Membandingkan Samsung S10 VS S10 Plus

Membandingkan dua varian handphone Samsung memang cukup menarik. di tahun 2019 kemarin Samsung mengeluarkan seri handphone di kelas flagship. Yaitu Samsung S10, Samsung S10 Plus dan Samsung S10e. Ketiganya dirilis bersamaan namun tentunya punya perbedaan yang signifikan terutama pada fitur-fiturnya.

Nah kali ini akan dibandingkan Samsung S10 dan Galaxy S10 Plus yang merupakan versi reguler, karena Samsung S10e adalah versi ekonomis dari ketiganya. Kira-kira apa saja perbedaan dari kedua smartphone tersebut?

Layar

Dari sektor layar smartphone, punya perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Nah pads Samsung S10 punya layar dengan seluas 6,1 inci, sedangkan seri satunya lagi didukung  layar 6,4 inci. Namun untuk spesifikasi dari sektor resolusinya sama yaitu dengan Quad HD+ Curved Dynamic AMOLED. Rasio body ke layar mencapai 93,1%. Karena perbedaan ukuran layar yang tidak terlalu jauh tentu juga tidak terlalu berpengaruh pada tingkat kedalaman. Bahkan secara kasatmata perbedaan bisa dibilang tidak ada.

Sementara untuk resolusi layar sendiri adalah 1440 x 3040 pixel. Dengan model layer yang melengkung di kedua sisi dan tidak ada penambahan tetesan air sehingga layarnya benar-benar full body. Masih ditambah lagi dengan fitur menarik yaitu in display fingerprint scanner dengan teknologi canggih ultrasonik. Anda bisa melakukan pemindaian sidik jari tanpa harus membuat layar handphone menyala.

Memori

Dari segi memori, untuk Samsung S10 punya varian RAM yaitu 8 GB dengan support memori internal sebesar 128 GB. Sementara pada Samsung Galaxy S10 Plus, didukung oleh RAM yang jauh lebih besar 12 GB dan memori internal hingga 1 TB, masih ada lagi varian berupa RAM 8GB dan penyimpanan internal dua variasi dengan 128 GB dan 512 GB. Dengan penyimpanan  internal yang cukup besar, dalam hal ini Galaxy S10 Plus tentu bisa dibilang lebih unggul.

Desain

Lalu untuk desainnya sendiri, keduanya punya bobot yang sama-sama ringan namun tetap nyaman ketika digenggam. Bisa dibilang penampilan keduanya ini sangat estetik dengan material casing berkualitas padat dan kokoh. Keduanya juga sama-sama punya rating IP68 jadi bisa dipastikan tahan air dan debu selama 30 menit. Untuk bagian desainnya perbedaannya tidak terlalu banyak hanya pada ukuran layar saja. Sementara pilihan warna smartphone pada Galaxy S10 terdapat varian Prism Black dan Prism White. S10 Plus memiliki tiga variasi warna yaitu Prism Green, Ceramic White dan Ceramic Black.

Prosessor

Pada bagian processor sama-sama didukung chipset Exynos 9820 dengan fabrikasi 7 nm. Dengan fitur AI sehingga otomatis maksimal untuk mengoptimalkan baterai, suhu handphon, RAM dan CPU. Dengan prosesor yang terbilang gahar keduanya tentu sangat bisa diandalkan untuk bermain game dengan grafis yang tinggi sekalipun. Bahkan pada Galaxy S10 Plus, terdapat sistem pendingin ruang uap agar handphone tidak panas. Sementara pada Samsung S10 dilengkapi dengan sistem pendingin namun saja bertipe heatpipe.

Kesimpulannya setelah dilakukan perbandingan untuk kedua smartphone. Tentu anda bisa menilai sendiri ingin membeli Samsung seri pilihan masing-masing. Karena jika dilihat perbandingan harga keduanya juga tidak terlalu jauh. Untuk pembelian di Blibli, pada seri Samsung S10  dan Samsung S10 Plus sama-sama dibanderol mulai harga 9,7 jutaan saja. Varian harganya nanti akan berbeda tergantung pada RAM dan memori internal yang anda pilih. semakin besar RAM dan memori internal yang dipilih biasanya harga akan semakin tinggi. Kunjungi Blibli sekarang juga untuk mendapatkan seri handphone ini, karena harganya tentu lebih terjangkau.