Kredivo vs SolusiKu, Mana yang Lebih Rendah Bunganya?

Nyari aplikasi kredit yang pas di kantong, sebenernya nggak susah. Tapi, kita harus ngeluarin effort buat riset, baca-baca ulasan pengguna, review, dan aturan yang dimiliki dari masing-masing aplikasi kredit. Mengingat, saat ini ada ratusan jumlah …

Nyari aplikasi kredit yang pas di kantong, sebenernya nggak susah. Tapi, kita harus ngeluarin effort buat riset, baca-baca ulasan pengguna, review, dan aturan yang dimiliki dari masing-masing aplikasi kredit. Mengingat, saat ini ada ratusan jumlah aplikasi kredit yang beredar. Berdasarkan info di situs OJK per 7 Desember 2020, ada total 152 fintech lending dan peer-to-peer landing yang sudah terdaftar. 

 

Nah, buat membantu kalian mempersingkat waktu riset dan banding-bandingin mana aplikasi kredit yang paling oke, saya bakal bandingin dua aplikasi kredit yang saya temuin dan menurut saya cukup menarik buat diulas. Yak, ada Kredivo dan SolusiKu. Apa aja bedanya?

 

Perbedaan Kredivo vs SolusiKu

 

Buat kalian yang nyari aplikasi kredit dengan layanan komplit, Kredivo bisa jadi pilihan tepat. Kalian bisa pake Kredivo buat kredit barang, kredit pay later tanpa bunga, hingga kredit pinjaman tunai. Iya, dalam satu aplikasi, kalian bisa menikmati semua layanan kredit tersebut jika menjadi pengguna premium Kredivo. 

 

Kalo kalian nyari aplikasi kredit buat pinjaman uang, maka kalian bisa juga menggunakan SolusiKu. Ada tiga produk pinjaman yang ditawarkan oleh SolusiKu sebagai fintech, yaitu Pinjaman Tunai, Pinjaman Jangka Panjang, dan Pinjaman Pegawai. 

 

Limit Pinjaman di Kredivo vs SolusiKu

 

Di Kredivo, ada dua pilihan akun yang disediakan untuk pendaftar: Basic dan Premium. Akun Basic limitnya maksimal bisa sampai Rp 3 juta, sedangkan akun Premium limitnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Kalo mau menggunakan limit untuk pengajuan pinjaman, kita bisa langsung pake fitur “Pinjaman Tunai” yang ada di aplikasi Kredivo. 

 

Lewat fitur tersebut, kita bisa mengajukan pinjaman minimal mulai 500 ribu dan maksimal sampai mentok di limit untuk tenor 6 bulan. Karena di Kredivo, opsi tenor yang tersedia buat pinjaman tunai ada 3, yaitu: 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Misalnya punya saya limit buat tenor 6 bulan kesisa Rp 12 juta, berarti saya bisa pinjam dana maksimal sampai Rp 12 juta di Kredivo. 

 

Di SolusiKu, limit pinjaman yang bisa diajukan berlaku mulai dari 600 ribu sampai Rp 1,2 juta. Tenor yang disediakan SolusiKu untuk pinjaman tersebut juga cukup singkat, mulai 91 hari (2 bulan) sampai 91 hari (3 bulan). 

 

Beda Suku Bunga di Kredivo vs SolusiKu

 

Salah satu yang unggul dan menarik dari Kredivo selain fitur kredit all in one-nya adalah bunga. Suku bunga Kredivo terbilang cukup rendah untuk ukuran aplikasi kredit. Cuma 2,6% per bulan baik untuk pinjaman tunai maupun kredit barang. Bahkan, Kredivo tidak mengenakan bunga untuk pay later 30 hari alias 0%. 

 

Di SolusiKu, suku bunga pinjaman yang berlaku adalah 0,07% per hari ditambah dengan adanya biaya layanan sebesar 0,02% per hari. 

 

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Kredivo vs SolusiKu

 

Aplikasi Kredivo maupun SolusiKu tersedia di Google Play Store atau App Store. Bisa langsung diunduh untuk pendaftaran. Kedua fintech ini sama-sama menggunakan platform aplikasi dalam layanannya, tidak ada metode/cara lain. Jadi, kalo mau daftar dan mengajukan pinjaman, kamu wajib mendownload aplikasinya lebih dulu. 

 

Yang paling penting daripada itu, kamu perlu memenuhi kriteria atau syarat dari Kredivo atau SolusiKu lebih dulu sebelum mengajukan pinjaman. 

 

Sebelum daftar Kredivo, pastikan kamu: 

 

  1. Merupakan WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimum sebesar Rp 3 juta per bulannya. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Kalo mau daftar SolusiKu, pastikan kamu: 

 

  1. Merupakan WNI berusia 18 – 55 tahun. 
  2. Punya KTP dan rekening bank atas nama pribadi. 

 

Beda sama Kredivo yang mencantumkan detail domisili dan syarat minimum penghasilan, kebetulan saya nggak menemukan info lebih detail terkait syarat pendaftaran SolusiKu. Kalo boleh kasih masukan, banyak informasi di website SolusiKu yang menurut saya kurang jelas & perlu diupdate. Terutama tentang info pinjaman yang berlaku, selain di laman Google Play Storenya. 

 

But overall, baik Kredivo maupun SolusiKu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita sebagai pengguna, tinggal pilih aja yang paling sesuai kondisi pribadi mau pakai yang mana untuk kebutuhan kita? 🙂