Kelebihan dan kekurangan pipa PVC

Ketika kita hendak membangun sebuah rumah hal yang harus kita pikirkan adalah material – material bahan bangunan yang akan kita gunakan. Mulai dari semen, batu bata, keramik lantai dan yang tidak kalah penting adalah instalasi air. Pada saat kita akan membuat instalasi air dirumah, kita akan dihadapkan dengan pemilihan jenis pipa. Jenis pipa yang bisa kita pilih sangatlah banyak mulai dari pipa berbahan dasar logam hingga pipa plastik yang sangat populer sekarang. Salah satunya yaitu pipa PVC. Distributor pipa kami menyediakan kebutuhan untuk material pembangunan rumah anda.

Pipa PVC adalah pipa plastik yang berbahan termoplastik dan kerap digunakan pada penyaluran air bersih. Pipa jenis ini masih banyak diminati karena harganya murah. Pipa Rucika sering menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di pasar, sambunganya mudah dipasang, ringan dan harganya pun cenderung murah.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah kelebihan pipa PVC.

1. Proses Instalasi Sangat Mudah

kelebihan pipa PVC dibandingkan pada produk lainnya adalah ia sangat mudah dalam proses instalasi. Pipa ini juga sangat mudah dipotong karena menggunakan material berbahan dasar thermoplastik. Material dari pipa PVC ini juga sangat ringan sehingga membuatnya mudah dipasang dan dibawa. Selain itu, lapisan dari pipa ini tahan korosi sehingga aman terhadap bahan-bahan kimia dan senyawa berbahaya.

2. Harga yang ekonomis

Jika dibandingkan dengan harga pipa logam yang tinggi, harga pipa PVC ini cenderung lebih rendah. Tidak hanya itu saja, karena pemasangannya mudah, Anda pun tidak harus menyewa jasa profesional untuk memasangnya. Ketika sudah dipasang pipa PVC biaya perawatanya pun sangat rendah. Anda bisa membelinya di toko material dengan dana yang tidak mencekik leher. Tidak hanya itu saja, karena pemasagannya mudah, Anda pun tidak harus menyewa jasa profesional untuk memasangnya. Ketika sudah dipasang pun, biaya perawatannya nyaris tidak ada alias free maintenance.

3. Kuat dan tidak mudah pecah

Pipa ini tergolong pipa plastik yang sangat kuat dan tidak mudah pecah dalam segala kondisi. Ini karena pipa terbuat dari Polyvinyl Chloride yang berkarakteristik kuat namun tetap ringan.  Pipa ini sangat tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Lantaran sifat anti korosinya, membuat pipa ini sangat multifungsi baik untuk buangan limbah, pipa air dengan tekanan dan penggunaan ventilasi udara.

4. Tidak mudah terkena korosi dan tahan terhadap bahan kimia

Berbeda dengan pipa besi yang bisa mengalami karat sewaktu-waktu, pipa PVC ini tahan korosi dan tidak mungkin berkarat dalam jangka waktu yang lama. Pipa PVC juga tidak mudah tercemar alkalin atau senyawa kimiawi lain yang bisa mencemari air di dalam saluran.

 

Namun dibalik kelebihan pipa PVC, pipa ini juga memiliki kelemahan yaitu.

 

  1. Sangat peka terhadap sinar matahari

Meski diklaim tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung, namun nyatanya tidak selalu demikian. Pipa ini terlalu peka terhadap sinar matahari sehingga membuatnya mudah rapuh bahkan meleleh.

  1. Memiliki titik leleh yang rendah

Kelemahan lain yang dimiliki oleh pipa ini adalah titik lelehnya yang terlalu rendah dibandingkan dengan pipa logam. Sehingga ini menyebabkan pipa akan sangat lama untuk meleleh. Tak hanya itu, asap yang dikeluarkan saat proses pembakaran juga sangat berbahaya jika dihirup. Harga pipa ini juga semakin mahal seiring dengan besarnya ukuran dari pipa. Meski demikian, kekurangan pipa ini tak terlalu mengganggu atau membahayakan. Yang terpenting tetap memperhatikan prosedur keamanan dalam pemasangannya.