Menilik Indahnya Bromo dari Puncak B29 Argosari Lumajang Jawa Timur, Negeri di Atas Awan

Keindahan Gunung Bromo memang tidak terbantahkan lagi. Tidak ada bosannya mengunjungi objek wisata Jawa Timur yang satu ini. Meski banyak spot yang dibuat untuk melihat pemandagan gunung dan sunrise, tiap spotnya memiliki ciri khas masing-masing yang tentunya tetap indah untuk dinikmati dari sana. Salah satu spot atau objek wisata alam untuk melihat sunrise Bromo adalah Puncak B29 Lumajang. Tempat yang memiliki sebutan “Negeri di Atas Awan” ini memang luar biasa indah. Wisata alam Puncak B29 ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang. Tepatnya berada di lereng gunung dengan ketinggian 2900 mdpl.

Puncak ini merupakan lokasi sunrise point tertinggi di kawasan gunung Bromo. Pemandangan dari tempat ini sangat indah ditambah dengan udara yang cukup dingin serta hamparan savana yang terlihat seperti permadani. Untuk menuju spot ini anda akan dihadapkan pada medan yang cukup ekstrim. Jalur berkelok dan menanjak akan anda temui sepanjang perjalanan menuju B29. Namun ketika sampai disana, lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan indah setibanya di atas Puncak B29 Lumajang.

puncak b29 argosari lumajang
Photo by: @sherlyyfp

Baca juga: wisata malang bromo murah

Kawasan Puncak B29 ini terbagi menjadi 2 kawasan, yaitu perkebunan argosari yang jika dilihat seperti membentuk barisan pegunungan termasuk gunung semeru dan yang kedua adalah pemandangan gunung bromo dan kalderanya yang terdiri dari lautan pasir, savana dan gunung batok. Sunrise dan sunset di lokasi ini sangat indah dan sering dijadikan lokasi pemotretan. Sekali memandang, keindahan dari 2 sudut spot Bromo dari Pasuruan dan Probolinggo terlihat semuanya. Dijamin anda tidak akan menyesal dengan pemandangan ini.

Selain menikmati keindahan alam Gunung Bromo dan Semeru, kegiatan lain yang bisa anda lakukan disini adalah berkemah atau camping. Anda bisa melakukan berkemah disini atau melakukan pendakian ke Semeru dari kawasan ini. Di dekat lokasi juga terdapat air terjun yang bisa anda eksplor sehingga menambah lengkapnya keseruan liburan anda. Di atas puncak terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan seperti mie instan hingga nasi. Fasilitas lain seperti toilet dan mushola juga sudah tersedia di kawasan wisata Puncak B29 Lumajang ini.

Bukan hanya pemandangan puncak Bromo dan Puncak Mahameru saja yang bisa anda lihat dari sini. Pemandangan lain yang bisa anda nikmati dari atas puncak ini adalah Gunung Arjuno dan welirang yang berada di sebelah barat dan di sebelah timur terdapat pemandangan Gunung Argopuro dan Raung. Apalagi jika anda berkunjung saat musim kemarau atau saat cerah, pasti semua pemandangan tersebut akan terlihat jelas.

Untuk mendapatkan view sunrise anda harus datang ke puncak ini di jam 4 pagi. Jadi, jika anda berangkat dari pusat kota Malang, anda bisa berangkat pukul 01.00 dini hari melewati jalur Desa Ranupani. Jalur di rute ini cukup ekstrim karena anda akan melewati jalan setapak yang hanya cukup dilewati oleh motor dan pejalan kaki saja yang kanan kirinya terdapat jurang yang sangat curam. Jadi, untuk anda yang membawa mobil diharuskan trekking agar bisa sampai puncak B29. Tiket masuk wisata Puncak B29 Lumajang ini dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah. Relatif murah dan sangat sepadan dengan pemandangan yang didapat.

Jika anda ingin berkunjung kesini dengan segala kemudahan akomodasinya, kami sarankan anda untuk mengambil paket wisata malang 4 hari 3 malam yang ada di halaman ini. Anda akan dibantu tour planner untuk menyusun kegiatan liburan anda dan menanggarkan biaya sesuai kantong anda. Sampai jumpa di Malang.