Ternyata, cara merawat kambing saanen sangat sederhana dan tidak sesulit yang kita kira. Mengingat harga kambing saanen murni masih mahal, maka tidak memerlukan perlakuan khusus yang berlebihan.

 

 

Mungkin Anda pernah berpikir untuk membuat susu kambing yang berkualitas, Anda harus memijatnya kambing Anda, memberinya protein yang luar biasa , seperti kuning telur, atau yang lainnya. Jika pakan Anda tinggi dan kambing bersenang-senang dan lingkungan bersih, itu sebenarnya lebih dari cukup.

 

 

 

 

Cara Merawat Kambing Saanen Agar Produksi Susu Maksimal

 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat kambing jenis ini. Apa perbedaan merawat kambing perah etawa atau sama saja? Berikut penjelasannya.

 

 

1. Pakan Berkualitas

 

 

Hal pertama yang harus Anda fokuskan adalah proses menyusui. Bukan sembarang jenis pakan, tapi yang menyediakan semua kebutuhan protein, nutrisi, dan karbohidrat kambing Saanen. Biasanya, petani menggunakan konsentrat yang mengandung berbagai campuran lain untuk menekan biaya produksi.

 

Meski demikian, pakan alternatif kambing Saanen perlu mempertimbangkan kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun jika tidak perlu ribet bisa menggunakan konsentrat untuk pakan sapi, karena secara fisik sapi dan kambing adalah satu. Selain itu, tidak ada konsentrat khusus untuk kambing perah.

 

Dalam pemberian pakan cukup sekali sehari pada sore hari. Hal ini tentunya berbeda dengan pemeliharaan domba. Ukurannya cukup besar. Kambing Saanen cukup besar dan dapat mengambil makanan dan pakan, sedangkan domba tidak. Karena itu, domba biasanya diberi makan lebih dari sekali sehari.

 

 

2. Pemberian Vitamin

 

 

Ciri-ciri kambing Saanen memiliki tubuh berwarna putih bening dengan rona putih. Dan ciri yang paling mencolok adalah ambingnya yang besar saat akan diperah. Untuk menjaga kesehatan kambing anda juga perlu memberikan vitamin untuk kambing sebulan sekali.

 

 

 

3. Tempat Kambing yang Luas Agar Nyaman

 

 

Kenyamanan adalah bahan rahasia yang membuat peternak sukses. Kambing yang nyaman akan menghasilkan lebih banyak susu. Salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan kambing super Saanen adalah dengan menyiapkan kandang yang cukup luas.

 

 

 

Dengan kandang yang luas itu, kambing bisa dengan mudah bergerak kesana kemari. Mereka aman dan bersenang-senang, dan pasti memiliki dampak positif pada kesejahteraan yang Anda miliki untuk kambing Saanen Anda.

 

 

4. Mandi dan Memotong Kuku

 

 

Bagaimana cara merawat salah satu kambing Saanen yang paling unik? Anda perlu mandi dan memotong kukunya. Ini dibangun di atas konsep ekosistem kandang yang berbeda dengan kambing liar. Bentuk kuku kambing di dalam sangkar yang berlekuk-lekuk sehingga menghasilkan keseimbangan yang asimetris.

 

 

 

Selain itu, kuku kambing yang dikurung di kandang tumbuh jauh lebih cepat daripada kambing yang berkeliaran dengan bebas. Karena dia lebih jarang menggosokkan kukunya ke tanah seperti pada kambing liar. Kuku yang panjang berdampak pada keseimbangan dan tumpuan serta keseimbangan kambing Saanen.

 

 

 

Untuk mencuci dan memotong kuku ini, Anda hanya cukup sekali seminggu.

 

 

5. Efisiensi dalam Merawat Kambing Saanen Sangat Penting

 

 

Yang dimaksud dengan efisiensi di sini terkait dengan pemanfaatan ekosistem kandang dan kebersihannya. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan jenis kandang panggung untuk memastikan bahwa urin dan kotoran kambing dipisahkan. Jika dipisahkan, maka sanitasi lebih unggul bila keduanya dicampur.

 

Jadi, saat membersihkan kandang, peternak bisa melakukannya lebih sering dari seminggu. Untuk masalah teknis lainnya tentang cara merawat kambing Saanen, menurut GB Farm, Anda juga harus memperhatikan. Seperti waktu yang tepat untuk memerah susu kambing dan seberapa sering memerahnya.

 

 

Peluang bisnis yang paling menggiurkan adalah yang berhubungan dengan kesehatan. Semua orang mencari solusi untuk membuat mereka lebih sehat lagi. Salah satu minuman kesehatan paling populer yang menjadi tren pasca pandemi adalah susu kambing. Penjualannya meningkat dan diperkirakan akan tumbuh lebih banyak lagi. Selain itu, tidak banyak yang menjalankan bisnis susu kambing yang bisa membuka berbagai peluang untuk Anda. Varietas unggul yang ideal untuk kambing perah selain ettawa adalah kambing The Saanen. Untuk informasi lebih lanjut, artikel berikut akan memberikan gambaran tentang potensi peluang bisnis dan harga kambing Saanen lokal Australia.

 

 

 

Lebih Baik Saanen Kambing atau Etawa

 

 

Kambing Saanen adalah jenis kambing yang berasal dari Lembah Saane Australia, Swiss. Jenis kambing Saanen yang paling populer adalah yang berasal dari Australia. Kambing Saanen berasal dari Australia. Kambing Saanen lebih kecil dari kambing Ettawa, dan memiliki berat rata-rata untuk dewasa 68-91 kg (jantan) serta 36 sampai 63 kilogram (betina). Jantan memiliki tinggi sekitar 90 cm sedangkan betina memiliki tinggi 80 cm. Dari satu tandu satu kambing Saanen memiliki berat lahir 3 kg untuk jantan. 3,3 pound untuk wanita.

 

 

Saanen adalah rambut pendek, pirang atau putih, dengan tanda hitam di telinga, hidung, serta kelenjar susu. Tanduknya lebih panjang namun karakternya lebih tenang