Beberapa tahun terakhir, Kami gencar mengupayakan dan mengedukasi calon pelanggan kami, terutama biasanya Rumah Sakit yang bakal pengadaan Genset untuk syarat wajib operasionalnya. Tulisan ini kita buat untuk Kami menunjang Anda menyadari berlebihan dan kekurangan Parallel Sinkron/Synchron Genset supaya mampu menunjang di dalam memilih terutama mampu bekerjasama bersama dengan FASTEK kedepannya. Berikut menurut pendapat kami.

 

APA ITU SYNCHRON GENSET?

Menggabungkan dua atau lebih generator untuk menyuplai kekuatan pada Beban (misal : bangunan, mesin dll), sebenarnya tak cuma antar genset saja yang mampu di synchron kan, pada beberapa genset dan beberapa trafo PLN juga mampu di synchronkan, kita dulu melakukanya 3 genset 1 trafo dengan flow meter lc.

Menyambungkan secara paralel sumber kekuatan listrik AC 3 fasa tidak asal disambung, wajib ada pengkondisian tertentu

 

-Penyamaan Voltase
-Urutan fasa wajib sama
-Sudut fasa wajib sama
-Frekuensi listrik wajib sama

Jika penyambungan ditunaikan asal atau keadaan diatas tidak dipenuhi, sedikitnya AVR dan Dioda pada genset sekejap rusak.

Pada postingan kali ini Kami cuma bakal mengulas berkenaan Synchron genset tidak disempurnakan PLN supaya penjelasan tidak bias

 

APA FUNGSI SYNCHRON SUMBER DAYA LISTRIK

Pemanfaatan Synchron mampu difungsikan dibagi menjadi 2 model :

Load Sharing, yaitu membagi beban kekuatan bersama dengan – sama, bermakna keseluruhan kekuatan genset dijumlahkan. Misalkan Tiga unit genset 250KVA maka keseluruhan mampu menyuplai kekuatan hingga 750KVA ke beban.

Fail Over, yaitu mencadangkan genset lainya ketika ada kegagal / fault. sebagai perumpamaan pengalaman Kami PLTD d suatu pulau, mempunyai 2 genset 1.000KVA genset A di set sebagai utama, ketika genset A mengalami masalah, overheat atau hal lain. Maka otomatis genset B bakal menyala menggantikan.

 

KEUNGGULAN KONTINUITAS DAYA LISTRIK PADA SINKRON GENSET

Ada kalanya genset bermasalah, dan perbaikan genset, ketersediaan spare part membutuhkan pas yang tidak sebentar. untuk sektor kesehatan, IT hingga produksi. Terganggunya pasokan listrik mampu berakibat hilangnya nyawa dan kerugian besar. Dengan sinkron genset, layaknya yang pada mulanya saya jelaskan sebelumnya, proses fail over maupun load share bakal saling mecadangkan. Dan sangat mungkin untuk penambahan genset sewaan sesekali pas membutuhkan kekuatan besar layaknya yang sering ditunaikan pada PLTD.

 

KEMUDAHAN MENAMBAH KEBUTUHAN DAYA GENSET DENGAN SINKRON

Setelah sekian tahun dan berkembang, suatu usaha membutuhkan kekuatan lebih untuk backup berasal dari Genset, yang sebelummya cuma 300KVA sekarang membutuhkan 600KVA, maka tidak wajib repot menjual genset lama bersama dengan harga tidak mahal dan membeli baru genset 600KVA yang tinggi. Cukup membeli tambahan genset 300KVA dan panel synchron, saya percaya keseluruhan investasinya jauh lebih tidak mahal dibanding bersama dengan skema Jual 300KVA yang lama dan Beli 600KVA yang baru.

HARGA GENSET TUNGGAL DAN GENSET UNTUK SYNCRON

Untuk mampu laksanakan parallel synchronous generator ada tambahan asesoris yaitu

Motor Servo, untuk genset convensional non elektonik modul, dan terkecuali sudah ECM maka tidak perlu.
Droop kit, yang dipasang di Generator untuk input AVR.

Modul Kontrol Synchron genset

Penyesuaian Panel Outgoing Genset yang tadinya Manual Operation menjadi Electric Operation
Kedua barang diatas tidaklah mahal, tidak lebih berasal dari 5% harga genset (khusus 100KVA keatas)

Harga Genset tidak linier rata berdasarkan KVA nya, tapi harga genset tunggal yang lebih besar biasanya lebih mahal.

Contoh : Genset 625KVA brand Cummin – stamford harga kisaran Rp 900jt

Harga Genset Cummins – Stamford 325KVA harga Rp 400jt

Selisih Rp 100jt, lebih hemat bukan?

Dan terkecuali berkeinginan menjual, tambah besar kekuatan genset bakal lebih kesulitan dijual

 

BIAYA PERAWATAN GENSET TUNGGAL DAN MULTI GENSET

Biaya Perawatan Genset Tunggal dan Multi Syncron mampu dibilang mendekati sama, karena di dalam jasa perawatan Genset biasanya dihitung berdasarkan KVA karena terkecuali ditotal berasal dari kekuatan hampir sama. Maka untuk Jasa ongkos perawatan hampir sama.

Spare part genset menurut pengalaman kami, tambah besar mesinnya maka tambah susah didapatkan karena kuantitas populasinya tidak sebanyak genset lebih kecil, dan menurut prinsip ekonomi tambah slow moving suatu barang atau jasa maka harga bakal tambah tinggi.

 

BIAYA OPERASIONAL GENSET SINKRON VS TUNGGAL

Berdasar pengalaman kita genset 500KVA mampu membutuhkan 100 liter/jam ketika full load, dan 250KVA membutuhkan 50 liter/jam ketika full load. Bayangkan terkecuali kekuatan yang dibutuhkan kurg berasal dari 50% berjam-jam menyala, bakal ada pemborosan bahan bakar.

dibanding terkecuali skema load sharing, pas genset pertama mencapai load 80% genset ke 2 baru bakal terasa menyala, supaya bahan bakar bakal menyesuaikan.

Dan wajib ada yang wajib diingat, ketika Genset hidup bersama dengan beban kurang berasal dari 35% pada jangka panjang bakal mengakibatkan kerusakan Piston, Ring Piston, Liner dan Turbocharger dan mengakibatkan Coke pada Oli.

KEKURANGAN PENGGUNAAN SYNCHRON GENSET

diatas merupakan Kelebihan – berlebihan dan penghematan yang mampu ditunaikan ketika mengaplikasikan Paralel sinkron genset, Kita seluruh wajib menyadari didunia ini tidak ada yang namanya product yang sempurna, maka berasal dari itu tidak fair terkecuali saya tidak memaparkan kekurangan berasal dari proses Paralel sinkron genset.

 

Sumber Daya Manusia yang menyadari Paralel sinkron genset tetap sedikit

Paralel ini merupakan teknologi baru di indonesia, Awal Kami mengawali menempatkan proses Paralel sinkron genset 2014 belum ada teknisi di Jateng dan DIY yang mampu menunjang Kami, kelanjutannya kita bereksperimen dan merusakan alat seharga Rp 40jt, tapi projek berhasil, anggap saja ongkos belajar. Bahkan sekarang Kita mampu yang sudah mampu diakses melalui cloud server.

Hingga pas ini terkecuali kamu berjumpa penjaja genset yang menjelek – jelekan dan malas di dalam sebabkan proses Paralel sinkron genset ini. barangkali besar sebenarnya tidak mampu dan kuatir bakal efek mengakibatkan kerusakan alat.

Operator, ketika proses sudah dipasang bersama dengan baik. operator terlalu enteng menjalankan dan sebenarnya biasanya operator wajib senang studi lagi pada proses ini, kuncinya ada pada “Operator wajib senang studi hal baru”. bahkan yang sudah Kami koneksikan ke Cloud, kita juga mampu menunjang mengecek ketika ada trouble berasal dari area kami.

 

Resiko Kerusakan generator terkecuali gagal synchron

Ketika Sistem tidak terinstal bersama dengan baik, atau ada rintangan pada tidak benar satu mesin genset, perumpamaan tidak senang tingkatkan RPM mesin, maka bakal ada gagal synchron, biasanya ketika ada gagal synchron ada pengaman untuk melewatkan koneksi ke jaringan beban. tapi terkecuali pengaman tidak berfungsi, mesin bermasalah, maka generator menjadi korbannya. oleh karena itu pengecekan berkala wajib ditunaikan sungguh – sungguh pada proses ini.

By toha