Ini 7 Panduan Menghindari Kecanduan Media Sosial

Baru saja menyaksikan film dokumenter terkini Netflix bertajuk The Social Dilemma? Setelah itu memikirkan pesan para pakar yang sempat bekerja di industri media sosial yang lagi kalian gemari saat ini? Merasa mulai kecanduan media sosial …

Baru saja menyaksikan film dokumenter terkini Netflix bertajuk The Social Dilemma? Setelah itu memikirkan pesan para pakar yang sempat bekerja di industri media sosial yang lagi kalian gemari saat ini? Merasa mulai kecanduan media sosial sehingga kalian senantiasa menghitung angka like serta comment dari tiap unggahanmu?

Pesan yang di informasikan oleh film dokumenter tersebut bukan bermaksud menakutimu, Bela. Melainkan kala kalian telah merasa ketagihan bermain media sosial, tidak terdapat salahnya buat istirahat sejenak dari seluruh account tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri, media sosial yang bisa jadi tadinya diciptakan cuma buat menghubungkan satu dengan yang lain, membagikan akibat lebih besar daripada tujuannya semula, tercantum akibat kurang baik.

Kemudian, gimana metode buat kurangi ataupun menghindari ketagihan media sosial? Mengutip dari Bustle, kalian bisa berupaya tips- tips berikut.

1. Mematikan notifikasi

Kala mematikan notifikasi supaya tidak mengusik aktivitasmu, kalian hendak merasa lebih gampang berkonsentrasi pada pekerjaanmu. Notifikasi ialah pengingat jika terdapat suatu yang lagi terjalin di dunia maya serta kalian merasa ketinggalan data tersebut. Jadi buat memadamkan kecenderungan FOMO, coba buat mematikan notifikasimu. Bonusnya, kalian hendak mempunyai banyak notifikasi media sosial yang belum pernah terbuka sehingga membuat waktumu berselancar di media sosial jadi lebih menarik!

2. Menghalangi dirimu sendiri

Pasang waktu di ponsel buat menghalangi waktu yang kalian habiskan buat bermain media sosial. Tentukan batasan waktu bersumber pada tingkatan kecanduanmu, misalnya satu jam satu hari, berarti 7 jam dalam satu minggu. Kala membuka account, mulai penghitung waktu tersebut. Kala telah menggapai batasan waktunya, jadilah kokoh serta jangan tergoda buat membagikan waktu bonus Ini pula jadi tes terbanyak untukmu.

3. Mencari hobi baru

Sebab telah menghalangi waktu bermain media sosial, kalian bisa jadi hendak memiliki banyak waktu luang! Jadi, kenapa tidak berupaya cari aktivitas baru? Kalian bisa belajar keahlian baru ataupun melaksanakan suatu yang tidak sempat kalian coba. Bisa jadi best tiktok posting time kalian pula hendak kaget dengan banyaknya waktu luang yang dipunyai kala tidak bermain media sosial. Tidak hanya itu, hobi barumu hendak menyita benak serta tanganmu kala lagi kangen dengan account media sosialmu.

4. Menghubungi sahabat serta keluarga

Dibanding mencari ketahui berita sahabat serta keluarga dari account media sosialnya, coba buat menghubunginya langsung, Bela. Tidak butuh berjumpa bila kondisinya tidak membolehkan sebab lagi pandemi COVID- 19. Lumayan dengan chat, menelepon, ataupun video call. Kalian pula dapat mengajak bermain permainan online bersama- sama sehingga atmosfer jadi lebih mengasyikkan.

5. Memandang media sosial bagaikan hadiah

Coba amati media sosial bagaikan wujud hadiah ataupun apresiasi atas suatu. Jadi, kalian membuka media sosial bagaikan wujud hadiah sebab sudah menuntaskan pekerjaan yang susah, ataupun bagaikan wujud apreasiasi sebab kalian sudah sukses mengerjakan seluruh rutinitasmu dalam satu hari. Dengan metode semacam ini, kalian bisa mengganti metode pandangmu terhadap media sosial.

6. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai

Pesan yang senantiasa terulang dalam film The Social Dilemma merupakan buat menghapus aplikasi yang tidak sering kalian pakai. Telah tidak sempat buka Twitter? Uninstall aplikasi itu. Dengan begitu, hendak kurangi notifikasi serta kemauan membuka aplikasi tersebut. Bila memanglah wajib mengeceknya, kalian dapat membukanya via gawai yang lain, kok.

7. Menghilang sejenak dari media sosial

Bergantung seberapa kecanduannya kalian, boleh jadi terdapat baiknya buat rehat sejenak. Coba pertimbangkan kembali, apa kalian lebih kerap menghabiskan waktumu berhubungan di media sosial dibanding di dunia nyata? Apa ponselmu tidak dapat lepas dari genggamanmu? Coba log out dari media sosialmu. Kabari sahabat menimpa keputusanmu bila merasa butuh, serta bagikan kontak individu sehingga mereka bisa menghubungimu. Jadi, mulai nikmati hari- hari tanpa media sosial.

Seperti itu 7 panduan yang bisa kalian coba buat menanggulangi ataupun menghindari kecanduan terhadap media sosial. Apa kalian kecanduan media sosial, Bela? Apa kalian berpikir bila hidup kamu lebih banyak dihabiskan di dunia maya? Media sosial memanglah menolong kamu dalam banyak perihal. Tetapi, jangan hingga dunia maya tersebut malah menyita waktumu di dunia nyata serta membagikan akibat kurang baik pada dirimu sendiri. Coba atur waktumu kembali serta batasi konsumsi media sosial tiap harinya buat bisa menghindari ketagihan terhadap media sosial.