Mengenal Gejala Umum Trakhoma

Trakhoma adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi mata Anda. Ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trakhomatis. Trakhoma menular, menyebar melalui kontak dengan mata, kelopak mata, dan sekresi hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi. Ini juga dapat ditularkan dengan menangani barang yang terinfeksi, seperti sapu tangan. Trakhoma aktif pada anak sering tidak menimbulkan gejala. Trakhoma dapat terjadi bahkan pada anak-anak dengan wajah bersih. Namun, anak-anak dengan Trakhoma aktif mungkin memiliki mata merah, sakit, lengket dan keluar dari hidung.
Siklus infeksi dan resolusi aktif berulang terjadi selama bertahun-tahun. Ketika Trakhoma berkembang pada remaja dan dewasa muda, jaringan parut berkembang di bawah kelopak mata. Tanpa perawatan, bulu mata berputar dan gosok kornea (bagian depan mata yang jelas). Ini disebut trichiasis, dan mungkin menyakitkan. Akhirnya ini akan menyebabkan jaringan parut kornea, diikuti oleh hilangnya penglihatan dan kebutaan.
Pada awalnya, Trakhoma dapat menyebabkan gatal ringan dan iritasi pada mata dan kelopak mata Anda. Kemudian Anda mungkin melihat kelopak mata bengkak dan nanah mengalir dari mata. Penyakit ini yang tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan.
Trakhoma adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa hampir 2 juta orang telah dibutakan oleh Trakhoma. Kebanyakan Trakhoma menyilaukan terjadi di daerah miskin di Afrika. Di daerah-daerah di mana Trakhoma lazim, tingkat infeksi di antara anak-anak di bawah 5 dapat 60 persen atau lebih.

 

Apa yang menyebabkan Trakhoma dan bagaimana penyebarannya?

Trakhoma disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydia Trakhomatis. Bakteri menyebabkan lapisan di bagian dalam kelopak mata (konjungtiva) menjadi meradang, dan akhirnya, setelah infeksi berulang selama bertahun-tahun, menyebabkan kelopak mata berubah ke dalam dan bulu mata menyentuh bola mata.
Infeksi tunggal tidak menimbulkan ancaman serius pada mata, tetapi infeksi berulang dapat menyebabkan peradangan yang luas pada konjungtiva dan jaringan parut kornea. Bakteri tersebar dalam debit yang berasal dari mata, dan dalam beberapa kasus hidung, seseorang dengan kondisi tersebut. Debit dapat disebarkan ke mata orang lain dengan:

  • orang yang terinfeksi menyentuh mata atau hidung mereka dan kemudian menyentuh orang lain
  • berbagi pakaian, seprei, handuk, dan flanel
  • lalat – yang dapat mengirimkan tetesan kecil debit ke orang lain

Gejala

Tanda dan gejala Trakhoma biasanya memengaruhi kedua mata dan mungkin termasuk:

  • Gatal ringan dan iritasi pada mata dan kelopak mata
  • Keluarnya dari mata mengandung lendir atau nanah
  • Pembengkakan kelopak mata
  • Sensitivitas cahaya (fotofobia)
  • Sakit mata

Anak kecil sangat rentan terhadap infeksi. Tetapi penyakit ini berkembang perlahan, dan gejala yang lebih menyakitkan mungkin tidak muncul sampai dewasa. Organisasi Kesehatan Dunia telah mengidentifikasi lima tahap dalam pengembangan trakoma:
Peradangan – folikuler. Infeksi baru saja dimulai pada tahap ini. Lima atau lebih folikel – benjolan kecil yang mengandung limfosit, sejenis sel darah putih – terlihat dengan perbesaran pada permukaan bagian dalam kelopak mata atas Anda (konjungtiva).
Peradangan – intens. Pada tahap ini, mata Anda sekarang sangat menular dan menjadi iritasi, dengan penebalan atau pembengkakan pada kelopak mata atas.
Jaringan parut kelopak mata. Infeksi berulang menyebabkan bekas luka pada kelopak mata bagian dalam. Bekas luka sering muncul sebagai garis putih ketika diperiksa dengan pembesaran. Kelopak mata Anda dapat menjadi terdistorsi dan dapat berubah (entropion).
Bulu mata yang tumbuh ke dalam (trichiasis). Lapisan bagian dalam dari kelopak mata Anda terus berubah bentuk, menyebabkan bulu mata Anda berubah sehingga mereka menggosok dan menggores permukaan luar transparan mata Anda (kornea).
Keruh kornea. Kornea menjadi terpengaruh oleh peradangan yang paling sering terlihat di bawah kelopak mata atas Anda. Peradangan terus-menerus diperparah dengan menggaruk dari bulu mata yang terbalik menyebabkan kerutan pada kornea.

 

Pencegahan Trakhoma

Wajah dan lingkungan yang bersih adalah strategi pencegahan utama untuk memerangi Trakhoma (tidak ada sekresi yang terlihat dari mata atau hidung). Pedoman Australia (disiapkan oleh Communicable Disease Network Australia) dengan ketat mengikuti yang diuraikan dalam SAFE, bentuk kontrol Trakhoma yang diusulkan Organisasi Kesehatan Dunia. SAFE adalah singkatan dari Bedah, Antibiotik, Kebersihan Wajah dan Perbaikan Lingkungan.
Sumber
https://www.sahealth.sa.gov.au
https://www.betterhealth.vic.gov.au
https://www.nhsdirect.wales.nhs.uk
https://www.drugs.com
sumber gambar
https://hellosehat.com