Mendalami Setiap Jenis Perubahan dari Perkembangan Bayi 2 Bulan

Mendalami Setiap Jenis Perubahan dari Perkembangan Bayi 2 Bulan

Memiliki seorang bayi, bagi pasangan tentu merupakan anugerah dan selalu ingin mengetahui perkembangan tiap waktunya. Sebenarnya ada beberapa bagian penting ketika sudah berumur 2 bulan dimana harus memiliki sebuah hal signifikan untuk melihat kelebihannya. Tahap awal yaitu melihat dari segi perkembangan bayi 2 bulan, hal utama pada saat fase tersebut adalah kemampuan respon terhadap bunyi.

Secara bobot ukuran tubuh, bayi dalam umur enam hingga delapan minggu akan berada pada sekitar 3.8 hingga 5 kilogram pada kelamin laki-laki. Untuk kelamin perempuan, maka biasanya bobotnya akan sebesar antara 3,6 hingga 4,8 kilogram bersama dengan perkembangan lainnya. Respon paling disukai ketika sudah berumur dua bulan adalah mampu memberikan senyuman sehingga terlihat sangat bagus.

Melihat Lebih Dekat Perkembangan dari Bayi

Seperti sudah diketahui, ada beberapa bagian penting dalam membedah setiap jenis perkembangan anak ketika berumur 2 bulan. Oleh karenanya, pembahasan tersebut ada dalam sebagai berikut ini :

  1. Komunikasi

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa bayi di umur ini mampu dalam mengenali setiap jenis suara dan bunyi dari lingkungan sekitarnya. Hal tersebut juga sebagai faktor dimana sudah mampu menghasilkan suara dan ekspresi lebih beragam sejalan dengan adaptasi bayi. Bahkan, bayi juga sudah bisa memberikan tanda berupa tangisan ketika mengalami sesuatu tidak mengenakan.

  1. Gerak atau motorik

Bagian mengejutkan tentu bisa dilihat dari segi motorik atau gerak bayi dimana sudah bisa memberikan gestur untuk dipahami. Contoh sederhana yaitu memegang dan melepas tangan sembari memainkan setiap bagian jarinya tersebut tentunya. Kemudian ada bentuk keinginan seperti rasa penasaran kepada benda berwarna serta bisa menghasilkan bunyi khas. Hal tidak kalah menarik adalah kemampuan dalam menggerakkan kedua mata terhadap suatu benda.

  1. Segi sosial

Perlu dipahami juga, sekalipun bayi masih sangat kecil, namun proses belajar dari bagian otaknya tetap terasah saat orang tua memberikan cerita. Itulah mengapa jam tidur bayi usia 2 bulan cenderung masih banyak dimana berguna untuk perkembangannya. Sebagai orang tua tentu tidak ada salahnya memijat perlahan bagian tubuh bayi sebagai bentuk sentuhan. Bisa juga nyanyikan sebuah lagu agar kemampuan kembangnya lebih baik.

Hal Penting Saat Anak Sudah Usia 2 Bulan

Setelah melihat dari segi kemampuan, tentu orang tua tetap harus waspada ketika anak tidak bisa mencapai tahap seperti beberapa poin tersebut. Terutama jika anak kurang bisa memberikan sebuah respon, sebaiknya periksa terlebih dahulu untuk melihat kesehatannya. Karena perkembangan dari tiga poin di atas jika tidak sejalan bisa menjadi indikasi bahwa terdapat sebuah masalah pada anak nantinya.

Itulah beberapa hal penting dalam menjamin tumbuh kembang anak agar semakin baik dan sejalan dengan waktunya. Semakin bertambahnya waktu, pasti anak akan terus berkembang dan semakin memiliki beragam kemampuan dimana bisa mengejutkan. Bagian tidak kalah penting yaitu membuat kesehatan bayi tetap terjamin melalui pemberian gizinya.