Menteri perdagangan dan pertanian akan stop import dari china

Baru-baru ini dunia telah digemparkan dengan adanya virus corona atau yang sering dikenal dengan Coronavirus Wuhan, virus corona ini menyebar dari Tiongkok sekarang cenderung dan di khawatirkan menjadi pandemi yang melingkari di dunia, menurut banyak pakar penyakit menular terkemuka dunia virus ini memang menakutkan. Pandemi – epidemi yang sedang berlangsung di dua benua atau lebih mungkin memiliki konsekuensi global, meskipun ada pembatasan perjalanan dan karantina yang luar biasa yang dipaksakan oleh Tiongkok dan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Namun, para ilmuwan belum mengetahui seberapa mematikan virus corona baru itu, sehingga ada ketidak pastian tentang berapa banyak kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh virus tersebut. Tetapi ada konsensus yang berkembang bahwa patogen mudah ditularkan di antara manusia. 
Coronavirus Wuhan menyebar lebih seperti influenza, yang sangat menular, daripada sepupu virus yang bergerak lambat, SARS dan MERS, para ilmuwan telah menemukan. “virus Ini sangatlah menular, dan dikhawatirkan akan menjadi pandemi,” kata Dr. Anthony S. Fauci, yang merupakan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular. Dalam tiga minggu terakhir, jumlah kasus yang dikonfirmasi laboratorium telah melonjak dari sekitar 50 di Cina menjadi lebih dari 17.000 di setidaknya 23 negara ada lebih dari 360 kematian.

Dilansir dari berita selebritis Indonesia terbaru, banyak ke khawatiran yang terjadi di seluruh dunia karena virus corona ini membuat Menteri perdagangan Indonesia, Agus suparmanto, telah menegaskan bahwa import makanan dan minuman dari china sudah dilakukan penyetopan sementara hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona n-CoV 2019. Menurut menteri perdagangan Indonesia bahwa pemberhentian import dari china tidak hanya dilakukan oleh negara kita saja, tetapi negara lain juga telah melakukannya.
Bahkan bukan import barang saha tetapi turis-turis di china pun sudah dilarang masuk ke beberapa kota di dunia. Menurutnya hal ini dilakukan untuk kekpentingan warga negara Indonesia, dengan dilakukannya pemberhentian import dari china ini diharapkan para pengusaha harus menerima keadaan ini, namun diharapkan jangan khawatir karena pasti nanti ada saatnya import dari china akan dilakukan apabila masalah virus corona ini sudah selesai.

Menteri perdagangan agus suparmanto juga mengatakan bahwa pemerintah telah meyikapinya secara waspada, karena virus ini tidak diketahui kapan bisa teratasinya, dan dirinyapun berkata bahwa dirinya berharap masalah virus corona ini cepat selesai. Ia pun mengatakan bahwa dirinya sudah sepakat dengan menteri pertanian bahwa akan menekan import terutama import dari china. Hal ini juga sudah disampaikan oleh mentan (menteri pertanian) yaitu syahrul yasin limpo, bahwa pemerintan telah mengusahakan untuk memenuhi pasokan dari dalam negeri dibandungkan dari import.

Bisa kita lihat bukan hanya di indoensia saja ke khawatiran akan virus corona, melainkan di seluruh dunia. Sebenarnya beberapa ahli menyebutkan bahwa virus tidak dapat bertahan di benda mati. Tetapi tetap saja ada kemungkinan kecil bahwa virus masih menempel pada masa inkubasinya dan dikhawatirkan dapat menyebar dan menularkan.

Untuk dari itu bukan hanya pemerintah saja yang harus berusaha, tetapi kita juga sebagai warga negara Indonesia harus berusaha menghindari penularan tersebut, sebaiknya masyaarakat tidak melakukan berbelanja secara import dari china terlebih dahulu sampai masalah virus corona ini sudah selesai dan teratasi dengan baik. Ada beberapa cara sederhana untuk menghindari virus corona, yaitu menggunakan masker saat kita bepergian, mencuci tangan saat kita habis bepergian dan sebelum makan, bawa handsanitizer, jaga kondisi kesehatan.