Langkah-langkah Cara Menulis Lagu

 

Langkah pertama dalam menulis lagu adalah memulai dengan emosi. Tentukan waktu dalam hidup Anda, masa lalu, sekarang, atau masa depan, yang dulu, sedang, atau Anda pikir akan sangat emosional.

Langkah selanjutnya adalah memutuskan tentang apa lagu itu dan ide atau pesan apa yang ingin Anda sampaikan. Anda juga harus mempertimbangkan cerita apa yang harus Anda masukkan ke dalam lagu yang dapat menyampaikan pesan atau ide Anda secara efektif.

Sementara dalam proses perenungan ini, sebenarnya ini adalah waktu terbaik untuk menemukan lirik untuk bagian chorus dari lagu tersebut. Chorus adalah bagian yang menghubungkan satu ayat ke ayat berikutnya. Anda harus memastikan bahwa ketika Anda menyanyikan paduan suara di antara bait-bait itu, itu akan terdengar masuk akal. Anda dapat membuat judul yang menawan untuk lagu Anda dari bagian chorus.

Langkah selanjutnya https://travelagu.net/ yang harus dilakukan adalah membuat draft kasar dari bait pertama lagu Anda. Ini sangat penting karena ini harus menarik minat audiens Anda dan membuat mereka mendengarkan lagu Anda.

Pada titik ini Anda harus melanjutkan menulis ayat kedua. Ini akan berisi kelanjutan cerita. Hindari terlalu detail.

Bait ketiga akan menguraikan cerita dan memasukkan informasi penting. Ini seperti klimaks dari lagu tersebut karena akan diikuti oleh bait keempat yang akan menutup semuanya.

Bait keempat adalah bagian penutup dari lagu tersebut, seperti bab terakhir dari sebuah buku.

Langkah terakhir adalah memoles dan meningkatkan. Tinjau lirik Anda dan ubah kalimat menjadi baris. Setelah itu, cobalah untuk membuatnya berima pada akhirnya dengan memodifikasi kata-kata terakhir. Ini harus dilakukan dalam paduan suara juga. Perhatikan bahwa setiap baris harus memiliki jumlah suku kata yang relatif sama sehingga lagu tidak akan terdengar berombak.

Setelah Anda menulis seluruh lagu, Anda dapat memilih untuk membuat musik untuk lagu tersebut. Jika Anda tidak begitu mahir dalam mengarang tetapi hanya ingin membuat musik, Anda dapat membiarkan seseorang melakukannya untuk Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan penulis lagu untuk disewa yang berspesialisasi dalam menciptakan lirik yang bagus. Seringkali, musisi dan orang-orang di band memiliki rancangan kasar yang dapat sangat ditingkatkan dengan harga terjangkau dan oleh musisi berpengalaman dalam genre mereka. Kolaborasi adalah komponen yang dapat diterima dan bahkan diperlukan dalam penulisan lagu.