Ketahui Jenis-Jenis Lantai Vinyl

Dalam proses pembangunan, salah satu komponen penting adalah flooring. Ini memerlukan perhatian khusus karena menjadi tempat pergerakan para penghuni. Ketahui berbagai jenis lantai vinyl populer dengan sejumlah keunggulan.

Ketahui Jenis-Jenis Lantai Vinyl

Jenis-Jenis Lantai Vinyl Paling Banyak Digunakan UntukĀ  Rumah

Lantai vinyl menjadi pilihan banyak orang karena mempunyai banyak ragam motifnya. Selain itu, juga sangat mudah dalam memasangnya seperti pemasangan stiker. Ada berbagai macam jenis dari flooring yang satu ini. Simak daftarnya berikut.

  1. Lantai Vinyl Tile

Jenis lantai vinyl yang pertama adalah tile. Bentuknya hampir sama seperti keramik dengan ukuran antara 30 sampai 50 cm. Sedangkan, untuk ketebalannya yaitu 1.5 – 3 mm. Ukuran ini cukup besar sehingga memberikan kesan mewah dan mahal.

Ada beragam dari motif lantai vynil tile. Pengguna dapat menyusunnya sesuai keinginan sehingga memberikan nuansa penampilan indah dan estetik. Salah satu caranya adalah membuat bentuk mozaik dengan pola-pola unik.

  1. Lantai Vinyl Plank

Pada jenis lantai vinyl berikutnya adalah plank. Ini merupakan yang paling populer serta laris manis menjadi pilihan banyak orang. Bentuknya seperti panel kayu. Harganya juga sangat terjangkau serta mampu memberikan tampilan natural.

Jenis vinyl ini terbagi ke dalam dua macam, yakni embossed dengan serat kayu anti slip. Sedangkan non-embossed mempunyai permukaan halus sehingga mudah membersihkannya. Tekstur seperti kayu asli ini memiliki ukuran ketebalan antara 2 – 3 mm serta materialnya berupa polycarbonate.

  1. Lantai Vinyl Click

Vinyl click merupakan jenis lantai yang tidak memerlukan lem untuk memasangnya. Dengan demikan, membutuhkan sebuah pengunci khusus pada bagian pinggiran agar dapat menempel. Maka dari itu, pemasangannya akan rapi serta bagus.

Ini juga menjadi vinyl lantai rumah sakit karena awet dan mudah dalam perawatannya. Bentuknya juga sangat beragam dalam bentuk lembar-lembaran persegi panjang. Selain itu, untuk ukurannya cukup tebal, yakni sekitar 5 mm.

Demikian informasi tentang sejumlah jenis lantai vinyl. Anda dapat memilih dan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan dan desain dari rumah atau bangunan. Di sisi lain, juga harus memperhatikan budged yang dimiliki agar tidak terjadi pembangkakan biaya.