Untuk membuat roti dan kue, pasti Anda akan membutuhkan alat atau mesin bakery khusus. Saat ini sudah semakin banyak mesin bakery yang dijual dengan berbagai fungsi. Masing-masingnya memiliki kisaran harga mesin bakery yang berbeda-beda.

Perbedaan harganya biasanya tergantung dari kelebihan fungsi dan juga kualitas mesin itu sendiri. Bagi Anda yang memang punya hobi membuat kue dan roti, Anda wajib tahu kisaran harga dan jenis-jenis mesin yang dibutuhkan dalam dunia bakery ini.

Harga Mesin Bakery dan Jenisnya

Berbeda fungsi berbeda pula harganya. Kebutuhan pembuatan kue dan rori, membuat munculnya banyak jenis mesin bakery yang punya fungsi berbeda-beda. Untuk tahu lebih lanjut, berikut ini ada beberapa jenis mesin bakery beserta harga pasarannya:

1.    Mesin Mixer

Tentunya mesin yang satu ini sudah sangat umum dikenal. Fungsi mesin ini untuk mencampur bahan dan menjadikannya halus atau jadi adonan.

Untuk harga sebenarnya mesin mixer punya rata-rata harga yang berbeda. Tergantung jenis mixer dan kualitasnya. Namun sebagai referensi, Anda bisa siapkan budget 5 hingga 15 juta rupiah.

2.    Pembagi Adonan

Ada yang namanya mesin pembagi adonan atau divider. Sesuai namanya, mesin ini berfungsi untuk membagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan roti atau kue. Harga mesin bakery jenis ini biasanya punya kisaran belasan hingga puluhan juta rupiah.

3.    Mesin Proofer

Mengembangkan adonan roti memang bisa dilakukan secara manual. Namun tentu prosesnya akan lama dan sedikit susah.

Karenanya mesin proofer ini sangat tepat digunakan untuk bisnis bakery agar proses pengembangan adonan cepat dan tepat. Harga di pasarannya mencapai 6 jutaan, bahkan ada juga yang dijual dengan harga lebih dari 100 juta rupiah.

4.    Oven

Kemudian ada yang namanya mesin oven. Mesin oven ini juga sudah sangat populer digunakan untuk memasak atau memanggang roti dan kue. Kebutuhan pembuatan roti dan kue yang berbeda-beda, membuat mesin oven yang digunakan juga berbeda-beda.

Di pasaran, harga mesin oven tidak semahal mesin proofer. Biasanya bandrol harganya mencapai 20 jutaan. Namun banyak juga yang dijual di bawah kisaran harga tersebut.

Macam-macam mesin bakery di atas adalah mesin yang paling umum digunakan dalam bisnis bakery. Harga mesin bakery di pasaran bisa berbeda-beda karena kualitas dan fungsinya juga berbeda. Dapatkan berbagai jenis mesin bakery dengan harga terjangkau hanya di jayaagungmesin.com