuin ceritaku tentang bagaimana kita dapat menyesuaikan diri dengan iklim yang akan kita rasakan di korea juga jepang juga outfit yang tepat untuk kita gunakan saat musim dingin tiba, yuk cek lengkapnya!

 

  1. Fakta Unik Iklim di Jepang dan Korea

Iklim disemenanjung korea beda jauh dengan utara hingga selatan wilayah selatan yang relative hangat dan basah seperti pulau jepang. Hal ini disebabkan oleh arus hangat Korea Timur (East Korea Warm Current). Semenanjung Krea Utara menghadapi iklim lebih dingin dan dipengaruhi iklim dari daratan Asia. Curah Hujan rata-rata pertahun diLembah sungai Yalu mencapai 600 mm lebih sedikit disbanding rata –rata curah hujan pertahun diwilayah pesisir sebelah selatan 1500mm. selain itu juga ada perbedaan suhu saat musim dingin dikorea anatara semenanjung utara dan srlata 20 derajat dibulan desember hingga januari.

Jepang kadang digambarkan sebagai negara yang gerah pada musim panas dan turun salju pada musim dingin. Tapi Jepang adalah negara yang memanjang dari utara ke selatan sehingga memiliki perbedaan iklim yang signifikan berdasarkan daerahnya.pulau Hokkaidou di utara merupakan daerah dingin, sebaliknya pulau Okinawa di selatan merupakan daerah tropis. Selain itu, meskipun sesama pulau Honshuu, cuaca di sisi Samudra Pasifik dan Laut Jepang sangat berbeda Namun, perbedaan iklim inilah yang membuat Jepang kaya akan keberagaman budaya.

 

Nah jadi kamu harus mencari tahu ya, dibagian mana kam akan tiggal semenanjung korea utara atau selatan dan di kota apa kamu akan tinggal sementara waktu atau menetap dijepang.

 

  1. Suhu TerExtrem yang pernah terjadi di Korea dan Jepang

Korea ; Suhu rendah di wilayah Seoul yang diukur di area Jongno-gu mencapai minus 18,6 derajat, suhu terendah sejak 5 Januari 1986.

Jepang ;musim dingin berlangsung sekurang kurangnya dari bulan Desember sampai Febuari.Daerah yang berbatasan langsung Laut Jepang mengalami hujan salju setiap tahunnya, hal ini disebabkan oleh udara dingin dari Siberia. Suhu rata rata saat musim dingin dijepang mencapai 5 derajat celcius dan sangat bersalju.

 

  1. Kebiasaan Unik saat Musim Dingin

 Menginap Bersama Keluarga di Hanok

Apa itu Hanok? Hanok adalah rumah tradisional di Korea Selatan yang biasa dipilih oleh warga negeri Ginseng untuk menginap dan berlibur. Rumah yang mirip dengan bangunan jaman kekaisaran ini sengaja dipilih untuk menghangatkan badan saat musim dingin tiba. Saat menginap dihanok, kamu akan merasakan sensasi tidur dilantai beralas tikar tebal yang akan membuat kamu meraskan sensasi hangat yang berasal dari lantai yang memang sudah dialiri dengan panas.

Di Seoul sendiri rumah Hanok yang paling terkenal adalah Bukchon dan Samcheongdong. untuk harga sewanya memang lumayan cukup mahal karena menggunakan fasilitas mewah dan modern.

Minum Teh Hangat di Tea House Kota Seoul 

Saat musim dingin tiba makanan dan minuman hangat menjadi buruan warga Korea Selatan untuk menghangatkan badan. Orang- orang kota Seoul biasanya menghabiskan waktu mereka dengan minum teh tradisional Korea .

Berburu Kuliner Hangat di Seoul Street Food

Selain menjadi pusat belanja modern, Seoul juga menjadi surganya beragam jenis kuliner jalanan / food street. Kimchi, Tteokbokki, Kue Beras, dengan saus pasta pedas adalah jenis makanan musim dingin yang dapat kamu temui saat berjalan jalan dimusim dingin.

Bermain Ice Skating di Kota Seoul

Saat musim dingin tiba, sebagian warga Korea Selatan khususnya kota Seoul biasanya lebih memilih ice skating untuk mengisi waktu liburan mereka

Berbelanja Perlengkapan Musim Dingin di Insadong Street Market

Insadong merupakan salah satu jalan terkenal di Kota Seoul  biasanya disana menjual berbagai aksesoris musim dingin seperti sarung tangan, topi, jaket tebal dan sepatu. Di Insandong biasanya menyesiakan barang barang dengan harga yang cukup murah dengan kualitas yang baik.

Selain itu, masih ada kegiatan seru lainnya seperti berendam air panas kamu juga dapat merendam tubuh kamu dengan air panas dengan mudah dengan menggunakan electric water heater atau solar water heater yang ada di tempat tinggal kamu. Biasanya alat semacam water heater ini selalu otomatis tersedia di penginapan villa hotel mauoun homestay.

Tips Fashion/ootd

Kamu bisa menggunakan matel atau jaket tebal setiap musim dingin, biasanya seiring berjalannya waktu warna dan model akan terus berubah menyesuaikan tren tapi kebanyakan model mantel maupun jaket tidak terlalu signifikan perubahannya kamu bisa menggunakan jaket lama kamu untuk menghemat.

Kamu juga dapat menggunakan celana atau rok yang nyaman untuk kamu gunakan, pastikan jika kamu menggunakan rok kamu juga menggunakan celana untuk dalaman agar kamu dapat terjaga dari dingin.

MENYESUAIKAN DIRI DENGAN MUSIM DINGIN DIKOREA DAN JEPANGMENYESUAIKAN DIRI DENGAN MUSIM DINGIN DIKOREA DAN JEPANGMENYESUAIKAN DIRI DENGAN MUSIM DINGIN DIKOREA DAN JEPANG

 

Baca Juga Handal Water Heater