Macam-macam Digital Marketing

Ada beberapa macam Digital Marketing, yang dapat berfungsi untuk mempromosikan pesan dengan cara yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis. Beberapa di antaranya termasuk pemasaran email, pemasaran seluler, dan optimisasi mesin pencari (SEO). Bisnis …

Ada beberapa macam Digital Marketing, yang dapat berfungsi untuk mempromosikan pesan dengan cara yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis.

Beberapa di antaranya termasuk pemasaran email, pemasaran seluler, dan optimisasi mesin pencari (SEO). Bisnis dapat menerapkan satu atau semua metode ini untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Macam-macam Digital Marketing

Salah satu bentuk digital marketing yang populer saat ini seperti Marketplace Digital atau toko online.

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

SEO adalah alat penting dalam pengembangan situs web, produksi konten, dan, tentu saja, pemasaran digital. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat situs web di SERP. Ketika pengguna mencari menggunakan kata kunci, seperti mengetik “meluncurkan bisnis” di Google, misalnya, situs web peringkat tertinggi dengan kata kunci tersebut muncul di bagian atas SERP. Beberapa tautan pertama ini dianggap paling relevan dengan kueri penelusuran. Dengan menggunakan kata kunci, tajuk, dan teknik penautan yang relevan, situs web dapat meningkatkan peringkatnya dan menjangkau lebih banyak pengguna.

Email Marketing

Email Marketing pada dasarnya adalah bentuk elektronik dari pemasaran surat langsung, dan dapat mencakup buletin dengan pembaruan bisnis, atau promosi penjualan dan penawaran eksklusif untuk pelanggan. Email pemasaran mungkin juga berusaha membagikan pesan umum atas nama bisnis Anda.

Meskipun pemasaran email telah menjadi teknik pemasaran digital standar selama beberapa dekade, itu masih terus layak untuk usaha kecil. Faktanya, menurut survei tahun 2020 yang dilakukan oleh perusahaan perangkat lunak pemasaran email AWeber, 79% usaha kecil menyebut pemasaran email sebagai penting atau sangat penting untuk strategi bisnis mereka, sementara 60% melaporkan strategi pemasaran email mereka efektif atau sangat efektif.

Bayar Per Klik (PPC)

Bayar per klik atau Pay-per-click (PPC) adalah teknik pemasaran digital yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas dari mesin pencari ke situs web atau aplikasi bisnis. Menggunakan PPC, bisnis menempatkan iklan pada platform periklanan seperti Google Ads dan membayar host platform ketika pengguna mengklik iklan mereka. Iklan sering terdaftar di SERP, biasanya ditempatkan di bagian atas. Iklan PPC juga dapat ditampilkan saat menjelajahi web secara umum, menggunakan aplikasi, atau sebagai penempatan pra-putar sebelum memutar video.

Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial mencakup pemasaran yang diselesaikan melalui saluran media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Bentuk pemasaran ini juga bersifat langsung dan dapat ditargetkan kepada pengguna yang mengikuti profil media sosial lain yang relevan. Ini menguntungkan karena potensi untuk menjangkau sejumlah besar pengguna.

Di Facebook, misalnya, bisnis dapat menggunakan Halaman Facebook untuk membuat profil untuk berbagi informasi perusahaan, pembaruan, penawaran khusus, dan bahkan daftar pekerjaan dengan memposting foto, video, dan pesan. Pelanggan saat ini atau bahkan pelanggan potensial dapat menyukai halaman Anda dan menjadi “penggemar”, yang memungkinkan mereka untuk mengikuti Anda dan menerima pembaruan apa pun yang Anda posting di umpan mereka.

Seiring dengan Halaman Facebook, jejaring sosial juga memberikan kesempatan untuk membuat iklan teks dan video yang ditargetkan.

Pemasaran Seluler

Pemasaran seluler adalah metode menjangkau pelanggan di ponsel cerdas atau tablet mereka dan mempromosikan produk dan layanan melalui pesan teks, media sosial, situs web, email, dan aplikasi.

Dengan pengalaman konsumen yang sekarang sebagian besar didorong melalui perangkat seluler, terutama dalam hal penelitian produk atau perusahaan, pemasaran seluler dapat menjadi sangat penting untuk mendorong bisnis.

Konten Marketing

Konten Marketing berjalan seiring dengan metode digital marketing lainnya, seperti SEO dan bayar per klik. Ini melibatkan pembuatan dan pengorganisasian konten, seperti blog dan video, untuk tujuan promosi. Penting bahwa konten ini akurat dan bebas kesalahan, karena kualitas konten juga akan berdampak pada peringkat pencariannya.

Itulah beberapa macam Digital Marketing yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda secara online.