Kambing Paling Hits! Yang Paling Banyak Dipakai untuk Aqiqah dan Qurban

Aqiqah merupakan salah satu acara yang dapat diartikan sebagai acara sakral. pasalnya acara ini hanya dilakukan sekali seumur hidup oleh orang tersebut, maka tak jarang juga beberapa orang berani mengeluarkan budget besar untuk Aqiqah anak , orang tua maupun untuk dirinya sendiri.

dalam hal pemilihan Hewan Aqiqah tentunya ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan, berikut rangkuman mengenai Syarat Kambing Aqiqah

Syarat Kambing Aqiqah

Sebelum memutuskan membeli hewan sembelihan yang digunakan untuk aqiqah, sebaiknya kita ketahui dulu jenis hewan apa saja yang boleh untuk digunakan sebagai aqiqah dalam Islam. Domba, gibas dan juga kisby, jenis hewan kisby adalah domba putih yang berada dalam kondisi sehat.

Jumlah dan Jenis Kelamin Kambing Aqiqah

Menurut hadits Nabi Muhammad SAW, kambing yang digunakan untuk aqiqah anak laki-laki adalah sebanyak 2 ekor kambing jumlah. Sementara bagi anak perempuan 1 ekor kambing yang dipakai untuk melakukan akikah. Dan anda akan memperoleh balasan berupa pahala. Selanjutnya mengenai jenis kelamin kambing yang akan dipakai untuk aqiqah tidak masalah apakah kambing jantan ataupun kambing betina.

Kondisi Fisik Kambing Aqiqah

Berbagai macam syarat fisik kambing yang digunakan untuk aqiqah sama seperti syarat hewan kurban. Kondisi fisik dari kambing harus sehat, tidak cacat, berat timbangannya, cukup umur dan terbebas dari penyakit. Dalam memilih kambing untuk aqiqah yang memenuhi syarat sah tidak mudah untuk kita semua yang belum berpengalaman. Sehingga anda harus mencari informasi atau bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman tentang memilih kambing untuk kurban ataupun aqiqah.

Umur Kambing Aqiqah

Selain memperhatikan jenis kelamin dan juga fisik kambing untuk aqiqah, salah satu syarat kambing aqiqah adalah umurnya. Saat ditanya berapa sebenarnya batasan umur kambing aqiqah, maka kita kembali merujuk kepada hadits Nabi Muhammad. Hewan aqiqah yang belum cukup usia tentu akan berakibat pada ibadah akikah yang dilakukan menjadi tidak sah, sehingga akan sia-sia saja.

Syarat usia hewan untuk pelaksanaan aqiqah disetarakan dengan hewan untuk kurban. Kecukupan usia dari hewan sembelihan ini sering disebut dengan musinnah. Musinnah dari kambing yaitu ketika berusia 1 tahun dan sudah masuk tahun kedua.  Selain itu, ada juga kriteria Jadza’ah. Ini adalah domba yang sudah masuk usia 6 bulan sampai 1 tahun.

Dari penjelasan tersebut bisa ditentukan bahwa umur kambing untuk aqiqah paling tidak berusia lebih dari 1 tahun. Anda juga bisa beribadah aqiqah dengan berbagai macam jenis kambing. Seperti kambing jawa, kambing garut, biri-biri, gibas, domba, kambing etawa, kambing benggala, kambing PE, dan berbagai macam jenis kambing lain.

Anda juga boleh ber aqiqah dengan kambing yang usianya kurang dari 1 tahun. Dengan catatan kambing tersebut usianya lebih dari 6 bulan untuk aqiqah. Namun hal ini hanya boleh dilakukan saat anda kesulitan mendapat kambing musinnah.

Semua negara muslim memberlakukan syarat kambing aqiqah seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Sseperti Indonesia menggunakan dasar yang sama didalam beraqiqah yakni berdasarkan kepada sunnah dan juga hadits Nabi Muhammad.

JENIS KAMBING UNTUK AQIQAH

Kambing Paling Hits! Yang Paling Banyak Dipakai untuk Aqiqah dan Qurban

  1. Kambing Boer

Kambing kurban satu ini menjadi favorit masyarakat dari tahun ke tahun karena tubuhnya yang berbobot lebih besar dan lebih banyak mengandung daging di dalamnya.

Ciri utama kambing boer ini adalah memiliki tubuh yang gemuk, panjang dan lebar dengan kaki pendek. Selain itu, telinga kambing ini juga lebih lebar dan lebih panjang.

Selain itu, karkas kambing boer juga termasuk ke dalam tingkatan yang tinggi dengan mencapai lebih dari 50% bobot asli tubuhnya. Sangat-sangat cocok untuk dijadikan kurban karena daging yang dihasilkan lebih banyak.

Ditambah jika kamu sedang mencari kambing dengan bobot besar maka Kambing Boer adalah pilihan yang tepat karena seekor kambing boer jantan dewasa bisa mencapai berat hingga 150 kg.

  1. Kambing Muara

Kambing Muara adalah kambing yang berasal dari wilayah Indonesia tepatnya wilayah Kecamatan muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Kambing yang memiliki fisik yang gagah dengan ciri khas kulit berwarna coklat dan aksen hitam ini begitu banyak diminati. Selain bertubuh gemuk kambing ini juga sangat lincah dan memiliki ketangkasan yang bagus.

  1. Kambing Gembrong

Secara fisik Kambing Gembrong memiliki ciri khas yang cukup unik karena tubuhnya dipenuhi dengan bulu lebat dan panjang.

Bulu lebat yang menjuntai dengan panjang rata-rata 30 cm ini begitu indah dan mengkilap di bawah sinar matahari.

Maka dari itu para peternak biasanya mencukur bulu kambing gembrong setiap satu tahun sekali.

Jangan salah meskipun tampilannya berbeda dengan rata-rata kambing biasa. Kambing jenis ini ternyata merupakan kambing yang berasal dari daerah Kabupaten Karangasem, Bali lho.

  1. Kambing Saanen

Kambing yang berasal dari Swiss Barat tepatnya di lembah saanen ini memiliki ciri khas yakni dengan adanya jenggot dan tanduknya yang lancip.

Selain itu, ciri khas lainnya yang memudahkan Kambing Sanen dapat dengan mudah dibedakan dengan kambing jenis lainnya adalah warna kulit yang putih bersih. Postur telinga kambing ini pun juga tegak ke kanan dan ke kiri.

  1. Kambing Etawa

Kambing satu ini juga merupakan kambing yang berasal dari India. Kambing Etawa memang terkenal sebagai kambing yang dapat menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak.

Namun, kambing ini juga begitu cocok untuk digunakan sebagai hewan qurban karena beratnya bisa mencapai 91 kg untuk kambing jantan dewasa.

  1. Kambing PE (Peranakan Etawa)

Ciri-ciri kambing PE adalah memiliki tanduk kecil pada bagian kepala serta telinga yang lebar, panjang serta jatuh ke bawah.

Kambing jenis ini adalah hasil dari perkawinan antara kambing etawa dan kambing kacang agar kambing ini bisa beradaptasi dengan kondisi iklim Indonesia.

Maka tak heran jika kambing ini memiliki kesamaan dalam besar ukuran dengan kambing etawa namun memiliki kondisi fisik yang lebih baik.

Bobot Kambing PE pun juga lumayan besar, untuk kambing jantan bisa mencapai bobot 91 kg, sedangkan untuk kambing betina beratnya bisa mencapai 63 kg saja