Teknik Dasar Basket yang Patut Kamu Tahu
source gambar : idntimes.com

Dalam permainan bola basket biasanya selalu ada skor untuk menentukan tim mana yang kalang dan menang. Untuk bisa mencetak skor tersebut pemain harus bisa memasukan bola basket ke dalam ring dari tim lawan. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah karena anda harus sama – sama bersaing dengan tim lawan yang juga ingin menambah skor untuk tim yang mereka bela.

Untuk bisa memasukan bola kedalam ring tersebut sebenarnya ada teknik yang bisa dilakukan, teknik tersebut disebut juga dengan teknik shooting bola basket. Dalam permainan bola basket teknik shooting ini juga memiliki beberapa jenis. Nah, untuk anda yang memang menyukai permainan bola basket sebaiknya anda mengetahui jenis – jenis shooting dalam permainan bola basket berikut ini.

  1. One hand Shoot

Teknik Shooting ini merupakan teknik menembakan bola ke arah ring dengan menggunakan satu tangan. Biasanya untuk melakukan teknik shooting ini anda harus menggunakan tangan yang biasa anda gunakan agar tenaganya lebih besar. Tekni satu ini perlu dikuasai oleh semua pemain basket karena ini merupakan cara untuk bisa menambah skor.

  1. Free Throw Shoot

Teknik shooting ini merupakan teknik menembakan bola kea rah ring lawan secara bebas karena biasanya tim lawan mendapatkan pelanggaran maka tim satunya mendapat kesempatan untuk melakukan free throw. Pemain yang melakukan free throw pun bisa melakukan lemparan bola untuk menyerang maupun untuk bertahan.

  1. Hook Shot

Teknik shooting ini merupakan teknik memasukan bola kedalam ring dengan menggunakan satu tangan yang diayun kedalam ring. Biasanya teknik shooting ini dilakukan di post area atau area dalam yang hanya berjarak sekitar tiga sampai empat meter dari arah ring.

  1. Slam Dunk

Teknik shooting bola ini merupakan teknik memasukan bola kedalam ring yang dilakukan bersamaan dengan pemainnya yang melompat. Biasanya setelah berhasil memasukan bola kedalam ring pemain tersebut akan menggelantung di tepi ring untuk sementara.

  1. Lay Up Shoot

Teknik Shooting bola Lay up Shoot ini merupakan teknik menembakan bola basket sambil melompat dengan melakukan dua langkah sebelumnya ke arah ring. Teknik ini merupakan teknik dasar shooting bola dalam permainan bola basket yang paling sering dilakukan oleh para pemain basket.

  1. Jump Shoot

Teknik shooting bola basket yang disebut Jump Shoot ini merupakan teknik yang mengharuskan pemainnya melompat setinggi mungkin untuk bisa memasukan bola kedalam ring. Teknik shooting satu ini biasanya dilakukan saat posisi pemain terdesak oleh lawan.

  1. Three Point Shoot

Teknik shooting bola basket yang disebut Three Point Shoot ini merupakan teknik yang dilakukan pemain untuk mendapatkan 3 poin sekaligus dalam satu lemparan. Agar berhasil tembakan Three Point Shoot ini harus dilakukan dari jarak jauh dan berada diluar garis ring basket.

Itulah beberapa teknik shooting dalam permaiann bola basket yang ada dalam aturan main bola basket yang benar. Selebihnya sebagai pemain anda bisa melatih berbagai teknik shooting bola tersebut dengan rekan satu tim anda. Semakin paham dan semakin sering anda melakukan teknik tersebut maka anda juga akan semakin mahir dan terbiasa menggunakannya dalam permainan.

Jika teknik shooting bola anda menjadi semakin baik maka kesempatan anda menambah skor bagi tim anda pun akan lebih besar. Selain itu shooting bola yang benar juga akan mempengaruhi alur permainan menjadi lebih baik.

By sartika