Kelebihan dan Kekurangan Lem Tembak.

main image

source gambar : blibli.com

Beda dengan lem yang lainnya, lem tembak memiliki ciri atau desain yang berbeda. Lem tembak ini memiliki nama lain yaitu hot melt glue gun. Lem ini berbentuk batang seperti lilin namun agak lentur. Cara memakai lem ini juga berbeda dengan cara pakai lem pada umumnya.

Lem ini pada umumnya mudah untuk kering dan lem ini sangat merekat pada benda yang terkena lem ini. Oleh karena itu lem ini berfungsi untuk barang-barang yang besar dan kokoh. Untuk lebih jelasnya berikut adalah kelebihan dan kekurangan hot melt glue gun atau yang biasa kita kenal sebagai lem tembak.

  • Kelebihan
  1. Memperbaiki kerusakan

Lem ini sangat efektif kepada barang-barang yang sudah rusak khususnya benda benda yang terbuat oleh kayu, plastik, kain, dan lain-lain. Oleh karena itu lem ini sangat berguna untuk barang-barang rumah tangga.

  1. Untuk kerajinan

Pada kerajinan-kerajinan tertentu, lem tembak ini sangat cocok untuk digunakan. Seperti halnya pembuatan Bros atau miniatur yang terbuat dari kayu. Karena lem ini dapat bertahan dalam waktu yang lama oleh karena itu agar kerajinan itu awet, gunakan lem ini untuk merekatkan kerajinan-kerajinannya.

  1. Untuk pengemasan barang

Karena pengemasan barang itu harus sangat merekat agar barang dapat terhindar dari kerusakan dan terlindungi. Proses pengemasan menggunakan lem tembak juga sangat cepat untuk mengemas barang. Jika barang itu harus buru-buru di kemas gunakan lem tembak karena akan lebih efektif dalam pengemasan.

  • Kekurangan
  1. Digunakan hanya untuk barang tertentu

Lem ini memiliki kekurangan karena hanya digunakan dalam barang tertentu. Tidak seperti lem biasa yang dapat digunakan untuk pekerjaan yang beragam

  1. Kurang enak dilihat

Lem ini kurang rapi jika digunakan dalam barang-barang yang sifatnya tipis atau kecil. Karena lem ini cukup besar jika dipakai pada barang yang kecil.

  1. Cukup berbahaya

Lem tembak ini cukup berbahaya karena sifatnya sangat panas dan jika digunakan tidak pada tempatnya atau tidak pada fungsinya lem tembak ini sangat berbahaya. Apalagi jika dipakai oleh anak kecil, untuk itu hindari lem tembak ini oleh anak kecil