Black Hole atau lubang hitam ini ialah suatu fenomena yang terjadi di luar angkasa yg artinya sebuah pemusatan massad dari pelengkungan ruang dan  waktu dengan gravitasi yg sangat bertenaga. kenyataan ini mengakibatkan seluruh benda yang berada disekitarnya bisa terserap, bahkan cahaya sekalipun. Black hole ini umumnya digambarkan dengan lubang berwarna hitam pekat, tetapi sebenarnya bentuk nyata asal black hole bukanlah berupa lubang.

 

Sejarah dan  Teori Terbentuknya Black Hole

Teori yang menyatakan adanya lubang hitam pertama kali ini diperkenalkan pada abad ke 18 sang John Michell dan  Pierre Simon Laplace. sehabis itu teori ini dikembangkan sang Karl Schwarzschild itu dengan berdasar pada teori relativitas Albert Einstein di tahun 1916. sehabis itu kata lubang hitam semakin terkenal karena dipopulerkan balik  oleh Stephen William Hawking.

Awalnya bintang itu terbentuk menggunakan kondisi taraf radiasi dan  gravitasi yang seimbang. Semakin usang, bintang ini akan kehabisan bahan bakar dalam melakukan fusi sebagai akibatnya taraf radiasinya itu akan semakin lemah. Ketidakseimbangan gravitasinya yg lebih kuat membentuk bintang itu menghasilkan terjadinya penghancuran pada bintang tadi. waktu mencapai suatu titik tertentu bintang ini akan kolaps dan  menyebabkan ledakan yg dikenal dengan supernova.

Ledakan tadi akan membuat kepadatan benda terus meningkat serta memaksa gravitasi buat terus meningkat jua, kekuatan gravitasi inilah yang kemudian bisa/dapat menciptakan sebuah Blackhole atau lubang Hitam.

lama   kelamaan lubang hitam tersebut akan mati menggunakan sendirinya. Seiring menggunakan berjalannya waktu, lubang hitam tersebut akan terus mengecil sebab tekanan gravitasinya sendiri. hingga pada akhirnya akan membentuk ledakan yang super akbar. tetapi proses tadi berlangsung pada ketika yg sangat lama  , sehingga kemungkinan besar  insan tidak akan dapat mengamati terjadinya ledakan ini.

 

Teori Lubang Hitam

pada artikel ini kita akan menjelaskan beberapa teori pada lubang hitam, ada beberapa teori terkenal ihwal Black Hole :

1. Teori Relativitas awam

Teori ini menyatakan bahwa lubang hitam tersebut terbentuk dari bintang super besar yang tekanan gravitasinya sangat kuat sehingga menarik tenaga dan  materi pada dekatnya. tenaga dan  juga Materi itu akan hancur selesainya itu ditelan sang lubang hitam.

2. Teori fisika Kuantum

Teori fisika Kuantum ini mengatakan bahwa tenaga serta materi yang terserap ke lubang hitam tidak akan musnah, , melainkan akan disimpan dalam ketika yg usang. setelah itu di waktu lubang hitam itu mangkat , maka materi serta tenaga yang pernah diserap itu akan dilepaskan kembali dengan secara tercerai berai.

3. Teori Evolusi Bintang

Teori evolusi bintang ini menyatakan bahwa lubang hitam asal asal suatu bintang biru menggunakan suhu bagian atas melebihi 25.000 derajat celcius, pembakaran hidrogen yg berlangsung kurang lebih 10 juta tahun di bintang tersebut akan membuatnya menjadi bintang biru raksasa. Seiring berjalannya saat bintang itu akan menjadi dingin serta menjadi bintang merah super besar, dalam tahap tadi tarikan gravitasi bintang merah ini membuatnya mengalami ledakan dahsyat. Ledakan dahsyat itu dapat membentuk bintang ini menjadi black hole.