Kamera Thermal, Super Duper Aman!

Tahukah kamu tentang kamera termal? Jangan jangan ternyata kamu belum pernah tahu tentang kamera yang digadang super canggih ini hohohooo  padahal sekarang sangat sering kita jumpai si kamerathermal iniloh, bahkan untuk mendeteksi covid 19 saja sering digunakan kamera thermal guna mendeteksi suhu tubuh tanpa kontak fisik,keren bukan. Kamera thermal juga dapat digunaka untuk mendeteksi “hantu” loh wah canggih banget ya kamera thermal ini.

Kamera Thermal, Super Duper Aman!Kamera Thermal, Super Duper Aman!

Tahu Gak Sih? Kenapa Kamera Thermal ini digadang Super Canggih? Yap! Karena Kamera ini berkerja dengan mengubah Radiasi Inframerah menjadi Cahaya Tampak , hal inimenjadikan kita dapat melihat objek didalam gelap bahkan penghalang tembus panas.

Jadi tak jarang juga kamera di gunakan oleh pemadam kebakaran, kedokteran hingga penjagaan hutan loh, super duper canggih!!

Kamera ini merupakan salah satu kamera CCTV jadi kita dapat enjumpai Jenis Kamera Thermal ini digerai gerai CCTV ya! Baca CCTV Cilacap.

Berikut Beberapa Manfaat CCTV Thermal / Kamera Thermal

  1. Untuk Rumah Sakit
    • Pengukuran Suhu Tubuh Tanpa Kontak Fisik

Teknologi Thermal Camera memampukan petugas medis untuk melakukan pengukuran suhu tubuh tanpa adanya kontak fisik. Teknologi skin temperature measurement dapat menggantikan peran thermo gun manual untuk mengecek suhu tubuh pasien. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, thermal kamera dapat menghasilkan hasil pengukuran yang akurat dengan toleransi kesalahan maksimal ± 0,5 °C. Dengan berkurangnya kontak fisik petugas medis dengan pasien, risiko penularan virus Covid akibat kegiatan pengukuran suhu Tubuh pun semakin menurun.

  • Memudahkan Pengarsipan Pengukuran Suhu Tubuh Setiap Pasien

Jika pengukuran suhu tubuh konvensional dilakukan dengan pencatatan secara manual, penggunaan thermal camera membantu pihak rumah sakit dalam pengarsipan hasil pengukuran suhu tubuh. Data hasil pengukuran suhu tubuh kini sudah dapat diidentifikasi berdasarkan nama pasien melalui fitur Facial Recognition. Setelah data foto pasien didaftarkan, record perhitungan suhu tubuh setiap pasien sudah dapat diarsipkan secara digital, sehingga dapat mengurangi waktu administrasi dalam pengarsipan data hasil pengukuran tersebut.

  • Mengurangi Risiko Human Error

Dengan adanya fitur facial recognition, maka data pengukuran suhu tubuh akan disimpan berdasarkan nama pasien secara otomatis, sehingga dapat memangkas human error yang dapat terjadi akibat proses pengarsipan data hasil suhu tubuh yang sebelumnya dilakukan secara manual.

  • Memudahkan moritoring perkembangan pasien secara berkala

Dengan adanya keterangan waktu pada saat pengambilan data suhu tubuh pasien, tenaga medis dapat memantau perubahan maupun perkembangan yang terjadi pada suhu tubuh pasien pada periode waktu tertentu.

  • Memudahan pemantauan jarak jauh kondisi suhu tubuh pasien

Menggunakan konsep Integrated Thermal Monitoring, suhu tubuh pasien kini dapat dipantau oleh petugas pasien dari berbagai tempat. Melalui integrasi Thermal Camera dengan Platform Smart Hospital dalam bentuk web based maupun app based, data hasil pengukuran suhu tubuh pasien kini dapat diakses melalui device yang diakses dimana saja, kapan saja sehingga memudahkan petugas medis dalam melakukan pemantauan pasien.

  1. Untuk Pemadam Kebakaran

Dengan mengubah radiasi inframerah menjadi cahaya tampak, kamera ini memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk melihat area panas melalui asap, kegelapan, atau penghalang tembus panas.

Sehingga para petugas pemadam kebakaran dapat mengetahui dimana letak korban jiwa atau korban yang masih terjebak didalam kebakaran bahkan dapat mendeteksi dimana suber api yang menyebabkan kebaran tersebut terjadi.

 

  1. Untuk Rumah
    • Deteksi Bahaya Listrik

kebocoran air yang dapat diidentifikasi melalui perubahan suhu dinding atau struktur, titik panas (hotspot) juga dapat membantu kita dalama mengidentifikasi masalah bahaya listrik. Deteksi pada kabel dan panel listrik

Dinding pada rumah atau bangunan kita memiliki kabel yang dipasang didalamnya. Apabila sirkuit atau jaringan listrik mengalami kelebihan kapasitas (overload), atau beberapa kerusakan telah terjadi pada kabel, maka hotspot akan timbul dan meningkat yang jika dibiarkan tidak teridentifikasi dapat menyebabkan kebakaran atau kondisi serius lainnya. Banyak sector yang melakukan pemeriksaan secara berkala akan memeriksa suhu panel listrik dan peralatan listriknya untuk memastikan bahwa kelistrikan mereka berfungsi dengan baik. Seringkali kita tidak menyadari bahaya ini karena listrik dan titik panas merupakan hal yang tidak dapat dilihat oleh mata. Kamera termal dapat mengekspos titik panas ini, karena permukaan dinding akan memiliki temperatur yang berbeda dibandingkan dengan dinding lainnya.

  • Deteksi Kelembaban atau Kebocoran

Permasalahan yang tersembunyi dapat menyebabkan mahalnya harga perbaikan ketika permasalahan tersebut tidak ditemukan. Sebagai contoh, kebocoran air yang terjadi pada pipa didalam tembok dapat menyebabkan kerusakan yang serius dan bahkan dapat mempengaruhi struktur dari rumah atau bisnis. Pada banyak kasus, kondisi ini tidak dapat diperbaiki sampai kerusakan serius terjadi. Tetapi, kondisi ini dapat dengan mudah kita identifikasi dengan menggunakan kamera termal. Inspeksi dan survey berkala untuk melihat perubahan suhu, dapat mengidentifikasi  perkiraan kapan masalah terjadi.

  • Menemukan Kerusakan Pemanas atau Pendingin Ruangan

Pemanas di bawah tanah

Kemampuan dari kamera termal adalah mampu mengidentifikasi suhu suatu objek tanpa harus kontak langsung dengan objek tersebut, dan ini merupakan nilai tambah ketika kita ingin menganalisa performa dari sistem HVAC (Heating Ventilation Air Conditioner) yang kita miliki. Kemampuannya untuk mengidentifikasi suhu secara individu ataupun area yang besar, dapat memungkinkan user untuk mengidentifikasi dan menetapkan area permasalahan yang mengalami gangguan.

Itulah Beberapa Manfaat yang dapat kita peroleh jika menggunakan Thermal Kamera, Sangat bermanfaat bukan? dengan Harga yang Relatif “Standar” dengan Kualitas dan Kecanggihan yang tidak main main, harusnya kita tidak perlu ragu lagi untuk menggunkan Thermal Kamera ini Ya!