Halo semuanya pada kesempatan kali ini penulis akan kembali membahas tentang betapa pentingnya keberadaan sebuah iklan pada sebuah pemasaran produk.

Tanpa adanya iklan suatu barang atau produk akan sulit sekali di perkenalkan ke khalayak luas, di samping itu dengan adanya iklan bisa menambah nilai atau value yang memperkuat suatu benda untuk bisa di kenal bahkan memiliki harga.

Sebagai contoh sebuah produk minuman A dan B, pada produk A di branding bagus namun lupa atau untuk di iklankan tidak terlalu atau bahkan kurang.

Sedangkan produk minuman B di iklankan dengan kencang  dan di branding dengan bagus, sudah barang tentu produk minuman B akan lebih cepat di kenal oleh khalayak luas dan sehingga terjadilah penjualan.

Baiklah, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Alasan Mengapa Iklan Itu Penting?

mengapa iklan itu penting

Iklan ada di mana-mana. Anda menyalakan TV, membuka browser internet, atau berjalan di jalan dan Anda akan melihat iklan. Mereka semua menuntut perhatian Anda dan  pada akhirnya  uang Anda.

Iklan dapat mengganggu, tetapi apa jadinya dunia tanpa iklan? Berikut adalah sepuluh alasan mengapa periklanan penting bagi bisnis dan masyarakat pada umumnya:

#1 Iklanan Membantu Mengenalkan Bisnis / Produk

Dalam lautan bisnis yang menjual produk dan layanan mereka, bagaimana seseorang membedakan diri mereka? Iklan yang bagus.

Sebuah perusahaan dapat menjual sesuatu yang mendasar seperti sabun dan melakukan lebih baik daripada pesaing hanya karena mereka menjalankan iklan yang disukai konsumen.

Sabun jelas perlu melakukan tugasnya, tetapi dengan produk pembersih, biasanya tidak ada perbedaan besar dalam keefektifannya. Itu datang ke branding dan periklanan.

#2 Iklan Memungkinkan Anda Menargetkan Pelanggan Spesifik

Menjadi strategis tentang periklanan membantu bisnis menjangkau pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli dari mereka.

Di masa lalu, itu berarti mengiklankan hal-hal seperti produk kesehatan di majalah yang berfokus pada kebugaran dan menjalankan iklan mainan selama program TV anak-anak.

Berkat pemasaran digital dan perangkat lunak analitik, bisnis dapat menjadi sangat spesifik tentang siapa yang melihat iklan mereka dan siapa yang telah membeli produk mereka sebelumnya.

#3 Iklan Mempengaruhi Citra Sebuah Brand / Merk

Bagaimana bisnis mewakili dirinya sendiri dapat menarik pelanggan atau menolak mereka. Ada banyak contoh bisnis menjalankan iklan yang menjadi bumerang.

Pada tahun 2017, Dove mengunggah video pendek seorang wanita kulit hitam mengangkat kemeja di atas kepalanya dan muncul untuk berubah menjadi wanita kulit putih.

Wanita ini kemudian melepas bajunya, memperlihatkan seorang wanita Timur Tengah. Niat iklan tersebut tampaknya merupakan representasi, tetapi konsumen tidak senang dan Dove meminta maaf.

Ini bukan pertama kalinya Dove telah mendapat di beberapa panas air , yang menunjukkan betapa pentingnya iklan untuk reputasi merek.

#4 Iklan Membantu Mempertahankan Pelanggan

Para ahli mengatakan kampanye iklan yang sedang berlangsung adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan.

Seorang konsumen mungkin membeli produk dari bisnis dan tidak memikirkannya lagi, bahkan jika mereka puas. Namun, jika mereka terus melihat iklan, mereka diingatkan bahwa ini adalah perusahaan yang mereka sukai.

Menjalankan kampanye iklan yang konsisten sangat penting jika bisnis tidak berjalan dengan baik dan membutuhkan pelanggan yang kembali dan baru.

Berkat bentuk periklanan modern (seperti iklan di media sosial dan pengoptimalan SEO), bisnis dapat menjalankan iklan dengan anggaran kecil.

#5 Iklanan Adalah Bagian Penting Dari Pemasaran

Banyak orang menggunakan pemasaran dan periklanan secara bergantian. Pemasaran mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan, mendorong mereka untuk membeli, dan terlibat dengan mereka sesudahnya untuk mempertahankan loyalitas mereka.

Untuk mendapatkan perhatian mereka dan memberi tahu mereka bahwa Anda memiliki apa yang mereka cari, Anda memerlukan iklan. Iklan seperti kail ikan sedangkan pemasaran adalah seluruh nelayan.

#6 Iklan Yang Bagus Menceritakan Sebuah Kisah

Iklan naratif telah mendapatkan daya tarik dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda melihat iklan dari masa lalu, banyak dari mereka menggambarkan suatu produk atau layanan.

Sebagai contoh, iklan Chevrolet lama menampilkan ilustrasi mobil. Dikelilingi oleh teks yang merinci berbagai aspek kendaraan, seperti tapak lebar dan kemudahan penanganan.

Saat ini, sebagian besar iklan mobil lebih fokus pada orang yang mengendarai mobil daripada mobil itu sendiri. Iklan Chevrolet baru-baru ini menampilkan montase aktor dalam berbagai skenario kehidupan, seperti pindah dari rumah.

Fitur mobil – seperti bantuan parkir dan ukuran bagasi – masih disorot, tetapi tidak di bagian depan dan tengah. Konsumen merespon lebih baik terhadap lebih banyak iklan bergaya naratif.

#7 Iklan Memberi Tahu Pelanggan Jika Bisnis Sejalan Dengan Nilai-nilai Mereka

Konsumen semakin pemilih tentang perusahaan yang mereka pilih untukdidukung. Penelitian menunjukkan tanggung jawab perusahaan sangat berarti bagi orang  terutama orang muda  dan mereka ingin membeli dari bisnis yang selaras dengan nilai-nilai mereka. Periklanan memberi tahu konsumen siapa bisnis itu dan apa yang penting bagi mereka.

#8 Iklan Mempengaruhi Penjualan

Iklan memengaruhi reputasi merek, tetapi apakah itu berarti perbedaan dalam penjualan? Kadang-kadang. Salah satu contoh besar adalah iklan Oldsmobile dari tahun 1998.

Kampanye tersebut mencoba menarik pembeli yang lebih muda. Slogan mereka: “Ini bukan Oldsmobile ayahmu.” Itu tidak berhasil dan juga menghina basis konsumen mereka yang lebih tua.

Meskipun mungkin tidak akurat untuk mengatakan bahwa iklan ini membunuh Oldsmobile, itu jelas tidak meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, ketika Wendy’s merilis iklan “Where’s the Beef” pada tahun 1984, penjualan mereka mencapai rekor laba pada tahun berikutnya.

#9 Iklan Berdampak Pada Ekonomi

Pengeluaran untuk iklan meningkat di seluruh dunia. Para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2024, iklan akan mencapai lebih dari $630 miliar.

Itu berarti lebih banyak pekerjaan, lebih banyak pembeli, persaingan yang lebih kuat, dan peningkatan PDB. Periklanan juga bagus untuk industri kreatif.

Perusahaan sering kali membutuhkan fotografer, animator, musisi, perancang busana, dan lainnya untuk membantu iklan. Ini semua berperan dalam pertumbuhan ekonomi.

#10 Iklan Melampaui Kampanyenya

Periklanan memengaruhi lebih dari sekadar laba perusahaan dan ekonomi. Iklan dapat melampaui produk dan mengubah norma budaya.

De Beers adalah contoh yang bagus. Selama bertahun-tahun, tidak umum bagi orang untuk membeli cincin pertunangan berlian.

Pada tahun 1948, De Beers merilis iklan dengan slogan “Berlian selamanya.” Penjualan cincin meningkat karena para pria muda mematuhi iklan tersebut dan memanfaatkan harga berlian yang bagus.

Saat ini, pasangan yang baru bertunangan diharapkan memiliki setidaknya satu cincin di antara mereka.

Artikel lainnya tentang jenis-jenis iklan bisa juga kalian baca di fatasama.com

Penutup

Nah, itu tadi merupakan sedikit pembahasan tentan beberapa alasan mengapa keberadaan sebuah iklan untuk produk maupun bisnis sangatlah penting.

Demikian pembahasan singkat kali ini semoga informasi yang di bagikan bisa menambah wawasan kita semua seputar pentingnya sebuah iklan.

Sampai jumpa pada pembahasan lainya.

By havidz