Jenis ikan hias koi merupakan jenis ikan hias yang saat ini paling banyak diminati dikalangan penghobi dan masyarakat umum dan tentunya juga sangat dicari oleh berbagai elemen masyarakat untuk di bawa ke dalam rumah sebagai ikan hias. Ikan koi ini juga memiliki berbagai macam bentuk warna yang membuat ikan koi ini sangat menarik untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu, ikan koi jenis ini dapat hidup di air tawar karena ikan hias ini merupakan ikan air tawar, sehingga sangat memudahkan pemiliknya dalam melakukan pemeliharaan. Kecuali sebagai hiasan di akuarium.

 

Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang sangat menarik karena memiliki warna tubuh yang cukup bagus dan tampilan yang jernih. Usaha budidaya ikan ini sangat mudah karena perawatannya yang sederhana dan mudah. Modal kerja untuk memulai bisnis ini juga tidak mahal, dengan modal yang cukup sesuai budget Anda, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Karena memang Harga Koi untuk saat ini masih terbilang cukup stabil dan ada beberapa jenis yang masih terbilang mahal,untuk beberapa jenis tertentu

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber informasi yang dapat dipercaya dan sebanyak mungkin tentang semua hal tentang ikan koi, termasuk cara memberi makan, lokasi akuarium, oksigen, penetasan, dan lain-lain.

 

Selain itu, Anda juga harus mempelajari business analytics seperti pembelian peralatan dan perlengkapan, modal awal, biaya operasional dan lain sebagainya agar Anda dapat melihat dan memperkirakan keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan.

Para pedagang dan peminat ikan koi ini akan meraup keuntungan yang menggiurkan dan mampu mengumpulkan jutaan rupiah dari penjualan dalam waktu 1 bulan, dan fenomena semacam ini bisa mengisi salah satu ceruk pasar, yaitu pembibitan koi. Bahkan di Jepang, jenis usaha di industri ikan koi tidak lagi berskala kecil, tetapi internasional dan telah menjadi pusat industri benih ikan koi yang terkelola dan terkelola dengan baik.

 

Mengapa ikan koi memiliki peluang bisnis yang bagus?

Ikan koi sebenarnya masih merupakan keluarga ikan hias mirip gurame atau biasa dikenal dengan gurame, yang mana dari kedua persilangan tersebut telah melalui serangkaian perjalanan untuk menghasilkan ikan hias dengan berbagai macam warna yang indah dan sejuk dipandang. Sehingga pola pemeliharaannya hampir sama dengan pola tanam ikan mas. Sangat mudah tentunya.

 

Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki harga relatif stabil dari tahun ke tahun, harga ikan koi juga tidak musiman seperti ikan hias lainnya seperti arwana atau ikan tanduk kembang dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Harga Ikan Koi juga sangat ditentukan oleh kualitas dan tidak hanya dimonopoli oleh pedagang hasil laut.

Harga indukan atau bibit ikan koi juga sangat bervariasi, mulai dari harga yang murah hingga harga yang cukup mahal. Ikan koi yang berkualitas baik adalah jenis ikan koi yang biasanya mengikuti berbagai perlombaan dan memenangkan kejuaraan walaupun hanya sekali dalam suatu perlombaan. Jadi ketika koi pemenang dilelang, tidak heran hadiahnya puluhan juta, dan hal semacam itu juga tergantung pada tingkat persaingan.

Harga Koi dibagi berdasarkan kualitas. Ikan koi kualitas terendah dihargai dengan nilai yang sama dengan ikan mas konsumsi.

 

Setelah ikan koi dicor di atas tingkat konsumsi, sebagian besar diklasifikasikan di bawah kode A, B, C dan seterusnya. Jadi kualitas ikan koi yang muncul di acara itu pasti akan datang dengan label harga yang jauh lebih tinggi. Namun, ikan Koi dengan kualitas kinerja ini harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan selama pemeriksaan, yang sebagian besar akan dinilai berdasarkan ketajaman warna, kemurnian kulit, bentuk tubuh, pola warna, dan sebagainya.

 

Bagaimana cara memasarkan ikan koi?

Jika sudah mampu menghasilkan ikan koi dengan kualitas unggul, langkah selanjutnya adalah memasarkannya. Kali ini admin akan menjelaskan sedikit tentang teknik pemasaran ikan koi yang sangat sederhana dan lugas dan yang terpenting tidak membutuhkan biaya yang relatif mahal.

 

Melalui perantara di media sosial

Langkah sederhana yang dapat Anda lakukan antara lain menggunakan dan menggunakan media sosial sebagai langkah bijak dalam mempromosikan bisnis Anda. Media sosial merupakan suatu platform yang cocok dan cukup strategis  untuk mempromosikan dan juga mendistribusikan produk Anda adalah layanan Facebook dan Instagram.

 

Manakah dari kedua media sosial ini yang merupakan salah satu media sosial yang cukup efektif dan banyak digunakan oleh para petani lain untuk memasarkan ikan koi. Di dalam aplikasi Facebook tentunya terdapat grup yang mana grupnya sangat beragam, jadi pastikan Anda berada dalam grup yang tepat dan itu ada kaitannya langsung dengan jual beli ikan koi.

 

Anda dapat mempromosikan produk ikan koi Anda di grup grup dan selalu memposting produk Anda secara rutin setelahnya. melalui grup, dan dengan cara ini tentunya akan terjadi negoisasi dan komunikasi dua arah yang mana dengan cara ini ditandai dengan negosiasi kedua belah pihak, pastikan Anda menggunakan bahasa yang benar agar komunitas yang berdedikasi di Facebook tertarik untuk membeli produk ikan koi Anda. .

 

Melmbuka toko atau webshop

Langkah selanjutnya yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan media sosial adalah dengan cara membuat sebuah website atau platform di media sosial lainnya berbasis marketplace, dimana saat ini sudah banyak website marketplace dimana anda bisa menempatkan atau membuka marketplace dan memasarkan produk ikan koi anda.

 

Apalagi saat membuka marketplace ini, produk yang Anda jual akan menghasilkan rating yang cukup signifikan dan juga sangat aman dari penipuan.

Kelebihan dari website webshop ini adalah anda dapat menjual berbagai jenis ikan koi dengan varian yang berbeda-beda.Untuk membuat website berbasis webshop anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi karena membuat website webshop ini sebenarnya terlalu sangat murah dibandingkan dengan membuat toko konvensional. Hanya dengan membayar minimal 500-700 ribu uang Anda sudah bisa memiliki marketplace sendiri.

 

Strategi Pemasaran Lainnya:

Strategi pemasaran datang dalam berbagai cara dan beberapa bahkan dapat mencapai pasar global dengan cepat dan akan menjadi sangat populer lagi dari waktu ke waktu.

Pemasaran, selain media sosial, kita juga harus terus memperkuat pemasaran offline, termasuk dengan meningkatkan kualitas layanan di industri ini.