Mengenal Lebih Baik Apa Itu Kanker Prostat

apa itu kanker prostat

Apa itu kanker prostat sebenarnya? Penyakit yang diklaim WHO sebagai salah satu mesin pembunuh pria. Termasuk pula dalam jenis kanker yang memiliki tingkat kematian yang tinggi, sekitar 28%. Berikut informasi lebih jelas mengenai kanker prostat dirangkum dari laman deherba.com.

 Apa Sebenarnya Organ Prostat?

Penyakit kanker prostat terbentuk pada organ prostat. Organ ini berada pada di area genital pria, tepat di bawah dari organ kantung kemih dan pada area depan dari rektum. Ini merupakan organ khusus pria yang berfungsi menghasilkan sperma berikut dengan cairan sperma (semen).

Dalam kondisi normal, kelenjar prostat ini ukurannya relatif kecil, hanya sekitar kacang kenari. Di area ini juga terdapat kantung dimana cairan semen dan sperma disimpan sebelum dikeluarkan saat masa ejakuasi.

Prostat sendiri berfungsi sebagai area yang mengaitkan antara kantung kemih dengan uretra yang menjadi saluran kencing sebelum air kencing keluar melalui penis. Menjadi salah satu sensor utama ketika kandung kemih penuh.

Apa Itu Kanker Prostat?

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker paling mematikan dan paling membunuh untuk pria. Dalam data Globocan tahun 2018, Indonesia memiliki kasus hingga 11 jutaan dengan tingkat kematian total sepanjang periode relatif tinggi hingga 5 jutaan. Diperkirakan, bahwa sebenarnya terdapat rasio 1 banding 10 manula pria mengidap kanker prostat.

Bicara soal apa itu kanker prostat akan lebih banyak berbicara tentang perkembangan sel kanker yang berasal dari sel sel kelenjar dalam prostat, dimana produksi semen dan sperma terjadi. Secara medis, kanker yang berkembang dari sel sel kelenjar merupakan jenis kanker adenokarsinoma.

Namun sejumlah jenis kanker lain juga mungkin muncul pada prostat meski dalam prosentasi minimal. Karena kanker prostat mayoritas terbentuk pada sistem kelenjar yang memproduksi semen, maka kanker nantinya juga berpengaruh pada performa seksual dan kesehatan reproduksi.

Apa saja itu jenis kanker prostat selain jenis adenokarsinoma? Di antara yang cukup sering muncul antara lain kanker urotelial atau kanker yang berkembang dari prostat yang menjadi bagian dari saluran kencing. Kemudian kanker skuamosa yang berkembang dari sel pipi pebentuk dinding prostat. Terdapat pula jenis jenis kanker langka seperti kanker sel kecil prostat, kanker karsinoid dan kanker sarkoma.

Apa Penyebab Kanker Prostat?

Sejumlah besar kasus kanker prostat berawal dari gangguan pada fungsi prostat yang berkelanjutan. Gangguan ini lazim terjadi pada mereka di usia di atas 40 tahun. Sebuah kondisi yang menyebabkan terjadinya pembesaran ukuran prostat.

Biasanya berkaitan dengan efek penuaan sel yang menyebabkan regenerasi sel pada prostat membentuk sel baru dengan ukuran dan kemampuan yang menurun dari seharusnya.

Kondisi ini biasa disebut sebagai Prostatic Intrapitelial Neoplasma (PIN) dan Proliverative Inflammatory Atrophy (PIA). Jenis PIA biasanya disertai dengan perkembangan peradangan yang kadang disertai rasa nyeri. Secara awam jenis PIA dan PIN ini bisa dikategorikan sebagai hernia.

Perkembangan PIA dan PIN ini sebenarnya sudah dapat dikategorikan sebagai tumor. Namun sifat dari tumor ini tidak agresif. Yang bila tidak ditangani dengan tepat bisa berkembang menjadi agresif dan ganas.

Selain, PIA dan PIN, prostatitis juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker prostat. Apa itu peran Prostatitis dalam memicu kanker prostat? Prostatitis sendiri merupakan jenis peradangan dan infeksi yang berkembang pada organ prostat. Biasanya berawal dari penyumbatan pada saluran semen yang terserang infeksi bakteri.

Apa itu kaitan prostatitis dengan kanker prostat? dapat Anda temukan kaitannya dalam Public Library of Science  One tahun 2013. Di sini dijelaskan bahwa penderita prostatitis cenderung memiliki PSA level (Prostat Spesific Antigen)  lebih tinggi. Dan ini memicu terbentuknya kerusakan DNA dan gangguan regenerasi sel dalam prostat.