Mengenal Budaya Belitung Sebelum Mengunjunginya

Semakin gencarnya promo paket wisata Belitung, tentunya banyak orang yang penasaran dengan wilayah di Provinsi Bangka Belitung tersebut. Anda bahkan akan semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Tapi, sebelum itu Anda harus memahami budayanya terlebih dahulu. Selain untuk menambah wawasan, tentunya hal ini juga dapat menambah rasa penghormatan terhadap wilayah yang sedang dikunjungi.

Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Bahkan, setiap wilayah memiliki budayanya sendiri yang berbeda dari daerah lainnya. 

Budaya hadir dari kebiasaan masyarakat setempat. Biasanya diwujudkan dalam musik, tari, bentuk rumah, bahasa, hingga tatakrama. Kebudayaan menjadi hal penting di setiap wilayah. Tidak heran jika masyarakatnya sangat mempertahankan budaya tersebut. 

Oleh sebab itu saat Anda mengunjungi suatu tempat, harus menghormati budaya di dalamnya. Begitu juga saat mengunjungi Belitung. Paling tidak, Anda harus mengetahui seni di daerah tersebut. Di antaranya adalah seni tari dan musiknya.

Mengenal Budaya Seni Tari di Belitung

Belitung memiliki banyak seni tari yang cukup populer. Seni tarinya ini kental dengan nuansa Melayu. Dari sekian banyak, berikut ini adalah tarian yang sering ditunjukan pada acara-acara khusus di Belitung:

  1. Tarian Campak yang merupakan warisan budaya masyarakat Belitung. Ciri Khas tarian ini adalah penari wanita mengenakan baju dengan warna cerah dan penari pria menggunakan pakaian teluk belanga.

  2. Beripat Beregong merupakan tarian yang memadukan beladiri dan seni. Bahkan, tarian ini disebut juga sebagai tari adu kejantanan. Tarian ini dulunya bertujuan untuk meminang putri.

  3. Tari Sapen merupakan tarian yang memadukan pencak silat dan seni. Dalam beberapa Paket Wisata Belitung 2D1N, biasanya pertunjukan Tari Sapen masuk ke dalam list acara

  4. Tari Sekapur Sirih merupakan tarian khas Belitung dan beberapa wilayah melayu lainnya. Tarian ini dibawakan untuk menyambut tamu yang datang.

Mengenal Budaya Musik di Belitung

Selain seni tari, seni musik juga menjadi budaya yang sangat menarik untuk diketahui. Di Belitung sendiri, ada banyak semi musik yang bermunculan. Tapi, berikut adalah yang paling populer di masyarakat:

  1. Begambus merupakan musik tradisional di Belitung yang kental dengan nuansa agamis. Di dalamnya, terdapat syair dan petuah yang diiringi oleh musik gambus. Biasanya seni musik ini dimainkan dalam acara kesenian rakyat.

  2. Betiong merupakan seni musik yang dikombinasikan dengan pantun. Pemain akan memainkan alat musik dan saling berbalas pantun satu sama lain. Alat musik yang digunakan biasanya gendang, tawak-tawak, dan biola.

  3. Dul Mulok merupakan seni musik yang dipadukan dengan drama dan syair khas kearifan lokal. Syair yang digunakan biasanya berbahasa Melayu dengan genre cerita beragam.

  4. Begubang merupakan tradisi berbalas pantun pada upacara atau syukuran. Biasanya diiringi musik dan terkadang juga tidak diiringi oleh musik.

Masih banyak lagi budaya khas Belitung yang sangat mengagumkan dan menghibur. Sebelum memilih Paket Tour Belitung , pastikan Anda sudah mengetahui informasi budayanya terlebih dahulu.

Keyword: paket wisata Belitung , paket wisata Belitung 2D1N

 

Deskripsi: Semakin gencarnya promo paket Wisata Belitung, tentunya banyak orang yang penasaran dengan wilayah di Provinsi Bangka Belitung tersebut.