Macam – macam Jaringan Komputer

Bila pada artikel sebelum kita bahas macam-macam jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografisnya. Maka kali ini kita akan ulas macam – macam jaringan komputer berdasarkan transmisi data dan berdasarkan sumber data. Berikut uraiannya.

Macam – macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network atau jaringan komputer berkabel yaitu jenis jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut dipakai untuk menghubungkan antar komputer dengan komputer lainnya supaya komputer-komputer tersebut bisa saling bertukar data dan terhubung dengan internet.

Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Wireless network yaitu jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel untuk media transmisinya. Pertukaran informasi atau data antar komputer dilakukan dengan melalui gelombang elektromagnetik.

savam

Macam – macam Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

Jaringan Terpusat

Jaringan pada komputer terpusat yaitu jenis jaringan komputer yang terdiri atas satu komputer induk dengan satu atau lebih komputer terminal. Dimana komputer induk fungsinya yaitu sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk yang menyimpan seluruh data-data atau program aplikasi yang selanjutnya mendistribusikannya ke komputer terminal. Sementara komputer terminal itu sendiri hanya dapat berfungsi sebagai perantara pengguna untuk dapat mengakses komputer induk.

Baca Juga: Jasa Setting Cisco

Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi yaitu jenis jaringan komputer yang terdiri dari berbagai komputer induk. Pada jaringan terdistribusi ini, seluruh host yang terhubung di jaringan ini dapat berperan untuk komputer induk sebagaimana peran komputer induk pada jaringan terpusat. Itu artinya, distribusi data yang ada di jaringan komputer macam ini bukan hanya dari satu komputer induk (server).