E-IPO : Kenali Pengertian dan Keuntungannya
source gambar : fortuneidn.com

Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaan IPO dan e-IPO, perbedaannya ini adapada proses pemesanannya. Pemesanan di e-IPO ini lebih mudah di jangkau oleh para investor yag melakukan proses penawaran ini.

Bagi para investor pemula yang ada di tahun 2020 sampai 2021 pastinya masih ada yang belum faham mengenai bagaimana cara beli saham pada pasar modal Indonesia. Pembelian saham di sistem e-IPO ini baru ada dari tahun 2020.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu IPO, IPO ini adalah sebuah proses penawaran saham pertama untuk sebuah perusahaan atau emiten supaya bisa di beli masyarakat dan jadi sebuah perusahaan terbuka dan pastinya tercatat di dalam Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Melalui IPO masyarakat ini bisa membeli dan mempunyai saham dari sebuah perusahaan, bagi perusahaan mereka ini bisa mendapatkan dana tambahan untuk menjalankan bisnis.

Tujuan dari IPO ini yaitu untuk mengumpulkan modal, dan membuat saham ini supaya bisa di beli masyarakat. Sedangkan untukĀ  e-IPO ini adalah sebuah wadah eletronik yang bisa mendukung proses penawaran secara umum, bagi Anda yang masih belum mengerti kita ringkas lagi.

Melalui e-IPO, informasi yang akan disampaikan jadi lebih transparan. Bagi para investor mereka ini akan mendapatkan kemudahan jika membeli saham perdana milik satu emiten dengan adanya e-IPO.

Investor ini bisa mengetahui perusahaan mana yang sedang melakukan IPO dari mulai tahap awal sampai tahap akhir dimana investor bisa mendapatkan sahamnya. Bagi agen penjual mereka ini bisa mendapatkan berbagai kemudahan dari aplikasi.

 

Berbagai Istilah yang ada di eIPO

Bagi para investor yang masih pemula biasanya mereka ini merasa bingung jika akan melakukan pembelian saham karena di dalam proses transaksinya ada bahasa yang memang sulit untuk dipahami. Supaya nanti Anda tidak bingung yuk kita pahami beberapa istilah berikut:

  • Investor

Investor ini adalah masyarakat yang bisa mendapat penjatahan dar lot saham setelah mereka melakukan proses pembelian, baik dalam jumlah yang disesuaikan atau sesuai keinginan.

  • Perusahaan IPO

Merupakan sebuah perusahaan yang sedang melakukan penawaran public sebelum nama perusahaan mereka mendapatkan tanda Tbk yang artinya saham ini sudah di miliki oleh public.

  • IDX

Merupakan singkatan dari Indonesia Stock Exchange atau lebih di kenal dengan Bursa Efek Indonesia

  • Book Building

Book building ini dikenal juga dengan penawaranm dimana penawaran ini akan jadi sebuah acuan untuk menentukan harga serta penawaan pertama oleh penjamin.

  • Offering

Offering ini adalah masa pemesanan, dalam proses ini nantinya para calon investor sudah bisa melakukan pemesanan saham sesuai dengan harga perdana yang telah di tetapkan oleh perusahaan IPO.

  • Pooling

Pooling ini adalah penjatahan terpusat yang memang di lakukan oleh perusahaan IPO caranya dengan mengumpulkan semua pesanan lalu nanti akan di bagi lagi supaya para calon investor ini bisa mendapatkan penjatahan yang seimbang. Penjatahan ini akan berlaku jika calon investor melakukan pemesanan dari electronic IPO.

  • Fixed

Fixed ini adalah penjatahan yang sudah pasti, penjatahan ini merupaka proses alokasi pemesanan saham sesuai dengan jumlah pesanan di awal.

 

Tips Memilih Saham IPO

Ini dia beberapa tips yang harus di perhatikan saat akan membeli saham IPO:

  • Lakukan dulu analisis faktor fundamental dari perusahaan
  • Perhatikan dan cermati prospektus dari perusahaan
  • Kenali tujuan dari perusahaan saat melakukan IPO
  • Cari tahu mengenai saham favorit dari para investor

By sartika